Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Cara Atasi Speaker HP Kemasukan Air, Jangan Panik!

Rabu, 11 Mei 2022
Assalamu'alaikum, Sahabat Khansa.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di malam akad nikah salehah Nusaibah, Mutiea Siregar, sebuah kejadian tak mengenakkan dan nyaris membuat saya hilang mood terjadi. Ponsel ViVo V5 yang telah menemani sejak 2017 silam mendadak kehilangan daya di speaker. Saya pun jadi panik seketika. Padahal harusnya jangan begitu. Saya harus berusaha mencari cara atasi speaker HP kemasukan air.

Apa sebab? Ya, karena saat berangkat menuju kediaman, cuaca sedang dalam kondisi kurang baik. Saya yang sudah berniat sejak lama menghadiri acara ini pun mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ponsel sudah dibalut dengan bungkus plastik. Begitu sampai di tempat salah seorang teman bernama Kiki (kami akan berangkat bersama), ponsel langsung saya keringkan bagian LCD-nya.

Tepat ketika hujan mereda, kami pun menembus sisa dingin yang masih membalut udara. Tiba-tiba ada panggilan dari Vidia, salah seorang teman kami di Nusaibah juga. Prediksi saya, ia hendak mengabarkan posisinya sekarang. Namun, suara teman saya itu terdengar jauuuh sekali ditambah dengan nada speaker yang sangat lemah. Di situ saya tidak merasa khawatir, sebab mengangkat ponsel di atas sepeda motor.

Tiba di lokasi acara, saya ingin menelepon Uzy, teman kami yang satu lagi. Eh, ponselnya dalam keadaan tidak aktif, karena suara operator yang terdengar. Di sana saya baru menyadari apa yang terjadi.

"Speaker ponselmu kayaknya kena air!" ucap Vidia yang langsung membuat tubuh saya serasa lemas.

Lalu, Vidia memberikan beberapa tip yang pernah ia ujicobakan pada ponselnya yang pernah mengalami masalah serupa.

cara atasi speaker hape kemasukan air
sumber: https://pixabay.com/photos/hands-phone-smartphone-electronics-1851218/

Tip Kembalikan Speaker Ponsel Rusak Kemasukan Air Hujan


Tip berikut alhamdulillah berhasil mengembalikan speaker ponsel sehingga nggak perlu dibawa ke tukang reparasi.

Guncang ponsel dengan perlahan


Tip pertama, saya diminta untuk mengguncangkan ponsel ke arah bawah, sehingga bila ada air yang terperangkap di bagian speaker dan tempat colokan daya ponsel maka akan keluar. Guncangnya perlahan saja, ya. Karena ada juga sumber yang menyebutkan tidak baik membuat ponsel terguncang.

Embus speaker dan tempat colokan daya ponsel


Tip kedua, embus bagian speaker dan tempat colokan daya ponsel. Saya mengguncang dan mengembus secara bergantian.

Tiba-tiba, Vidia melihat kipas angin yang menyala di dekat acara. Ia pun menyarankan saya untuk mengganti cara meniup dengan mengarahkan bagian speaker dan tempat colokan daya ponsel ke kipas angin.

Saking nggak sabarnya, setelah kira-kira 10 menit cara itu saya lakukan, saya pun menghubungi nomor Uzy yang masih dijawab operator. Malang, suara Mba operator masih agak jauh. Sepertinya belum ada kemajuan dari usaha tersebut.

Namun saya tidak putus asa. Tindakan mengarahkan speaker dan tempat colokan daya ponsel saya lakukan lagi selama 10 menit kedua. Alhamdulillah, suara Mba operator mulai terdengar kembali seperti semula. Namun masih ada suara kresek-kresek.

Saya coba lagi di 10 menit ketiga. Benar saja, usaha ini membuahkan hasil. Suara Mba operator terdengar jernih! Seperti tanpa masalah.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Vidia.

Ohya, saya lupa sebutkan di awal bahwa ketika suara kresek-kresek muncul di awal tadi, saya membuka casing ponsel dan menemukan genangan air di sana. Ternyata saya abai pada bagian belakang ponsel karena hanya fokus mengeringkan bagian LCD. Mungkin jika sewaktu sampai di rumah Kak Kiki saya menyadari hal ini, maka tragedi kerusakan speaker ponsel tidak akan terjadi.

Rendam ponsel dalam timbunan beras


Selanjutnya, Vidia menyarankan untuk merendam ponsel di dalam beras. Karena di tempat acara saya kesulitan menemukan beras, maka ponsel yang sudah mulai membaik tersebut saya istirahatkan sampai tiba di rumah sakit tempat saya bekerja. Malam itu bertepatan dengan jadwal dinas malam. Jadi, selepas acara, saya langsung lanjut bekerja. Di ruangan tempat saya bertugas, ada sisa beras yang disediakan untuk petugas yang menjalankan ibadah puasa di Ramadan lalu.

Setelah direndam dalam timbunan beras selama kurang lebih 1 jam, ponsel saya benar-benar kembali ke keadaan normal. Alhamdulillah.

Semoga pengalaman ini menjadi yang pertama dan terakhir. Jika sahabat mampir pada postingan ini dan mencari cara atasi speaker HP kemasukan air, semoga masalah yang sahabat hadapi juga dapat teratasi, ya. (*)

2 komentar on "Cara Atasi Speaker HP Kemasukan Air, Jangan Panik!"
  1. Nah ini yang sering terjadi saat jatuh ke air pasti yang kena itu speaker, rawan memang. Hal pertama yang kulakuin ditaruh di beras, orang bilang bisa buat ngeringin. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Wah samaan kak. Saya jg pakai Vivo V5. Sampai sekarang jadi panas kalau terlalu sering dipakai. Karena Uda berkali kali di servis jg. Hihihihi

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9