Berselancar Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat

Rabu, 02 September 2020

Assalamu'alaikum, Sahabat Khansa

 

Protokol kesehatan mengharuskan kita lebih waspada dalam menjaga kesehatan. Salah satunya ialah menghindari kerumunan atau keramaian. Hal ini menyebabkan segala rutinitas yang biasanya kita kerjakan di dunia nyata kini harus hibernasi sesaat. Beralih dari luring ke daring.

 

Dengan imbauan untuk menghindari kerumunan, bukan berarti kita berleha-leha dan berubah wujud menjadi kaum rebahan sejati. Kita tetap bisa kreatif dan produktif, lo!

 

Jadilah Kaum Rebahan Jempolan!

 

Berselancar Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat
design by canva

Yes! Sebenarnya aktivitas rebahan itu ada baiknya, lo! Saat merebahkan tubuh, tentu suasana pikiran dan hati dalam kondisi rileks. Keadaan ini sangat baik bagi kesehatan, karena otak sedang tenang. Hal ini menyebabkan ide-ide kreatif sering muncul, menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Entah itu karya atau pemikirin brilian.

 

Salah satu pemikiran kreatif yang saya dapatkan saat rebahan adalah mengikuti berbagai webinar dan kelas daring. Sebagai seorang tenaga kesehatan di salah satu RSUD, saya mengikuti webinar kesehatan. Sebagai penulis, saya mengikuti webinar kepenulisan. Celakanya, jika kita mengikuti satu webinar, kita akan kecanduan untuk mengikuti webinar selanjutnya.

 

“Sebelum mengikuti webinar saya terbiasa ‘mengosongkan gelas’, saat itulah saya tersadar bahwa ilmu yang saya punyai tak lebih besar dari ukuran sebutir debu”

 

Kecanduan mengikuti webinar membentuk saya menjadi sosok multitasking. Sesuatu yang tak pernah saya lakukan sebelum pandemi terjadi. Saat telinga mendengarkan suara merdu pemateri, anggota gerak atas dan bawah malah sibuk mengerjakan pekerjaan rumah. Konsentrasi terbagi, tapi saya sangat menikmati proses itu.

 

Hingga takdir mempertemukan saya pada acara webinar yang digelar oleh  FLP Kab. Sukabumi dan Indosat. Webinar ini disajikan melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. Saat webinar berlangsung ada sekitar 21 participants yang mengikuti rangkaian acara. 

 

Berselancar Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat
flyer webinar

Berselancar Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat
dokumentasi pribadi

Acara webinar yang dipandu Mas Rizki Hidayat ini berlangsung selama lebih kurang dua jam.  Sesi pertama dibuka dengan proses kreatif dan produktif melalui blog yang dibawakan oleh Mbak Founder @tapisblogger, Naqiyyah Syam. 

 

Dari penjelasan beliau, saya mengenang rumah maya karuniasambas.com yang baru saja sekitar dua bulan yang lalu saya patenkan menjadi blog berdomain TLD. Namun rasanya saya belum konsisten untuk mengisi tulisan yang bermanfaat bagi pengunjung. Duh, tepukan yang cukup keras saat Mbak Naqiy menanyakan tiga pertanyaan pamungkas ini.

 

Berselancar Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat
materi oleh narasumber


Alhamdulillah, nambah satu ilmu lagi tentang ngeblog.

 

Next, beralih ke media sosial. Kaum rebahan jempolan tentu ingin meraup permata meski berleha-leha. Ya, kan?

 

So, sesi kedua yang berjudul Optimasi Social Media yang dibawakan oleh Mas Ilham Sadli, seorang travel lifestyle blogger berhasil mengungkapkan sebuah rahasia! Ada lima hal yang berpengaruh sehingga menyebabkan optimalnya suatu sosial media.


Berselancar Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat
materi oleh narasumber


Jadi, jika ingin aktivitas di dunia maya membawa dampak luar biasa bagi dunia nyata, kuncinya harus optimasi sosial media. Mas yang juga menjabat divisi humas @flpoke ini menjabarkan secara gamblang jadwal posting terbaik masing-masing sosial media. 

 

Wow! Ilmu yang 'daging' banget, ya!

 

Tanpa melewatkan kesempatan, saya ikut berpatisipasi memberikan pertanyaan pada Mbak Naqiy:

 

Saya sering terpukau oleh banyak event Mba. Entah itu puisi, cerpen, cernak di beberapa tempat. Belum lagi kelas online dan tugasnya. Terakhir jadi nggak kepegang blog-nya. Mohon saran untuk me-manage waktu menulis dan mengisi blog, Mba founder?

Ibarat anak panah yang tepat sasaran, Mba penulis ini mengatakan,”Siapkan waktu bukan sisakan waktu!”

Meski terasa menghunjam kalbu, saya bertekad akan mengikuti segala nasihat yang saya dapatkan. Beruntung sekali saya dan teman-teman yang berkesempatan mengikuti webinar ini!😍

 

Kuota Data Berjaya!

Beragam webinar dan kelas-kelas daring yang memenuhi jadwal setiap hari itu membuat pemakaian kuota data tersedot cukup parah!

 

Ilmu itu mahal! Demikian quote yang sering menghampiri indera pendengaran saya. Maka, saya tetap mengikuti webinar meski dengan kuota data yang nyaris terseok memutar gambar.

 

Alhamdulillah, pada webinar ini para peserta webinar yang terdata dalam 25 pendaftar pertama mendapatkan pulsa indosat senilai 30K. Wow!

 

Pulsa tersebut bisa digunakan untuk aktifin paket Freedom U! Ilmu yang mahal bisa didapat dengan sangat terjangkau. Makasih, Indosat! Kuota data memutar gambar dengan lancar jaya!

 

Berselancar Kreatif dan Produktif di Media Sosial Bersama Indosat
indosatooredoo.com

 

Dikutip dari laman ini, Freedom U adalah nama baru dari paket Unlimited. Freedom U lebih stabil. Aplikasi seperti YouTube, Instagram, TikTok, Facebook, Spotify, Joox, WhatsApp dan Line akan lebih puas diakses! Akses Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Traveloka juga bisa banget, lo!

 

Indosat emang benar-benar memanjakan pelanggan, khususnya kaum rebahan di masa pandemi ini. So, nggak ada alasan lagi buat kita nggak kreatif dan produktif, kan?

 

 

Saya sudah. Sekarang, giliran kamu, Guys!

 

Wassalamu’alaikum

 

Karunia Sylviany Sambas

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9