Ini Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui

Kamis, 31 Maret 2022
Ada banyak sekali fakta unik Indonesia yang jarang diketahui. Apalagi oleh kaum milenial yang tampaknya sedikit peminat dengan sejarah. Padahal, sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia wajib tahu apa saja fakta unik dari negara yang ditinggali. Apalagi Indonesia mempunyai banyak ras dan adat.

Indonesia sendiri mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang menggambarkan keragaman sosial budaya sehingga membentuk negara kesatuan. Ditambah lagi Indonesia mempunyai banyak harta tersembunyi yang membuat negara lain merasa iri karenanya.

Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui, Nomor 3 Tidak Disangka!

Fakta Unik Indonesia yang Jarang Diketahui


Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tidak ada salahnya untuk mengetahui fakta terkait negara Indonesia. Ada banyak sekali fakta menarik dan unik yang wajib diketahui kaum milenial. Di antara fakta ini, manakah yang sudah diketahui sebelumnya?

1. Negara dengan Suku Bangsa Terbanyak


Salah sayu fakta yang unik dan menarik dati Indonesia adalah mempunyai suku bangsa terbanyak di dunia. Di Indonesia ada lebih dari 740 suku bangsa sehingga secara tidak langsung menjadi negara dengan bahasa daerah terbanyak. Hal ini juga yang membuat Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

2. Cincin Api Dunia


Siapa sangka, Indonesia mempunyai lebih dari 400 gunung berapi di mana 130 di antaranya termasuk ke dalam gunung berapi aktif. Sebagian gunung itu terletak di dasar laut sehingga tidak terlihat dari permukaan laut. Tidak heran jika Indonesia sering mengalami kasus gunung meletus.

3. Presiden RI Ke-3 Pemegang 46 Hak Paten Aeronautika di Dunia


Fakta mengejutkan dan menarik yang jarang diketahui adalah tentang presiden ke-3 Indonesia, yakni B. J. Habiebie. Beliau adalah seorang ilmuan terpercaya dalam industri penerbangan yang berhasil terdaftar sebagai pemilik 46 hak paten di bidang Aeronautika.

4. Mempunyai Bunga Terbesar dan Bunga Terbusuk


Ada lagi fakta unik lainya dari negara Indonesia, yaitu mempunyai bunga terbesar sekaligus bunga terbusuk. Bunga itu adalah Raflesia Arnoldi yang beratnya lebih dari 7 kg. Sementara bunga terbusuk jatuh pada bunga bangkai raksasa yang baunya bisa tercium dari jarak sekitar 1 km.

5. Tempat Hewan Unik dan Langka


Ada beberapa hewan yang dilindungi karena hampir punah, seperti komodo, anoa, dan orang utan. Jenis satwa ini bertempat tinggal di wilayah nusantara. Namun, tampaknya populasi hewan ini akan terus menurun seiring perkembangan zaman. Setelah melihat beberapa fakta unik Indonesia yang jarang diketahui, manakah fakta yang paling mengejutkan?


Sumber:
https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/best-seller/fakta-unik-indonesia/amp/
https://www.bemfeuntar.com/index.php/news/24-article/latest-article/343-8-fakta-di-indonesia-yang-mendunia
https://www.kreditpintar.com/education/6-fakta-unik-indonesia-yang-tidak-banyak-diketahui

Be First to Post Comment!

Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9