Cara Mudah Pindahkan Chat WhatsApp dalam Sekejap

Selasa, 20 Oktober 2020
Assalamu’alaikum, Sahabat Khansa. 

Pernah mau ini dan mau itu tapi dirasa sulit tercapai? Saran saya, coba cek lagi niat awal yang kita pasang. Apakah kemauan itu hanya sekadar mau? Apakah kemauan itu sudah disangga oleh kesungguhan? Jika jawabnya masih sekadar kata mau, maka sangat wajar jika keinginan itu belum tercapai. 


Contohnya adalah aktivitas literasi yang saya jalani hari ini. Sejak siang saya sudah berkutat dengan banyak aktivitas ini dan itu, khususnya membenahi tumpukan file di gawai karena sudah tak sanggup lagi menampung data. Belum lagi woro-woro admin sebuah WAG kepenulisan bahwa grup tersebut akan segera dihapus. Oleh sebab itu, para peserta kelas diminta untuk menyimpan materi yang dirasa penting. 

Saya pun menghabiskan beberapa waktu di laman pencarian untuk mengetahui cara menyimpan data penting melalui pesan WhatsApp tanpa membutuhkan waktu banyak. Menurut pengalaman saya selama ini penyimpanan dilakukan dengan copy paste dari menu chat ke ms word. Tentu saja ini membutuhkan waktu luar biasa banyak karena deretan chat terbilang angka ratusan hingga ribuan. 

Akhirnya saya mendapatkan cara itu. Berikut cara cepat memindahkan chat ke dalam bentuk dokumen beserta media atau tidak beserta media. Dokumen chat itu bisa dikirim ke alamat surel, google drive, onedrive, dropbox atau apapun media penyimpanan yang Sahabat inginkan. 

1. Buka aplikasi WA dan pilih grup kepenulisan yang chatnya ingin dicadangkan 

2. Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas 

3. Pilih lainnya 

4. Klik ekspor chat 

5. Pilih salah satu. Jika memilih sertakan media maka seluruh gambar akan ikut terbagikan ke tujuan penyimpanan asalkan belum dihapus/terhapus 

6. Langkah terakhir, Sahabat bisa mengirimkan file tersebut ke surel ataupun kotak penyimpanan lainnya 

Nah, sangat gampang, kan, Sahabat Khansa. Selain dapat memindahkan dokumen ke tempat yang aman kita juga turut membantu agar gawai kita tak kelebihan beban. Selamat mencoba, ya, Sahabat. (*) 

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9