Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang CCTV di Area Perumahan

Daftar Isi
Pemasangan CCTV di area perumahan, dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan juga menjaga kenyamanan masyarakat sekitar perumahan. Untuk itu dalam pemilihan CCTV, sahabat harus menemukan distributor CCTV yang tepat.

Tidak hanya penting memilih distributor CCTV terbaik untuk area perumahan, perlu juga diperhatikan bagaimana kriteria dalam pemasangan CCTV. 

Ada berbagai kesalahan umum yang dilakukan saat pemasangan CCTV. Seperti misalnya sinar inframerah pada kamera CCTV yang terblokir, lupa melepas film pelindung hingga mengabaikan batas jarak kabel. Hal-hal seperti ini tentu saja bisa mengakibatkan kinerja CCTV jadi tidak optimal.

hal yang harus diperhatikan saat pemasangan CCTV
sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/teknologi-pengawasan-kamera-keamanan-cctv-7635126/

Hal yang harus diperhatikan saat pemasangan CCTV


Dalam memasang CCTV, selain menemukan distributor CCTV yang tepat, sahabat juga harus tahu hal-hal yang penting dalam pemasangannya. Jangan sampai pemasangan CCTV yang mengalami kesalahan, yang mengakibatkan keamanan area perumahan jadi kurang maksimal.

1. Peletakan Kamera


Saat memasang kamera CCTV di manapun tempatnya baik indoor maupun outdoor maka perhatikan posisi peletakan. Untuk CCTV area perumahan maka umumnya menggunakan kamera CCTV outdoor yang memang tahan terhadap cuaca dan khusus untuk luar ruangan.

Selain itu, kamera CCTV untuk kebutuhan outdoor biasanya punya fitur LED infrared. Dengan fitur ini tetap bisa merekam apapun di depannya meski dengan cahaya minim atau saat malam hari. Perhatikan titik-titik yang tepat untuk pemasangan CCTV di area outdoor. Usahakan untuk memilih peletakan kamera yang sulit dijangkau.

Jadi, kamera CCTV tidak mudah diganggu atau dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun meski diletakkan pada tempat yang tinggi, pastikan bahwa kamera pengintai tetap bisa mengidentifikasi video atau gambar yang ditangkap.

2. Spesifikasi Kamera CCTV


Setiap kamera CCTV tentu punya spesifikasi masing-masing. Maka dari itu, sebelum dipasang perhatikan kebutuhan dari CCTV. Dalam hal ini tentu memilih CCTV untuk luar ruangan dengan resolusi gambar yang baik. Sehingga nantinya ketika membutuhkan rekaman CCTV untuk melihat suatu objek, ketika gambarnya diperbesar maka kualitas gambar tidak akan pecah.

Perhatikan pula bagaimana kekuatan kamera, apakah tahan terhadap segala cuaca dan aksesoris yang ada. Maka dari itu penting pula memilih distributor CCTV terbaik, akan memperkenalkan sahabat pada produksi CCTV berkualitas.

3. Berapa Kebutuhan Kamera CCTV


Pastikan sebelum pemasangan CCTV maka sahabat sudah harus tahu terlebih dahulu berapa banyak kamera yang dibutuhkan. Untuk area luar ruangan, tentu dibutuhkan lebih banyak kamera CCTV.

Untuk area perumahan yang luas, untuk kamera CCTV nya semakin banyak dipasang di setiap sudut. Hal ini untuk memaksimalkan keamanan di area perumahan tersebut. Perlu juga diketahui bahwa CCTV memiliki sistem pengawasan dengan saluran tunggal atau ganda.

Untuk setiap saluran mewakili satu kamera, jadi jumlah saluran yang dibutuhkan pada sistem harus sesuai dengan jumlah kamera yang akan dipasang. Untuk satu area biasanya cukup menggunakan satu kamera saja. Untuk banyak area maka bisa menggunakan CCTV dengan sistem multi channel.

4. Jangan Pasang CCTV Dari Suar Lensa


Saat pemasangan CCTV jangan pula melakukan peletakan dari suar lensa. Suar lensa adalah refleksi cahaya dari matahari dan lampu. Suar ini akan membuat lingkaran atau titik-titik yang muncul pada hasil rekaman dengan kamera pengintai.

CCTV juga sebaiknya tidak diletakkan pada cahaya latar. Cahaya latar ini asalnya dari cahaya matahari yang terlalu terang atau lampu jalanan. Hal ini bisa mengakibatkan video rekaman atau gambar yang dihasilkan akan terlalu pucat bahkan bisa hampir putih. Maka dari itu pasang CCTV lebih menghindari sinar matahari untuk rekaman dengan kualitas terbaik.

5. Ketahui Kekuatan Koneksi WiFi


Ketika pemasangan CCTV di area luar ruangan, maka pastikan kekuatan koneksi wi-fi benar-benar cukup. Jangan sampai jarak kamera dari router terlalu jauh sehingga CCTV tidak mendapatkan sinyal yang memadai.

Maka dari itu saat dilakukan pemasangan CCTV maka periksa kekuatan sinyal di setiap titik kamera. Ketika sinyal wi-fi lemah hingga putus maka kamera tidak akan maksimal dalam menghasilkan video rekaman. Salah satu solusi untuk mengoptimalkan sinyal wi-fi sahabat juga bisa menginstal wi-fi extender atau coba tips lainnya, supaya kamera CCTV tetap bisa mendapatkan jaringan wi-fi yang cukup.

pilih distributor CCTV yang tepat
sumber: https://pixabay.com/id/photos/cctv-keamanan-kamera-1144371/

Pilih Distributor CCTV yang Tepat, Hikvision dengan Teknologi AcuSense


Jika sedang mencari distributor CCTV maka sahabat bisa pilih dari Hikvision. Apalagi untuk area luar ruangan, sahabat bisa memanfaatkan salah satu produk dari distributor ini yaitu AcuSense. Hikvision AcuSense adalah kamera CCTV yang punya sistem sensor. Tentu saja fitur ini dapat membantu memantau segala aktivitas yang ada di area perumahan.

Untuk tingkat pemantauannya juga real time, jadi bisa melakukan perekaman video secara real time. Untuk itu terdapat beberapa kelebihan lainnya dari Hikvision AcuSense, yaitu :

1. Fungsi Alarm Akurat


Untuk kenyamanan area perumahan maka Hikvision AcuSense hadir dengan fungsi alarm paling akurat. Kamera CCTV ini menggunakan fitur VCA yang digunakan untuk mendeteksi gerakan. Fokus alarm adalah manusia atau kendaraan saja.

Lalu untuk alarm yang dipicu oleh hewan atau benda maka tidak akan menghasilkan bunyi alarm yang bisa mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar perumahan.

2. Peringatan Visual dan Auditori


Yang kedua, kamera CCTV dari Hikvision hadir dengan metode respon dan pengawasan memakai peringatan visual dan auditori. Menyesuaikan keamanan dengan menambah lapisan perlindungan.

Saat ini CCTV Hikvision AcuSense hadir dengan audio dua arah yang canggih.

3. Pencarian Target Jauh Lebih Efektif


Kamera CCTV juga sangat efisien dalam pencarian sebuah target lewat rekaman atau video klip CCTV. Karena kamera Hikvision AcuSense ini mampu mengurutkan hasil rekaman berdasarkan kategori dan objek manusia dan kendaraan.

Sehingga untuk pencarian target jauh lebih cepat. Apalagi ketika sedang dibutuhkan pencarian target pada kondisi darurat.

Itu tadi beberapa hal yang penting diketahui dalam pemasangan CCTV. Untuk pemilihan distributor CCTV maka hanya pilih distributor yang paling terjamin yaitu Hikvision, bukan yang lain.
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar