Cara Kirim Resensi ke Harian Singgalang

Cara Kirim Resensi ke Harian Singgalang - Karya berhasil dimuat di media tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para penulis. Setelah berjuang semampu dan sekuatnya untuk bisa konsisten menulis dan akhirnya dimuat. Tentu, bagi yang telah menempuh jalur kirim tulisan ke media, sudah terbiasa dengan sebuah penantian. Ada yang berujung manis, ada pula yang pahit, tetapi tak jarang pula tak jelas manis dan pahit ujungnya. Hahaha.

resensi dimuat di harian singgalang

Sebelum mengirim naskah ke media, ada baiknya kenali dahulu media yang ingin dikirimi. Untuk tata cara pengiriman tentu menjadi poin utama. Tapi ada yang tak kalah penting, lo. Bagi saya, khususnya, info pemuatan karya itu perlu. Setelah kita mengirim karya, dimuat atau tidaknya tulisan kita harus mudah diakses. Ini salah satu pertimbangan saya sebelum mengirim.

Bukan bermaksud mengesampingkan pendapat orang yang mengatakan bahwa menulis saja, enggak usah memikirkan honor, bagi saya menanyakan kejelasan honor kepada teman penulis yang karyanya lebih dahulu dimuat itu perlu. Entah hanya nomimal belasan ribu pun itu penting. Menulis adalah sebuah usaha yang patut dihargai. Waktu, tenaga belum lagi riset jika ingin menulis sesuatu yang sifatnya mendalam. Intinya, harus ada apresiasi dari itu.

Pada 20 September 2020, alhamdulillah, naskah resensi saya dimuat di salah satu koran yang terbit di wilayah Sumatera Barat, yaitu Harian Singgalang. Bagi teman-teman yang berdomisili di sekitar kota Padang tentu mudah mendapatkan akses koran tersebut. Berhubung saya tinggal di Sumatera Utara, tentu saya membutuhkan info yang cukup sebelum mengirim tulisan ke sana.

Usaha yang saya tempuh yakni meminta info kepada penulis yang karyanya telah lebih dahulu dimuat di sana. Apa ketentuan pengiriman, apakah honor lancar, apakah bila dimuat ada pemberitahuan, berapa lama masa tunggu naskah dinyatakan dimuat atau ditolak.

Pertanyaan ini tak akan saya biarkan mengendap dalam pikiran. Mungkin untuk ketentuan bisa saya dapatkan dengan mengetik di laman pencarian google, tetapi untuk printilan pertanyaan lainnya itu, tentu membutuhkan narasumber yang bisa kita tanyai langsung. Nah, alhamdulillah, naskah tersebut dimuat dan saya pun lega karena memiliki cukup info sebelum pemuatan naskah tersebut.

Info Kirim Resensi ke Harian Singgalang 


  1. Tulis resensi buku, minimal satu tahun terakhir, sekitar 2 halaman A4
  2. Sertakan kelengkapan seperti judul buku, nama penulis, penerbit, cetakan, ISBN , data peresensi
  3. Kirim ke alamat surel: a2rizal@yahoo.co.id dan cc: singgalang.redaksi@gmail.com

Menurut info yang saya dapatkan, minimal tunggu pemuatan sekitar 2 minggu. Tidak ada info pemuatan. Info pemuatan naskah saya dapatkan dari teman di sosmed. Ohya, bergabung dengan grup sastra minggu juga bisa membantu info pemuatan karya. Berikut link grup Sastra Minggu: https://web.facebook.com/groups/588223601189201

Terus semangat gempur media dengan karya terbaik kita. (*)

8 komentar

  1. Alhamdulillah, jadi punya semangat baru, ni

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum KK saya penulis pemula, jadi saya juga sudah mulai menulis dan ingin mengirimkan karya saya ke media cetak kak. Kalo boleh tau KK dimana kita bisa masuk ke grub sastra mingguan itu KK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam, Kak. Terima kasih banyak sudah mengunjungi RJSP, ya, Kak Grup sastra minggu ada di facebook, Kak. Silakan dicari pada kolom pencarian fb, ya. Semoga menginspirasi

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam, Kak. Terima kasih buat kunjungannya, ya. Sudah saya tambahkan di artikel tentang link grup Sastra Minggu, ya, Kak. Silakan di copy paste ke browser. Semoga membantu.

      Hapus
  4. Apakah disana ada info jika tulisan tidak dimuat atau ditolak?

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.