Popmama Parenting Academy 2021, Akhirnya Ada Sekolah Ibu

Kamis, 25 November 2021
Popmama Parenting Academy 2021, Akhirnya Ada Sekolah Ibu - Apakah teman-teman sependapat dengan saya bahwa tidak ada sekolah untuk ibu? Ya, mayoritas artikel maupun ucapan kenalan menyatakan demikian. Tidak ada sekolah untuk ibu! Ibu-ibu tidak pernah mengenyam pendidikan di bangku sekolah bernama “Sekolah Ibu”

Lantas bagaimana banyak ibu yang akhirnya sukses mengantarkan putra putri mereka memasuki gerbang kesuksesan? Tak lain dan tak bukan adalah karena sang ibu diajar dengan cukup keras oleh kehidupan. Ya, kehidupanlah yang menjadi guru terbaik bagi ibu. Hanya itu. 

Zaman yang semakin megah membuat ibu akhirnya butuh sekolah, benarkah? 

Pernyataan tersebut bisa mendapat jawaban ya dan bisa pula mendapat jawaban tidak. Tersebab menjadi ibu adalah proses istimewa. Insan pilihan Sang Maha Pencipta untuk mengemban amanah maha mulia, menjadi ujung tombak peradaban. 

Sekolah Ibu
Seiring waktu dalam menjalani peran, ibu belajar banyak hal. Pelajaran-pelajaran yang tak tercatat dalam bentuk tulisan inilah yang akhirnya mengantarkan banyak ibu tersenyum kembang anak saat mendapatkan hal terbaik sesuai harapannya.

Puncak kesuksesan seorang ibu adalah ketika melihat buah hati berbahagia

Namun demikian, menjadi ibu bukan perkara mudah jika ingin terarah. Menjadi ibu adalah proses yang sejatinya dibangun sebelum menjadi ibu. Di sini saya akan membahas tentang pentingnya masa remaja.

Usia remaja menjadi hulu dari menyabet predikat ibu. Pada masa ini ada sejumlah alasan yang bisa membawa dampak sukses tidaknya peran ibu yang akan diemban.

Bagaimana hubungan sebab akibat dari pernyataan itu?

Masa remaja merupakan sebuah masa dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Saking cepatnya proses ini, terkadang ada kontrol yang bisa lepas sehingga aturan yang telah diajarkan dalam keluarga terlewat, sehingga menyebabkan remaja salah langkah dan arah. 

Dilansir dari Sehatq, seorang remaja rentan terjerumus pada pergaulan remaja masa kini yang berada di luar rel kebenaran, seperti berkelahi,  aksi awuran, seks bebas, bahkan penggunaan obat terlarang. 

Keadaan ini cukup menjadi renungan yang cukup panjang bagi saya. Hingga akhirnya perenungan itu berakhir pada satu kenyataan bahwa masih banyak ditemukan ibu hamil dengan anemia ringan, sedang hingga berat!

Generasi Hebat Lahir dari Ibu yang Hebat 


Ibu hamil anemia tidak hanya berdampak buruk pada kesehatannya, sebelum, sedang dan akhir kehamilan. Ibu dalam kondisi ini juga berpeluang besar melahirkan bayi yang lemah. Kurang asupan yang selayaknya ia dapatkan sebagai makhluk. 

Dalam sebuah artikel yang saya temukan di laman Popmama, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa sekitar 14-62% perempuan yang tinggal di negara berkembang mengalami anemia saat kehamilan. 

Seberapa Berbahayanya Anemia ini Bagi Kehamilan?


Sebagaimana pengertian dari anemia itu sendiri, yakni suatu kondisi di mana sel darah merah yang berada di dalam tubuh ibu berada di bawah jumlah normal. Sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen ke paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh dan sebaliknya mengangkut karbondioksida dari seluruh tubuh untuk dikeluarkan dari paru-paru.

Mengetahui begitu pentingnya peranan sel darah merah, tentu saja anemia merupakan kondisi gangguan kesehatan yang layak mendapatkan perhatian lebih. 

Masa remaja adalah masa bertumbuh dan berkembang alami. Kecukupan asupan gizi yang dikonsumsi pada masa ini merupakan satu hal yang tak dapat ditawar-tawar lagi! 

1. Perdarahan Saat Bersalin


Perdarahan yang rentan terjadi dalam proses salin akan semakin memburuk pada ibu dengan kondisi anemia. Ibu juga akan menghadapi kesulitan dalam melawan infeksi yang mengancam.

2. Bayi Lahir Anemia


Sungguh miris jika pada akhirnya kita menemukan sang makhluk mungil itu 'tertular' oleh kesalahan karena tidak memperhatikan kesehatan. Bayi bisa mengalami gangguan tumbuh kembang serta gangguan kesehatan lain yang diakibatkan anemia. 

3. Infeksi Pasca Salin


Anemia dapat mempengaruhi daya tahan tubuh ibu sehingga proses penyembukan luka pasca persalinan menjadi lebih lama. Anemia meningkatkan risiko infeksi baik saat persalinan, maupun setelah persalinan.

Dari penjabaran tentang remaja dan ibu hamil dengan anemia tersebut, saya sepertinya bisa memberikan jawaban untuk pertanyaan "Zaman yang semakin megah membuat ibu akhirnya butuh sekolah, benarkah?"

Ya, ibu butuh sekolah? Adakah sekolah itu? 

Penelusuran saya di laman pencarian akhirnya bermuara pada Popmama.com, sebuah situs yang menyediakan berita-berita terkini tentang ibu dari seluruh dunia, informasi dunia parenting, dan saran-saran dari para pakar.

Popmama lahir sebagai teman bagi ibu untuk berbagi tips, dan trik agar menjadi ibu terbaik!

Ibu masa kini harusnya tak lagi bingung tanpa arah, karena bahkan sejak remaja pun bisa mengonsumsi aneka pengetahuan parenting yang disajikan oleh Popmama, sebuah perusahaan media multiplatform untuk milenial dan generasi Z.

Apakah Popmama Cocok Sebagai Media Belajar Calon Ibu?


Sebagai generasi yang hidup dengan sisi kanan kiri dunia digital, tampaknya Popmama sangat mengerti akan kebutuhan itu. Hal ini terbukti dari aneka konten kreatif di Popmama yang disajikan menggunakan banyak visual, video, list, dan humor. Sangat jauh berbeda dengan media konvensional yang membuat mata lelah dan mayoritas membosankan.

Popmama berusaha memegang teguh misinya, yaitu menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan milenial mama dalam menjalani kehidupannya sebagai orangtua.

Bikin Merinding, Ibu Fix Harus Belajar Parenting!


Agar tak ada lagi korban jatuh akibat kurangnya pengetahuan sebelum menjadi ibu, maka pembelajaran harus dilakukan. Ini adalah laksana harga mati yang tak bisa ditawar lagi.

Popmama turut andil dalam hal itu. Sejalan dengan tema Parents Support Parents yang diangkat Popmama Parenting Academy 2021. Tema ini menggambarkan semangat persatuan yang harus dimiliki oleh para orangtua agar mampu bangkit dari pandemi yang telah menyentuh segala sisi. Harus ada pembenahan yang menimbulkan arti.

Wujud dari tema ini adalah dibukanya penggalangan dana di laman https://kitabisa.com/campaign/popmamabantuyatimcovid

Dana yang terkumpul dari aksi Parents Support Parents akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19. Saling dukung dan bantu ini diharapkan mampu menjaga masa depan anak-anak Indonesia.

Gebrakan Popmama Parenting Academy 2021


Pada tanggal 03 Desember 2021, sebuah acara bertajuk Merekatkan Bonding Mama dan Anak Lewat Mendongeng akan digelar melalui media Zoomeeting. Acara yang dikemas secara daring itu dijadwalkan akan berlangsung selama satu setengah jam, yakni dari pukul 11.30 - 13.00 WIB. 

Bagi calon peserta yang tertarik bergabung bisa mengunjungi https://popac.popmama.com/class/merekatkan-bonding-mama-dan-anak-lewat-mendongeng/registration

Kehadiran Popmama yang merupakan portal berita parenting bagian dari IDN Media ini menurut saya menjadi oase untuk memenuhi kebutuhan ibu maupun calon ibu akan ilmu. 

Popmama Parenting Academy 2021, menjadi salah satu wadah membuktikan bahwa akhirnya ada sekolah ibu. Namun demikian tetap menjadi pedoman bahwa menjadi seorang ibu adalah sebuah pembelajaran berkepanjangan yang sejatinya dimulai sejak seorang putri dilahirkan.

Referensi:
https://popmama.com/
https://popac.popmama.com/
https://www.sehatq.com/artikel/memahami-pengertian-remaja-dan-tahap-perkembangannya
6 komentar on "Popmama Parenting Academy 2021, Akhirnya Ada Sekolah Ibu"
  1. Setuju. Memang kata orang tidak ada sekolah untuk menjadi ibu. Namun, bukan berarti ibu (dan juga ayah) tidak bisa belajar. Apalagi media online sekarang berkembang pesat dan informasi ada di mana-mana.

    BalasHapus
  2. Para calon ibu harus banget belajar tentang ilmu berumah tangga, agar tidak shock memasuki dunia barunya kelak, salah satunya bisa belajar di popmama ini ya, Kak Karunia.

    BalasHapus
  3. Wuaah .dapet referensi bacaan baruu nih saya. makasih mba. Lengkap untuk urusan informasi parenting. Tinggal pilih yg kita butuhkan aja ya. Biar ga gumoh bacanya. Hehehe

    BalasHapus
  4. Beruntungnya orangtua dan calon orangtua jaman sekarang, informasi parenting dan sejenisnya seolah ada di ujung jari, tinggal pilih-pilih yang kita suka dan cocok. Popac 2021 ini termasuk yang lengkap ya buat sarana pengembangan diri orang tua.

    BalasHapus
  5. Popmama emang cocok disebut sebagai sekolahnya ibu. Karena memang disana banyak ilmu dan informasi yang bisa di akses dengan mudah. Terima kasih popmama

    BalasHapus
  6. Popmama selain jadi sekolah Ibu, juga jadi sahabat Ibu dengan fitur dan informasinya yang variatif.

    -Purnama Indah-

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9