Berpolitik versi Rekam Jejak Sang Pemimpi

Daftar Isi
Meskipun tidak terjun dalam politik praktis, ada baiknya kita mengenal kulit tipis-tipis politik, ya, kan? Hehehe, karena sebagai warga negara yang baik, kita akan melaksanakan salah satu perayaan besar lima tahunan pada 14 Februari 2024 ini, yakni pemilu.

Ohya, politik ini bukan hanya untuk politikus, lo. Kita-kita juga wajib mengenali politik ini karena menurut KBBI, politik itu adalah pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan. Nah, bicara soal pengetahuan bukankah siapa saja harus berusaha agar tidak ketinggalan?

Partisipasi Politik yang bisa dilakukan dalam Keseharian


berpolitik-versi-penulis.webp


Bagi seorang admin Rekam Jejak Sang Pemimpi, seperti apakah partisipasi politik yang ia lakoni? 

Menulis cerita anak bertema pemilu


Sebagai salah seorang penulis cerita anak, bisa sangat lo memasukkan nuansa pemilu dalam cerita anak yang dituliskan. Tentu saja bukan seperti cerita pemilu ala TPS, caleg, dan debat, tetapi memasukkan unsur seperti kebebasan dalam berpendapat, boleh memiliki pandangan berbeda, dan menyepakati suara terbanyak.

Kasusnya juga yang sederhana saja, misalnya pemilihan ketua kelas, pemilihan waktu belajar, hingga penentuan lokasi liburan keluarga berdasarkan keputusan terbanyak.

Mengikuti perkembangan di televisi dan media sosial


Setiap hari televisi dan media sosial menyuguhkan berita perpolitikan. Jangan skip karena pengetahuan ini kita butuhkan saat pemilihan nanti, lo. Nggak perlu lama-lama juga.

Bagi saya pribadi, mengikuti tiga kali debat seperti sebuah hal istimewa karena biasanya saya ada jadwal sif sore jadi selalu nggak bisa menyaksikan perkara apapun di televisi di jam-jam dinas ini.

Mencari tahu tentang apa saja yang perlu dipersiapkan sebagai pemilih


Nggak asyik kalau sampai TPS malah celingak-celinguk, nggak bawa apapun. Ya, minimalnya dengarkan instruksi apapun yang diberikan sebelum berangkat ke TPS. Pengetahuan ini bisa pula didapatkan dengan searching di halaman mesin pencari.

Cek DPT online


Sahabat bisa lo mengecek diri apakah sudah terdaftar atau belum di TPS setempat. Buka aja halaman https://cekdptonline.kpu.go.id/ terus ketik NIK atau Nomor Paspor bagi Pemilih Luar Negeri. Klik menu pencarian, taraaa ... kelihatan deh sahabat bakal melakukan pemilihan di mana nanti.

Berpolitik versi saya memang nggak dalam-dalam banget, kok. Cuma ya minimal saat dibutuhkan, saya memiliki sedikit pengetahuan untuk menentukan pilihan. No golput, ya! Sampai jumpa di TPS 14 Februari nanti, guys! (*)
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar