Serunya Belajar Site Audit Blog Bareng Coach Irwin

Rabu, 12 Mei 2021
Serunya Belajar Site Audit Blog Bareng Coach Irwin - Ini adalah blogpost terakhir di Ramadan 1442 H. Insya Allah besok sudah 1 Syawal 1442 H. 😥 Semoga kelak kita bertemu kembali dengan bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini. Tentunya dengan target-target yang terpenuhi lebih banyak lagi.

Ramadan kali ini saya berkesempatan ikutan belajar di WAG Site Audit Blog bareng Coach Irwin.


Minggu, 11 April 2021 sebuah email konfirmasi dari Coach Irwin masuk. Beliau meminta kiriman nama, link Blog, DA, dan DR. Apakah saya terpilih untuk mengikuti site audit, pikir saya.

Ya, beberapa hari sebelumnya ada informasi tentang kegiatan site audit di Ramadan. Saya maju mundur ingin mengikuti karena khawatir tidak dapat mengikuti kelas dengan baik dan pada akhirnya malah kena ‘kick’

Namun, setelah konsultasi dengan Mba Ji, saya mantap mengisi google form dan alhamdulillah terpilih.

Yeay!

Di hari pertama kelas saya ada jadwal dinas, so tidak bisa mengikuti kelas secara maksimal. Hingga dapat mention kalau saya belum meng-crawl site. Saya minta izin mengerjakan agak lambat dan alhamdulillah Coach menerima.

Ketika hasil crawl yang saya terima setelah sekitar 2 hari menunggu, hasilnya menakjubkan! Ternyata ‘banyak penyakit’ yang diderita Rekam Jejak Sang Pemimpi.

Benar kalo mencegah lebih baik daripada mengobati. Asyiknya, kalo mencegah bibit penyakit bersarang di blog. Baru kemudian isi blog sesuai dengan alur yang benar. Nah, kejadian di blog saya. Postingan udah dari tahun 2013, memiliki delapan ribuan isu! Subhanallah. Target dalam kelas adalah menurunkan isu 50% sampai akhir kelas (jelang Idulfitri).

Ketika saya baca pengalaman teman-teman yang sudah memperbaiki penyakit blog-nya, ternyata satu per satu link harus dibenahi. Waduh! Saya hampir insecure. Dua hari saya men-scroll setiap arahan Coach Irwin pada masalah teman-teman yang sama dengan masalah saya. Lalu saya terapkan arahan tersebut pada blog saya. Sembari memperbaiki beberapa hal yang sudah tidak update di blog.

Dua hari yang menguras tenaga tersebut ternyata tak cukup. Masih banyak link yang belum dibenahi. Akhirnya, saya pasrah saja kalo tidak bisa ikut tahapan belajar selanjutnya.

Masya Allah! Waktu Coach Irwin memberikan capture hasil crawl. Isu yang 8 ribuan turun menyentuh angka 4 ratusan! Jauh melampaui target. Feeling saya, beberapa edit html yang saya lakukan sesuai arahan mempunyai pengaruh yang besar. Jadi, 4 ratusan penyakit yang tersisa itu yang harus saya benahi satu per satu.


Alhamdulillah! Semoga hasih crawl selanjutnya lebih menggembirakan sehingga bisa ikutan tahapan audit selanjutnya. Aamiin.

Ohya, buat Sahabat Khansa yang mau inspeksi penyakit di blognya, bisa banget, lo! Site audit ini bisa buat blog makin sehat. Kalo kesehatan blog terjaga, orang akan senang berkenalan, semoga berujung cuan. Eh!

Langkah-Langkah Site Audit


Ketik moz.com di laman pencarian. Kemudian lihat di pojok kanan atas menu Log in


Pada menu Log in, isi kotak isian email dan password


Pada menu home, pilih On-Demand Crawl


Pada menu moz pro, ketikkan alamat blog pada Find and report site issues. Fast, kemudian klik Analyze


Cek secara berkala proses crawl

Ketika hasil crawl telah  diketahui, maka jumlah penyakit blog akan segera terlihat. Klik View report for www.karuniasambas.com untuk melihat detail-nya.

Scroll ke bawah untuk mengetahui link artikel blog yang terpengaruh masalah. Lalu scroll lagi untuk mengetahui rekomendasi moz tentang cara memperbaiki masalah tersebut. 

Seru, ya. Belajar hal baru, bingung, lalu tanya-tanya di grup kalau sudah nggak bisa mencari solusi. WAG yang penuh semangat, nih. Ketakutan akan kata 'kick' telah terlalui. Beberapa PR harus dibenahi biar pas crawl kali ketiga lebih oke lagi hasilnya.

Sahabat Khansa, sudah pernah site audit blog belum? Siapa tahu kesehatan blog Sahabat sedikit terganggu. Check up dini biar nggak banyak PR nanti! 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9