Cara Kirim Resensi ke Harian Singgalang

Senin, 21 September 2020
Assalamu'alaikum, Sahabat Khansa
 
Karya berhasil dimuat di media tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para penulis. Setelah berjuang semampu dan sekuatnya untuk bisa konsisten menulis dan akhirnya dimuat. Tentu, bagi yang telah menempuh jalur kirim tulisan ke media, sudah terbiasa dengan sebuah penantian. Ada yang berujung manis, ada pula yang pahit, tetapi tak jarang pula tak jelas manis dan pahit ujungnya. Hahaha. 😂

resensi dimuat di harian singgalang

Sebelum mengirim naskah ke media, ada baiknya kenali dahulu media yang ingin dikirimi. Untuk tata cara pengiriman tentu menjadi poin utama. Tapi ada yang tak kalah penting, lo. Bagi saya, khususnya, info pemuatan karya itu perlu. Setelah kita mengirim karya, dimuat atau tidaknya tulisan kita harus mudah diakses. Ini salah satu pertimbangan saya sebelum mengirim.

Bukan bermaksud mengesampingkan pendapat orang yang mengatakan bahwa menulis saja, enggak usah memikirkan honor, bagi saya menanyakan kejelasan honor kepada teman penulis yang karyanya lebih dahulu dimuat itu perlu. Entah hanya nomimal belasan ribu pun itu penting. Menulis adalah sebuah usaha yang patut dihargai. Waktu, tenaga belum lagi riset jika ingin menulis sesuatu yang sifatnya mendalam. Intinya, harus ada apresiasi dari itu.

Pada 20 September 2020, alhamdulillah, naskah resensi saya dimuat di salah satu koran yang terbit di wilayah Sumatera Barat, yaitu Harian Singgalang. Bagi teman-teman yang berdomisili di sekitar kota Padang tentu mudah mendapatkan akses koran tersebut. Berhubung saya tinggal di Sumatera Utara, tentu saya membutuhkan info yang cukup sebelum mengirim tulisan ke sana.

Usaha yang saya tempuh yakni meminta info kepada penulis yang karyanya telah lebih dahulu dimuat di sana. Apa ketentuan pengiriman, apakah honor lancar, apakah bila dimuat ada pemberitahuan, berapa lama masa tunggu naskah dinyatakan dimuat atau ditolak.

Pertanyaan ini tak akan saya biarkan mengendap dalam pikiran. Mungkin untuk ketentuan bisa saya dapatkan dengan mengetik di laman pencarian google, tetapi untuk printilan pertanyaan lainnya itu, tentu membutuhkan narasumber yang bisa kita tanyai langsung. Nah, alhamdulillah, naskah tersebut dimuat dan saya pun lega karena memiliki cukup info sebelum pemuatan naskah tersebut.

Berikut info pengiriman naskah yang dapat saya bagikan kepada Sahabat Khansa

1. Tulis resensi buku, minimal terbitan 2019, sekitar 2 halaman A4

2. Sertakan kelengkapan seperti judul buku, nama penulis, penerbit, cetakan, ISBN , data peresensi

3. Kirim ke alamat surel: a2rizal@yahoo.co.id dan cc: singgalang.redaksi@gmail.com

Menurut info yang saya dapatkan, minimal tunggu pemuatan sekitar 2 minggu. Tidak ada info pemuatan. Info pemuatan naskah saya dapatkan dari teman di sosmed. Ohya, bergabung dengan grup sastra minggu juga bisa membantu info pemuatan karya. Terus semangat gempur media dengan karya terbaik kita. (*)

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9