Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Deretan Kampung Batik yang Menarik untuk Dikunjungi

Senin, 18 April 2022
Tidak hanya keindahan alamnya yang memikat, Indonesia memiliki segudang kekayaan budaya yang memesona. Salah satunya hadir lewat warisan budaya berupa batik. 

Batik memiliki motif yang beragam dan bisa ditemukan dari berbagai daerah di Indonesia. Batik dari masing-masing daerah biasanya memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan batik lainnya.

Jika ditelusuri, ada banyak daerah penghasil batik di Indonesia. Beberapa daerah yang dimaksud bisa berupa kampung batik yang bisa dijadikan lokasi wisata sekaligus tempat belajar membatik secara langsung. Contohnya seperti belajar membatik di Solo yang bisa dilakukan. 

Berikut adalah beberapa kampung batik yang ada di Indonesia.

kampung batik di indonesia

Kampung Batik Trusmi Cirebon


Kampung batik yang satu ini berada di Jawa Barat dan merupakan Kampung batik yang menarik untuk dikunjungi. Kampung batik Trusmi Cirebon ini terdapat lebih dari 3000 pengrajin yang bisa mengajari para pengunjung untuk membatik.

Tidak hanya menjadi sentra batik di Cirebon kampung ini juga dikenal dengan wisata kulinernya. Dengan demikian, selain belajar membatik para pengunjung yang datang ke kampung ini juga bisa berburu wisata kuliner yang ada.

Kampung Batik Kauman, Pekalongan


Kampung batik berikutnya ini merupakan salah satu sentra batik yang ada di Jawa Tengah tepatnya di Pekalongan. Tidak kalah menarik untuk dikunjungi selain Candi Borobudur yang juga berada di Jawa Tengah. Para pengunjung yang datang ke Kampung batik ini bisa melihat berbagai macam motif batik yang dihasilkan melalui teknik cap maupun tulis maupun gabungan dari keduanya.

Tidak hanya sekedar dijadikan tempat untuk berbelanja batik, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai pusat budaya. Tentunya sensasi membatik di sini tidak kalah menarik dengan menikmati aktivitas hotel view bagus di Jogja. Para pengunjung bisa belajar mengenai sejarah batik dan juga mencoba untuk membuat batik sendiri dengan bimbingan dari para pengrajin batik yang ada di kampung ini.

Kampung Batik Palbatu, Jakarta


Bagi warga Jakarta dan sekitarnya juga bisa melakukan wisata budaya dengan mengunjungi kampung batik palbatu Jakarta. Kampung batik ini berada di Menteng Dalam, Tebet Jakarta Selatan. Para pengunjung yang datang bisa menemukan sanggar di kampung ini yang bisa digunakan sebagai tempat belajar membatik.

Bagi para pengunjung yang ingin berbelanja batik di sini bisa membelinya di berbagai gerai yang tersedia. Ada beragam motif batik yang dijual mulai dari motif kembang api, motif topeng Betawi hingga motif burung gelatik buah rambutan. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing yang menarik perhatian.

Kampung Batik Lasem, Rembang, Jawa Timur


Kampung batik yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Di kampung ini para pengunjung yang datang bisa melihat secara langsung proses pembuatan batik. Batik yang dibuat di sini juga cukup unik karena motifnya begitu kompleks. Adapun warna yang menonjol yaitu merah biru dan juga hijau tua. Kesan berani terlihat jelas dari pemilihan warna tersebut. Pengunjung yang datang juga bisa merasakan dan mencoba membatik.

Kesimpulan


Itu dia 4 Kampung Batik yang bisa menjadi destinasi kunjungan di rangkaian acara liburan sahabat. Sambil berwisata, tentunya banyak ilmu yang bisa diambil, bukan?

Apalagi jika kunjungan dilakukan bersama anak dalam rentang usia sekolah dasar, tentunya hal ini akan menambah ilmu dan pengetahuan di usianya.

Belajar bagi anak di usia dini ibarat mengukir di atas batu. Ilmu lebih cepat menempel dalam ingatan. 

1 komentar on "Deretan Kampung Batik yang Menarik untuk Dikunjungi"
  1. Yg di Jakarta malah blum pernah euy, harus dikunjungi, nih. Batik memang memesona, ya. Aoalagi Indonesia punya bnyk ragam budaya. Corak batiknya jg, berbeda2. Thaks for sharing, mba

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9