5 Cara Meningkatkan Kualitas Jaringan Internet Anda

Daftar Isi
Koneksi internet yang lambat dan tidak stabil dapat mengganggu kegiatan sehari-hari, terutama bagi Anda yang senang streaming video maupun bermain game online.

Apalagi kalau Anda memang berprofesi di industri gaming maka kebutuhan akan internet cepat dan stabil sudah tentu penting.

Simak cara meningkatkan kualitas jaringan internet di rumah Anda pada ulasan dalam artikel ini.

5 Cara Efektif Meningkatkan Kualitas Jaringan Internet di Rumah

Meningkatkan Kualitas Jaringan Internet

1. Gunakan Router yang Lebih Baik

Jika Anda menggunakan router bawaan dari penyedia layanan internet, kemungkinan besar performanya tidak optimal.

Coba cari router yang lebih baik dan cocok dengan kebutuhan Anda. Router dengan teknologi terbaru seperti Wi-Fi 6 dapat memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi dan seluruh cakupan jaringan yang lebih baik.

2. Periksa Posisi Router

Tempatkan router Anda di area yang terbuka dan tinggi, serta bebas dari gangguan seperti dinding atau peralatan elektronik lainnya yang dapat mempengaruhi sinyal.

Pastikan juga untuk menempatkan router tepat di tengah-tengah rumah agar sinyalnya tersebar merata ke seluruh area rumah.

3. Kurangi Jumlah Pemakaian Perangkat yang Terhubung Ke Jaringan Ketika Tidak Sedang Digunakan

Cara meningkatkan kualitas jaringan internet selanjutnya adalah mengurangi jumlah pemakaian perangkat yang terhubung ke jaringan ketika tidak sedang digunakan. 

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, semakin lambat koneksi internet di rumah Anda. Maka saran dari situs review gadget, batasi jumlah perangkat yang terhubung, terutama saat Anda melakukan tugas yang membutuhkan bandwidth besar seperti streaming video atau bermain game online.

4. Gunakan Perangkat Terbaru

Seringkali, masalah koneksi internet disebabkan oleh perangkat yang tidak memiliki pembaruan firmware atau driver terbaru. Pastikan untuk memperbarui firmware dan driver router, modem, laptop, atau komputer Anda secara berkala agar performa perangkat tetap optimal.

5. Upgrade Paket Internet

Jika semua cara di atas telah dilakukan namun kualitas jaringan internet Anda tetap buruk, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan untuk meng-upgrade paket internet Anda. Pilihlah paket internet yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Misalnya internet lebih banyak digunakan untuk gaming dan streaming video, maka ada baiknya Anda menggunakan paket layanan internet IndiHome Game yang dirancang khusus untuk para gamer.

IndiHome Penyedia Paket Gaming Terbaik

Paket Gaming Terbaik

IndiHome adalah salah satu paket layanan internet yang disediakan oleh Telkom Indonesia, provider telekomunikasi terbesar di Indonesia. Paket layanan ini menawarkan kecepatan internet yang tinggi dan stabil, sehingga cocok bagi pengguna yang sering menggunakan internet untuk kegiatan seperti main game online atau streaming video di YouTube.

Kecepatan internet yang ditawarkan oleh IndiHome Game dapat mencapai hingga 100 Mbps, dengan jaminan kecepatan minimal 80% dari kecepatan maksimum yang diiklankan.

Selain itu, IndiHome dari Telkom Indonesia juga menawarkan teknologi Optic Fiber yang memungkinkan sinyal internet sampai ke rumah pelanggan dengan kualitas yang lebih baik dan stabil, tidak terpengaruh cuaca atau gangguan lainnya.

Dengan kecepatan dan stabilitas internet yang dimiliki IndiHome, pengguna bisa lebih leluasa dalam melakukan aktivitas online seperti bermain game atau menonton video berkualitas tinggi tanpa khawatir terjadi buffering atau lagging. Oleh karena itu, IndiHome merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna yang membutuhkan internet cepat dan stabil untuk keperluan sehari-hari.
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

4 komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Comment Author Avatar
5 April 2023 pukul 11.54 Hapus
Biasanya kalau jaringan lagi masalah, aku suka on off router. Abis itu lancar jaya langsung sih biasanya. Apalagi IndiHome, udah hapal lah saya bagaimana handle perangkatnya. Soalnya udah hampir 7 tahun lebih make.
Comment Author Avatar
26 April 2023 pukul 10.42 Hapus
Router terbaru wifi 6 ya, Alhamdulillah 3 tahun ini udah pakai wifi rumah IndiHome semuanya jadi lancar dan urusan kerjaan online serta hiburan jadi menyenangkan.
Comment Author Avatar
27 April 2023 pukul 04.54 Hapus
IndiHome sudah membantu ibu ibu kayak saya untuk berkarya nih mbak, jaringan sat set sat set, jadi gak perlu lama nunggu loading, saat upload content. Alhamdulillah
Comment Author Avatar
27 April 2023 pukul 22.34 Hapus
Wah siip nih tipsnya, memang kalau koneksi internet lagi lambat dan enggak stabil suka kesel, karena jadi ganggu aktifitas berinternet. Untungnya ada indiHome ya, yang menawarkan kecepatan internet yang tinggi dan stabil, jadinya memudahkan ya