Jadi CPNS 2021

Senin, 15 Februari 2021


Menjadi seorang abdi negara masih menjadi impian banyak orang di negeri ini. Bagaimana bisa bekerja lalu mendapatkan gaji, tunjangan kinerja, kesehatan, hingga hari tua. Setiap penerimaan seleksi CPNS dibuka, maka berbondong-bondong orang mendaftar. Tak peduli apakah lowongan tersebut ada di daerah terpencil sekalipun. Selama ada peluang, lowongan tersebut akan selalu dipenuhi kuota.

Sahabat Khansa, selama masih memenuhi syarat yang diajukan, kesempatan untuk berkompetisi selalu ada. Apalagi setelah kebijakan moratorium beberapa tahun yang lalu, kompetisi abdi negeri kian menjadi-jadi. So, peralatan perang sebelum uji mesti lebih canggih lagi!

Lulus CPNS 2021 merupakan impian yang tertunaikan. Mengikuti ujian seleksi CPNS sudah dilakoni sejak mendapatkan ijazah. Terikuti dua tes yang berakhir dengan kata ‘nyaris’. Pastinya karena kuasa Allah swt. yang belum berkenan memberikan rezeki itu. Namun, semangat untuk terus bertumbuh itu yang membuat saya selalu berani untuk bangkit.

“Harus punya uang dan koneksi!”

Itu kalimat sumbang yang sampai saat ini masih terus terngiang. Saya berterima kasih karena kalimat itu telah memberi saya kekuatan untuk tumbuh hingga sekarang.

Berkesempatan lulus di 2018, membuat saya ingin sekali membagikan tip lulus CPNS 2021 pada Sahabat Khansa. Tip ala saya yang semoga bisa berkontribusi terhadap kesuksesan Sahabat. Berikut ulasannya:

Tip dan Trik Lulus CPNS 2021


1. Buka Mata, Telinga dan Hati


Mengapa poin ini berada pada poin pertama? Tak lain dan tak bukan karena dengan membaca sekitar maka lulus CPNS 2021 adalah suatu kesempatan besar. Saat suara-suara merdu pembukaan seleksi CPNS telah tersiar, segera buka browser pencarian. Temukan kejelasan info tersebut dari sumber tepercaya. Pelajari persyaratan yang diajukan, lalu jika syarat tersebut sesuai dengan apa yang ada pada diri Sahabat, maka jangan ragu untuk terus mengikuti perkembangan informasi. Ikuti seluruh akun media sosial terkait seleksi. Mulai dari akun resmi pemerintah hingga akun penyedia layanan belajar.

2. Perkaya Belajar via Audio


Bila selama ini fokus teman-teman belajar pada buku, maka pada era serba digital ini, tak ada salahnya untuk mulai berteman baik dengan konten-konten berbasis audio. Misalnya, kanal YouTube yang membahas tentang tip dan trik lulus CPNS 2021.

Sedikit berbagi pengalaman, salah satu metode belajar yang tempo hari saya lakukan adalah dengan mendengarkan pembahasan soal-soal CPNS di kanal YouTube.

Keseharian saya sebagai salah seorang pengajar membuat waktu untuk belajar sangat terbatas. Ketika sampai di rumah, tenaga telah habis terkuras. Belajar dengan fokus pada buku tak lagi bisa menjadi prioritas. Akhirnya, timbul ide untuk mendengarkan pembahasan soal di video. Benar saja. Sebuah ide jempolers! Sembari beristirahat, saya bisa mendengarkan dan mengulang-ulang pembahasan soal yang diberikan oleh para konten kreator.

3. Pasang Strategi di Batas Akhir


Pada 2018, kesempatan untuk melihat jumlah pesaing terbuka. Calon peserta dapat melihat berapa jumlah pelamar di suatu formasi. Maka, pasang alarm kuat-kuat. Mendaftarlah di hari terakhir agar jumlah pelamar dalam formasi tersebut bisa terpantau. Jadi, kita bisa mengukur tingkat persaingan seperti apa yang akan dihadapi.

Seperti pada seleksi CPNS 2018 lalu, saya mendaftarkan diri di formasi D-III Kebidanan. Saya melihat daerah mana dengan jumlah formasi terbanyak di daerah sekitar. Setelah satu daerah terlacak, selanjutnya lihat lagi pembagian dari formasi tersebut. Di instansi mana jumlah pelamar tertinggi dan terendah. Keep yang terendah. Jangan lupa juga pertimbangkan apa yang menjadi alasan formasi tersebut sepi peminat. Kalau menurut Sahabat, alasan tersebut bisa ditoleransi, jangan ragu untuk mendaftar.

Meskipun demikian, karena kita mendaftar di hari akhir, pastikan seluruh kelengkapan data yang akan diunggah sudah selesai. Jangan karena fokus mengejar hari terakhir untuk melihat jumlah pesaing, data yang tidak lengkap malah berakibat fatal.



“Harus punya uang dan koneksi!”

Lantas, apakah kalimat tersebut jadi nyata? Tentu saja tidak! Percayalah bahwa pertolongan Allah swt. akan selalu bersama orang yang senantiasa berusaha sungguh-sungguh mencapai impian.

Nah, Sahabat Khansa, demikian tip dan trik saya dalam meraih kelulusan CPNS 2021. Tak lepas dari itu, tentu saja doa pada Yang Mahakuasa harus lebih dikencangkan. Dalam situasi pandemi Covid-19, jangan lengah untuk menjaga kesehatan. Meskipun ikhtiar telah terpatri, jika kondisi kesehatan pada saat ujian tidak prima, bisa-bisa semua persiapan jadi sia-sia, bukan? (*)
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9