Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Berburu Bisnis Online, Pemula Wajib Tahu!

Jumat, 08 April 2022
Kesuksesan dalam melakukan kegiatan perdagangan nyatanya bukan hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah malang melintang di dunia niaga. Bahkan bisa juga didapatkan oleh seorang pemula.

Bagaimana peluang bisnis untuk pemula yang menjanjikan? Tentunya pertanyaan ini menjadi hal yang menarik untuk dijabarkan. Yuk, simak bisnis untuk pemula modal kecil ini!

bisnis online untuk pemula
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Peluang bisnis untuk pemula dengan modal kecil


Salah satu penghalang utama ketika memutuskan untuk berbisnis adalah ketersediaan modal. Apalagi di zaman sekarang. Apa-apa membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun, jika pintar melihat peluang, masih ada kok bisnis untuk pemula dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Bisnis apa saja itu?

1. Menjual pulsa, paket data, token dan bayar tagihan


Pengguna telepon genggam dan internet semakin meningkat. Hal ini menjadi energi bagi kehidupan layanan jasa penyedia pulsa dan paket data. Untuk terhubung dengan jasa yang menyediakan kebutuhan ini pun sahabat tak perlu lagi repot ke konter.

Saya masih ingat jika di masa lalu seringkali membuat pelanggan kecewa. Pasalnya, setiap saldo habis, saya masih belum ada waktu untuk pergi ke konter dan mengisi saldo. Membuat pelanggan kecewa tentu berdampak buruk. Kepercayaan pelanggan hilang. Setelah saldo terisi, bisa-bisa malah tak ada yang membeli karena khawatir masih belum tersedia.

Bagaimana dengan jasa jual token dan bayar tagihan?

Selama penerangan masih menjadi kebutuhan, maka selama itu pula jasa jual token dan bayar tagihan akan hidup. Jadi, jangan khawatir bahwa saldo yang terisi penuh akan sia-sia.

Di zaman internet, pilihlah aplikasi yang simple. Hanya dengan satu aplikasi, sahabat bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual pulsa, paket data, token dan bayar tagihan. Ohya, pilihlah provider yang tepercaya, ya. Jangan lupa untuk upgrade ilmu agar tidak terkena masalah penggunaan, misalnya dengan tidak sembarang menyebutkan kode OTP kepada orang yang tidak dikenal. Karena saldo yang banyak bisa lenyap seketika jika sahabat tidak waspada.

2. Membuka layanan penulis konten


Pengguna internet semakin bertambah dari hari ke hari. Banyak informasi yang pada akhirnya membawa para pencari informasi ke laman mesin pencari. Tak terkecuali dengan blogger. Kabar yang sungguh manis, ternyata cuan dari blog itu sungguh menggiurkan, sehingga satu orang memiliki banyak blog. Istilah ternak blog pun santer terdengar.

Lagi-lagi kembali ke manajemen waktu. Ada blogger yang juga menjadi pekerja kantoran. Mengurus banyak blog sungguh bikin banyak perhatian tersita. Apalagi jika ada DL garis keras dari kantor. So, jasa layanan penulis konten sangat dibutuhkan. Sahabat bisa banget memperkenalkan diri sebagai penulis konten. Cara gampangnya, manfaatkan akun media sosial.

Selain menyediakan jasa bagi para peternak blog, sahabat juga bisa membantu perkenalan brand agar semakin dikenal. Cara agar dikenal brand ini melalui perantara blog dan silaturahmi di komunitas blogger.

3. Berburu job di situs pencari jasa freelancer


Saya pribadi sudah pernah mencoba jasa dari situs ini ini. Alhamdulillah, cuannya juga cepat cair. Sayangnya, bagi sahabat yang sudah lebih dahulu kenal cuan dari blog, fee yang ditawarkan di media ini sangat jauh berbeda. Per artikel 500 kata dihargai Rp10.000,- Fee ini sama dengan berkali lipat versi blogger untuk sebuah content placement. Tapi ya kembali lagi, ada harga untuk tulisan dan ada harga untuk blog yang dibangun. Sahabat bisa ambil sesuai kebutuhan.

4. Mendesain


Media sosial yang dari hari ke hari semakin memukau itu ditopang oleh keindahan desain. Entah hasil dari aplikasi apa saja. Satu yang populer adalah Canva. Nah, dari aplikasi ini bisa banget sahabat menghasilkan cuan, misalnya dengan desain logo online shop, desain akun instagram penjual, dan akun promosi lainnya. Duet desain kece dan tulisan memikat akan menjadi nilai tambah promosi diri sahabat ketika mengajukan kerjasama.

cara buat invoice online mudah dan gratis

Agar klien tertarik melakukan kerja sama


Saat mengajukan diri untuk sebuah bisnis, tentunya para pelamar membutuhkan pembeda agar lebih berkesan dan kans memenangkan persaingan. Apa saja itu?

1. Optimasi sosial media


Banyak klien yang mencari pekerja dengan memperhatikan akun sosial media. Oleh sebab itu penting bagi para pekerja online untuk memanfaatkan media sosial. Percantiklah dengan desain terbaik. Jangan pajang gambar sembarangan. Timbulkan kesan estetik dari setiap postingan.

2. Belajar dari webinar


Jangan merasa kecewa dengan webinar berharga fantastis. Banyak juga webinar yang mengundang mentor profesional, tapi free biaya pendaftaran. Jangan ketinggalan ikutan. Manfaatkan kesempatan dengan menuliskan hasil belajar di blog atau catatan pribadi. Hal ini untuk mencegah ilmu yang didapatkan menguap sia-sia.

3. Buat portofolio


Membuat blog adalah satu cara membuat portofolio. Sahabat jangan salah, ketika klien membutuhkan contoh tulisan, blog bisa membantu menampilkan tulisan sahabat. Terlebih jika blog tersebut sudah dioptimasi dengan DA, PA, DR, SS, dan traffic sesuai yang dicari.

4. Jalin silaturahmi


Saya beberapa kali mendapatkan pekerjaan online dari jalinan silaturahmi di media sosial. Hubungan hangat yang terjalin bisa mendatangkan rezeki tak terduga. Benar kan kalau silaturahmi itu dapat melancarkan rezeki dan memperpanjang usia.

5. Jangan malu unjuk diri di sosmed


Jangan sungkan untuk membagikan tulisan di media sosial. Bagaimana para sahabat online mengetahui kemampuan dan tawaran kita di bisnis yang sedang kita geluti jika tidak ada woro-woro? Mustahil, kan? Bagikan dan pancing komentar-komentar ringan teman atau pengikut akun media sosial.

6. Buat invoice yang menarik


Dalam satu pekerjaan online beberapa waktu yang lalu, saya ditagih untuk membuat invoice. Siapa sangka di zaman yang serba digitall ini kita nggak perlu lagi ribet jika dimintai faktur. Sahabat bisa gunakan layanan software akuntansi. Dengan pilihan paket yang cukup terjangkau, sahabat bisa buat invoice dengan mudah sehingga lebih baik dalam mengelola keuangan bisnis.

Kesimpulan


Selain yang saya tampilkan di atas, mungkin sahabat juga punya rekomendasi lain tentang ide bisnis online untuk pemula. Bisnis yang sejatinya bisa jadi merupakan bisnis pemula untuk anak muda. Dengan mengandalkan kekuatan silaturahmi media sosial, bisnis pemula di internet bisa dijalankan bahkan dari kamar saja.

1 komentar on " Berburu Bisnis Online, Pemula Wajib Tahu! "
  1. Banyak banget bisnis yang bisa dilakukan secara online apalagi itu sekarang menjadi pilihan karena mudah dan jangkauannya luas. Buat anak kuliah atau yang mau jadi freelancer sih ini pas banget, bisa dicoba terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9