Let’s, Go For It! 5 Perkara Nge-Blog!

Assalamu'alaikum, Sahabat Khansa. 

Hai ...
Kali ini saya mau ikutan Blog Competition, Go For It with Blog Emak Gaoel. 
Apa yang sedang kamu kejar dalam kegiatan blogging-mu?
Hihihi. Saya diwajibkan membuka rahasia dapur rekaman tulisan. Kudu jabarin apa-apa yang saya kejar dari publish-publish tulisan di blog.

Let’s, cek it!

Share For Learn and Learn For Share


Melalui blog saya mencipta peluang! Berbagi untuk belajar. Belajar untuk berbagi.

Bagaimana saya bisa berbagi? Saya harus lebih di atas rata-rata! Saya harus bisa membuat sesuatu yang istimewa! Ketika saya bisa, maka saya akan membagikannya kepada orang lain. Jadi, semangat berbagi itu membuat saya ingin selalu menjadi yang terbaik sehingga dapat memberikan yang terbaik pula.

Personal Branding


Sebuah post status seorang penulis pernah saya baca di timeline facebook tentang perlunya “nama” dalam karya. Memang ini bukan mutlak. Tapi, dengan adanya “nama”, karya akan semakin terdongkrak popularitasnya penjualannya.

Untuk penulis pemula seperti saya, ada rahasia makjleb yang saya dapatkan. Mau tahu rahasianya? Saya beberin, deh, demi ikutan kompetisi blog ini. Hihihi.

Mulailah langkah “menjual namamu” di dunia tulis-menulis dengan memperjuangkan karyamu terbit di media massa!

Saya pun mulai memperjuangkan karya saya terbit di media. Setiap karya dimuat, otomatis nama pun tercantum. Dan otomatis pula, pesan-pesan akan membanjiri inboks :D Mulai dari tanya syarat dan ketentuan kirim karya, berapa lama masa tunggu hingga jumlah honor.

cerpen anak kompas klasika
Go For It! Salah satu karya saya di media massa

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Saya benar-benar mencamkan pepatah ini dalam-dalam.

Setelah karya terbit di media, saya akan woro-woro di akun medsos. Niatnya untuk berbagi kegembiraan dan berharap jadi lecutan semangat untuk lebih produktif berkarya.

Berhubung banyaknya inboks tadi, rasanya kok rada pegel ribet buat jawabin satu per satu. Akhirnya, saya post-lah jawaban-jawaban pertanyaan pemirsa timeline facebook saya di blog.

Kalau suatu ketika nanti saya nulis dan nerbitin buku, mudah-mudahan nama saya sudah dikenal. Aamiin yang kenceng.

Pengen ikutan jejak Emak Gaoel nih. Tapi saya sadar diri kok nggak ada yang instan, bukan? Semua butuh proses. Untuk memulai jejak panjang harus ada jejak pembuka. Nah, bersama Rekam Jejak Sang Pemimpi saya memulai langkah ini.

Menjalin Silaturahmi


Dengan banyaknya angka kunjungan ke Rekam Jejak Sang Pemimpi, saya sangat merasa senang. Apalagi dengan adanya istilah Blog Walking. Walaupun nggak komentar, tapi, kan ketahuan dari daerah mana saja pengguna blog yang suka intip-intip.

Dari blog silaturahmi bersambung ke facebook. Atau sebaliknya dari facebook ke blog. Silaturahmi nambah rezeki dan memperpajang usia, tho? 

Mengejar Rezeki


Melalui blog saya berkenalan dengan yang namanya giveaway, kontes blog, lomba blog, dan teman-temannya. Ternyata, hadiah-hadiah yang diberikan penyelenggara, termasuk Emak Gaoel, buat mata yang lelah dan sepet jadi cespleng.

Selama ini sudah sering ikutan jadi pemburu kuis di medsos. Hadiah buku, pulsa hingga barang udah pernah nyicipin. Emang manusia nggak ada puasnya, ya? Hihihi. Bukan gitu. Namanya juga usaha. Ora et labora! Mau juga nih menangin gadget kece dan sejumlah doku yang wow.

Menguntai Rekam Jejak


At least, apa yang saya tulis di blog adalah apa yang saya niatkan untuk menebar manfaat seluas-luasnya. Semoga menjadi pemberat amal kelak. Kalau bicara, mulutmu adalah harimaumu. Kalau menulis, tulisanmu adalah harimaumu, bukan? Dakwah sederhana saya untai di sini. Menulis yang bermanfaat untuk menebar manfaat.

Tentang Aplikasi


Let’s, Go For It! Kejar 5 Perkara dalam Nge-Blog!. Kalau di hape pintar, saya pakai aplikasi MS Notepad. Ohya, Yufid KBBI sangat membantu untuk mengecek kata baku, cari arti kata dan sinonim. Kalau Kamusku berguna banget untuk saya nulis-nulis yang rada English. Termasuk waktu nyari arti go for it. Penasaran, mungkin kamus beda translete sama saya. Hihihi.

MS. Office Word 2007

MS NotePad

Yufid KBBI

Untuk foto saya biasa pakai kamera hape atau screenshot aja. Kalau sudah di-screenshot, nanti saya edit pake Paint, PhotoScape atau Photoshine.

Paint

PhotoScape

Photoshine

Jujur, saya nggak punya banyak aplikasi di smartphone. Padahal pengen banget punya, tapi apa daya kapasitas memori tak mencukupi. Jadi saya akali, deh. PC dan smartphone dihubungkan dalam ikatan yang sah dan saling melengkapi satu sama lain. Eh?

Aplikasi Ms. PowerPoint juga bisa buat nge-edit foto, lo! Ternyata, memori terbatas itu nambah kreativitas.

MS. Office PowerPoint 2007

Akhir kata, inilah #GoForIt saya bersama Rekam Jejak Sang Pemimpi. Ada doa yang larut bersama tiap goresan kata. Bagaimana dengan Anda?

Wassalamu'alaikum.

Kompetisi Blog Smartfren
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

2 komentar untuk "Let’s, Go For It! 5 Perkara Nge-Blog!"

  1. semoga tercapai impiannya. Keren nih isi blognya. jadi asyik mampir ke sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa Robbal'alamiin. Terima kasih banyak, Uni. Doa yang sama buat Uni Naqiy :)

      Hapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.