Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas Ala Mantan Anak Kos

Daftar Isi
Sebagai salah seorang mantan anak kos, cara memasak nasi dengan kompor gas merupakan hal yang cukup sulit. Ya, bagaimana lagi. Di rumah kos berpetak tiga kali tiga itu saya terbiasa melakukan segala sesuatunya, termasuk kegiatan memasak nasi, tanpa harus berlelah, alih-alih menggunakan kompor gas, saya tetap setia dengan rice cooker.

Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas yang Patut Diketahui Mantan Anak Kos

Namun, ketika saya kembali ke rumah, mau tidak mau saya harus belajar bagaimana cara memasak nasi pakai kompor gas. Soalnya, daerah rumah saya termasuk kawasan yang jaringan listrik suka ngambek. Sebentar-sebentar, byar pet. Kalau saya tetap egois dengan mengandalkan kekuatan rice cooker, bisa-bisa saya terserang busung lapar.

Baiklah, sebelum memakai cara menanak nasi manual ini, terlebih dahulu saya harus memahami apa saja langkah demi langkah untuk memperlancar misi memasak nasi ini.

1. Menyiapkan Bahan

Karena kali ini saya ingin memasak nasi, tentu saja saya harus menyiapkan beras. Jumlah takaran beras disesuaikan dengan porsi makan kami sekeluarga. Biasanya kami menanak nasi dua kali sehari, pagi dan sore. Dalam setiap menanak nasi, takaran yang digunakan 2 cup.

Air bersih
Rantang yang tidak berlubang

2. Menyiapkan Alat

Siapkan dandang yang bagian bawah saringannya sudah diisi air sampai di batas yang dianjurkan.

Kompor gas
Jangan lupa pastikan persediaan gas yang mencukupi.

Langkah-Langkah Memasak Nasi dengan Kompor Gas


Cuci beras secukupnya. Kalau saya biasa mencuci dua kali saja. Cukup sampai air cucian beras tampak tidak terlalu jernih. Setelah itu, beras dimasukkan ke dalam rantang yang tidak berlubang. Masukkan air ke dalam rantang. Takaran air memasak nasi disesuaikan dengan takaran beras. Sekitar satu ruas jari lebih sedikit. Karena kebiasaan makan di keluarga kami tidak suka jika nasinya terlalu kering.

Dandang yang telah terisi air tadi diletakkan di atas kompor yang sudah dinyalakan dengan api sedang. Setelah air di dalam dandang mendidih, naikkan beras dalam rantang di atas saringan dandang. Kemudian tutup rapat.
Kira-kira tiga puluh menit kemudian, tutup sudah bisa dibuka. Namun begitu, disela-sela penantian, nasi boleh diintip sebentar untuk diaduk merata agar tidak menjadi kerak, ya.

Setelah masa penantian usai, silakan menunggu sebentar sampai sisa air nasi terserap. Selanjutnya, nasi biasa diaduk dan siap untuk disajikan.

Nasi hangat siap disantap bersama keluarga tercinta. Btw, secara ilmu kesehatan ternyata nasi yang dimasak dengan kompor gas, bisa mencegah peningkatan gula darah, lo.

Memasak nasi langsung menggunakan dandang memang sedikit agak ribet bagi sebagian orang yang terbiasa praktis seperti mantan anak kos. Apalagi, memasak nasi dengan cara manual ini bisa membuat nasi cepat matang. Oleh sebab itu, pekerjaan sedikit melelahkan ini harus juga diketahui sedikit banyaknya, bukan?

Cara menanak nasi yang terkesan nggak banget ini sebenarnya bermanfaat sekali, lo. Terlebih jika ada suatu hajatan yang mengundang banyak orang. Dengan kepiawaian dalam memasak nasi menggunakan kompor gas ini, kelak kita sudah bisa memasak nasi menggunakan kayu. Tentunya dalam porsi yang lebih besar lagi.

Dalam suatu hajatan seringkali dijumpai nasi yang tidak sempurna masaknya. Ketika sedang asyik menikmati hidangan, tiba-tiba saya dijumpai butiran keras nasi. Tentu ini membuat ilfil dan bisa jadi membuat mood dalam mengikuti acara pesta ambyar seketika.

Terlihat sepele bukan? Namun dampaknya bisa sangat luar biasa. Oleh sebab itu, siap sedia memasak nasi dengan kompor gas harus diketahui, terlebih mantan anak kos. Siap mencoba? (*)
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

6 komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Comment Author Avatar
6 November 2020 pukul 10.44 Hapus
Saya sampai sekarang belum bisa menanak nasi tanpa magic com mbak, hihi. Nanti dicoba deh, terima kasih tips nya mbak! :)
Comment Author Avatar
6 November 2020 pukul 13.28 Hapus
Waduh, auto lapar nih Kak hehehehe
Comment Author Avatar
6 November 2020 pukul 13.37 Hapus
Masya Allah, saya juga coba belajar masak nasi dari kompor kak. Dan rasanya ternyata lebih enak, pulen dan wangi. Beda sama nasi di rice cooker cepet kering dan kuning...
Comment Author Avatar
6 November 2020 pukul 13.40 Hapus
Waaah mantap ini kak tips nya.... mogha ada kesempatan utk mencoba hihihi
Thanks
Comment Author Avatar
6 November 2020 pukul 16.47 Hapus
Mantap banget nih tipsnya. Bermanfaat banget :D
Comment Author Avatar
7 November 2020 pukul 05.58 Hapus
Lebih mantap lagi pagi kayu bakar😂