Copy Writing Bikin Closing di Ending

Minggu, 11 Oktober 2020

Copy Writing Bikin Closing di Ending - “Selamat sore, Kak. Perkenalkan saya … dari Kota X ingin menawarkan Kakak produk kami yang sedang hits. Jika ingin memesan, silakan kontak nomor hape sekian sekian.” 

Pernah enggak, sih, Sahabat disambangi pesan seperti ini? Sangat amat menyebalkan, ya? Membuat penuh space kotak pesan saja. 

Saya sering mendapatkan pesan seperti ini. Sahabat ingin tahu apa yang saya lakukan? Dengan tersenyum sinis saya memilih tanda titik tiga di pojok kanan atas, lalu beralih ke menu lainnya dan sampai di menu blokir yang selanjutnya bermuara di laporkan dan blokir! 

Apakah saya kejam? No, no, no. Lebih kejam mana dengan orang yang terus menerus mengirimkan pesan tentang penawaran barang yang ia jual ke nomor kontak orang yang tidak dikenal. Tahukan ia bahwa orang yang tidak dikenal tersebut sangat-sangat terganggu dengan kiriman pesan tersebut? Pokoknya, jika ada orang asing memasuki kotak pesan dan tanpa basa-basi menawarkan produknya, siap-siap saja saya laporkan dan blokir! Itu prinsip saya. 

Sungguh kurang elegan rasanya bertamu ke rumah orang yang bahkan bersapa di dunia maya pun tak pernah, lalu dengan penuh percaya diri menawarkan produk. Saya paham kita berada di masa mencari peluang untuk memenuhi kebutuhan hidup itu sangat-sangat butuh persaingan tinggi. Lantas, mengapa kita tidak mau belajar. Padahal ada metode berjualan yang elok, lo. Jalan ninja penjualan elegan ini dikenal dengan sebutan Copy Writing: Teknik Menjual Lewat Tulisan. Lo, lo, ternyata jualan lewat tulisan itu ada ilmunya juga? 


Yes, dong. Berjualan juga ada seninya. Bukan nyelonong aje masuk rumah orang dan nawaran produk, Guys! Enggak banget. Apalagi di era serba digital ini. Kita bisa memasuki rumah orang yang berupa sosial media itu dengan gampang dan lebih optimal dibandingkan berjalan dari satu pintu ke pintu. 

Zaman sekarang, hampir semua orang memiliki sosial media. Sahabat tahu tidak kriteria iklan mudah mempengaruhi orang? Yes! Iklan itu harus bersifat persuasif, yaitu bisa mempengaruhi konsumen. Daya bujuk iklan ini harus mempunyai pengaruh mumpuni untuk menyihir orang untuk melakukan membeli produk yang ditawarkan. 

Webinar Indosat Ooredoo Buka Mata Teknik Menjual Lewat Tulisan yang Jitu! 


Pada 27 September 2020, IM3 Ooredoo bersama dengan FLP Kab. Sukabumi mengadakan acara webinar Copy Writing : Teknik Menjual Lewat Tulisan. Acara ini digelar melalui aplikasi Zoom. 

Hemat saya, suatu keberuntungan bagi para peserta yang dapat menghadiri acara webinar yang dimentori oleh Kang Ali Muakhir, seorang penulis cerita anak, copy writer dan influencer. Wah, wah, sahabat bisa bayangkan ilmu sang mentor, ya. Nah, kali ini beliau ingin berbagi, siapa yang bisa melewatkan kesempatan ini! 

Don’t be sad, Guys. Kalau ada yang terlewat info, maka saya akan membagikan bagaimana teknik jitu yang Kang Alee, begitu sapaan akrab sang mentor, untuk bisa menghasilkan tulisan yang memukau. 

Copy Writing itu Apa, ya? 

Mungkin ada sahabat yang masih awam dengan istilah ini, ya. Copy writing adalah sebuah tindakan menulis dengan tujuan untuk mengiklankan atau memasarkan sebuah produk, bisnis, seseorang, opini atau ide. Melalui tindakan ini diharapkan pembaca terbujuk untuk membeli produk yang diiklankan. 

Manfaat Copy Writing Buat Iklan Melekat 

1. Mengektifkan Promosi 

Promosi tanpa ilmu bakalan jadi abu alias sia-sia. Sialnya, bukannya menghasilkan closing, nomor kita malah dilaporkan dan diblokir. Menurut Kang Alee, copy writing yang terstruktur akan menghasilkan engagement yang bagus. Artinya, iklan yang dilancarkan dibangun dengan pondasi yang baik agar menghasilkan keterikatan pelanggan sehingga terkadang tanpa disadari pelanggan melakukan closing padahal apa yang kita iklankan tersebut tidak benar-benar dibutuhkan olehnya. Benar-benar seperti sihir, ya. 

2. Meningkatkan Kepercayaan 

Copy writing yang baik seolah-olah memiliki jiwa yang bisa berkomunikasi langsung dengan pembaca dan memiliki kaitan erat dengan produk atau brand. Pernahkah sahabat melihat iklan yang terhubung dengan sebuah website? Nah, contohnya iklan khas cerah mentari pada web IM3 Ooredoo

Berbagai informasi tertera di sana. Kata-kata pilihan menjadikan daya tarik bagi para pengunjung untuk menggunakan produk Indosat. 

Saya adalah salah seorang yang terkena sihir copy writing Indosat, lo! Saya memesan kartu melalui web indosat. Pengalaman perdana yang sungguh berkesan. Proses mudah, dapat nomor cantik, tanpa perlu bayar ongkir dan aman sampai di kediaman. 


3. Meningkatkan Konversi 

Apabila promosi telah efektif, kepercayaan telah meningkat, maka calon pelanggan akan terkonversi menjadi pembeli bahkan pelanggan, sangat mungkin melakukan transaksi berkelanjutan. 

5 Jenis Copy Writing yang Manis 

1. Story Copy 

Copy Writing yang lebih menekankan pada penjelasan mengenai produk secara rinci. Mulai dari kelebihan hingga manfaatnya bagi pembaca atau calon pelanggan. 

Website Indosat bisa menjadi rujukan Story Copy, ya, Guys! Saya sudah membuktikan, sekarang giliran kamu, dong! 


2. You and Me Copy 

Jenis Copy Writing yang lebih menekankan kepada bahasa penyampaian. Copy writer seolah berbicara langsung dengan pelanggan. Dengan Copy Writing You and Me Copy membuat tulisan menjadi lebih intim dan intens. Ini terkait penggunaan bahasa yang digunakan untuk iklan, teman. Buatlah iklan yang seolah tiada jarak diantara kita, yeay! 

3. Forthright Copy 

Menjelaskan apa pun yang menjadi kelemahan dan kelebihan dari produk. Hal ini akan membuat calon konsumen lebih percaya dengan produk Anda. Forthright Copy membuat kesan yang realistis pada produk. Namun ingat, jangan sampai membuat produk terlihat jelek di mata calon konsumen. Kelebihan tentu akan menyertai kekurangan. Ya, tetapi kekurang yang bisa dimaklumi tentunya, ya, kan. 

4. Hiperbolic Copy 

Hiperbolic Copy jenis Copy Writing yang riskan. Jika produk tidak sesuai kenyataan, bukan tidak mungkin produk dicap menipu. Jenis iklan yang mengumbar kelebihan terus-menerus. Boleh, dong diberikan garansi produk untuk ini. Jadi, bila pelanggan kurang puas dengan layanan yang diberikan bisa klaim kepada admin. Misal, diberikan saja waktu 3 hari. Jika tidak sesuai keinginan, uang kembali 100 persen. Saya pernah tersihir iklan seperti ini dan uang saya juga dikembalikan karena ternyata iklan yang diberikan tidak sesuai yang saya harapkan. 


5. Teaser Copy 

Teaser Copy membuat calon konsumen penasaran dengan produk yang ditawarkan. Biasanya menggunakan bahasa yang menggelitik, menyepelekan, menantang, ataupun meragukan calon pembeli sehingga membuatnya tertarik dan penasaran ingin mengetahui produk yang Anda jual. Sesuatu yang membuat pelanggan penasaran akan menghasilkan closing di luar dugaan, lo. 

Struktur Ampuh Copy Writing Buat Calon Pelanggan Rapuh! 

Hati-hati dengan bagian ini, Sahabat. Kamu akan mendapatkan closing berkali-kali lipat. Rumusnya singkat dan mudah diingat. AIDA. 


Untuk menikmati kemudahan mencari konten untuk membuat copy writing ciamik dan membangun jaringan bisnis yang baik, Sahabat pasti butuh dukungan provider internet yang punya kecepatan melesat! Produk IMPreneur merupakan produk keluaran terbaru Indosat yang dapat memperlancar komunikasi manis dengan rekan bisnis. 


Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan?



Calon pelanggan bisa membeli IMPreneur dimana saja dan kapan saja. Bisa melalui sales agent/community officer, gerai indosat ooredoo atau self service. Benar-benar akses beli mumpuni!


Suasana bisnis yang terbangun dengan solidaritas manis akan membuat bisnis makin laris. IMPreneur membantu membangun suasana itu dengan paket internet yang bisa dibagi-bagi namun no lelet!



Bagaimana Sahabat? Siap membangun bisnis dengan teknik menjual lewat tulisan? Melalui peran serta IMPreneur, kegiatan bisnis akan memperoleh hasil tak habis-habis. Dimulai dengan copy writing dan berakhir dengan closing. (*)
2 komentar on "Copy Writing Bikin Closing di Ending"
  1. Hai mba Nia. Saya Elin nih, si layouter hahaha... sayang banget saya kelewat event ini nih. Dulu sebenarnya jaman kuliah diajarin juga tapi kayanya materinya butuh di update dengan situasi terkini deh. Thanks MBA udah nulis resumenya aku jadi bisa baca2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya, Mba Elin. Salam kenal, ya. Semoga next time ada webinar seru lagi dari IM3 Ooredoo dan FLP Kab. Sukabumi. Kita belajar bareng di sana, ya Mba. :)

      Hapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9