Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Mengulang Kenangan Ternyata Tak Sesulit yang Digadang

Selasa, 20 September 2022
Seketika rindu kembali bergelayut di kalbu saat menuliskan artikel ini. Karena ia akan menceritakan tentang rindu yang banyak dan kenangan yang tak akan pernah usai. Ya, ini cerita tentang Papa, cinta pertama anak perempuan yang merasa hadirnya begitu berarti justru setelah beliau berpulang.

Papa tentu bukan seorang yang sempurna. Namun ia bisa menghadirkan hal-hal sederhana menjadi begitu berkesan.

Kenangan bersama Almarhum Papa


Mengulang kenangan membuat silky puding menggunakan Tiga Sapi Kental Manis

Contohnya ketika beliau memperkenalkan saya dan adik-adik pada pentingnya konsumsi susu, makanan berserat dan tentunya tontonan menarik.

Tiga hal itu menjadi secuil kenangan yang saya harap tak akan hilang sampai kapan pun. Malah menjadi penyemangat yang bisa saya tularkan pada ekosistem kehidupan berikutnya.

Kental Manis


Dulu, sebelum hiruk pikuk kental manis yang sebenarnya bukanlah susu tetapi sumber gula, saya dan adik-adik diberikan konsumsi kental manis dengan dalih menunjang kesehatan. Ekonomi saat itu menuntut seorang ayah untuk mencari alternatif lain ketika melihat para buah hati butuh nutrisi tetapi dengan pendapatan yang minim sekali.

Puding


Kudapan sederhana yang bisa dibuat dengan kilat adalah puding. Papa sering membuatkannya untuk kami terutama saat beliau sedang libur dinas.

"Agar-agar ini baik buat kesehatan. Biar kalian nggak lama kali di kamar mandi, tuh," ucap beliau dengan mimik wajah yang bisa bikin terpingkal. Saat menuliskan kalimat ini, saya jadi ingat pada logat melayu khas Tanjungbalai yang kerap Papa gunakan dalam bahasa keseharian.

Detective Conan


Film animasi yang menjadi favorit sampai kini adalah serial Detective Conan yang berasal dari negeri sakura. Ah, ahad pagi menjadi lebih semarak dengan berpikir kritis ala detective saat menyaksikan tontonan menarik ini.

Masa kanak yang sungguh indah dengan beragam kenangan sederhana tetapi sangat berkesan hingga dewasa.

Lantas, Papa pun berpulang dengan bahagia di usia yang ke-59 tahunnya. Agustus adalah bulan kelahirannya yang alhamdulillah sempat kami semarakkan di beberapa tahun terakhir sebelum kepulangannya menghadap sang Pencipta.

Kemudian, di Agustus ini pula saya dan adik ingin mengulang kenangan itu. Hingga kami memutuskan untuk membuat kudapan yang berasal dari tiga hal sederhana sepeninggal Papa, yaitu kental manis, puding, dan negeri sakura. Jatuhlah pilihan kami pada resep berjudul Silky Puding Jepang. Camilan dengan perpaduan ketiga kenangan bersama sang cinta pertama.

Silky Puding Jepang


Mengapa kami pilih resep ini? Tak lain dan tak bukan, karena dalam sederhana yang tersimpan dalam tiap bahan hingga proses pembuatan dan penyajiannya membuat haru di hati dan netra tak henti menuang kenangan.

Tentang Papa yang dalam guyonannya tetap berusaha memberikan nasihat agar kami lebih memperhatikan kesehatan. Ya, saya dan adik-adik kerap terserang konstipasi. Berlama-lama di kamar mandi menjadi hal yang lumrah terjadi.

Berikutnya, saya akan membagikan informasi tentang pentingnya serat bagi kesehatan.

3 Manfaat Serat Bagi Kesehatan Tubuh dan Sistem Pencernaan


manfaat serat

Tahukah sahabat bahwa serat merupakan salah jenis karbohidrat tepatnya karbohidrat kompleks. Tubuh tak bisa mengurai jenis karbohidrat kompleks ini menjadi molekul gula. Keberadaan serat sangat penting bagi tubuh karena memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat serat bagi kesehatan tubuh dan sistem pencernaan?

Peran besar serat bagi kesehatan sistem pencernaan salah satunya adalah membantu meningkatkan bakteri baik dalam usus. Dengan begitu tubuh akan memiliki daya tahan yang akan melindunginya dari serangan berbagai penyakit.

Serat merupakan karbohidrat kompleks yang tubuh butuhkan. Karena tak dapat dipecah dalam bentuk gula maka tubuh membutuhkan serat untuk mengikat air. Dengan mengikat air ketika serat dalam makanan bergerak menuju usus maka pencernaan akan menjadi lancar.

Ada beberapa manfaat serat untuk kesehatan tubuh dan juga sistem pencernaan. Manfaat tersebut yaitu:

1. Membantu melancarkan pencernaan


Barangkali sahabat pernah mengalami sembelit atau konstipasi. Sembelit atau kesulitan buang air besar adalah penyakit yang paling banyak terjadi pada manusia. Jika berlarut ini dapat mengakibatkan munculnya penyakit lain seperti wasir atau tersumbatnya usus karena feses yang mengeras.

Untuk mengatasi sembelit caranya adalah dengan mengonsumsi serat dari sayuran atau buah-buahan. Serat ini akan melancarkan pencernaan. Caranya dengan mengikat air pada usus besar. Inilah yang membuat feses menjadi lembut sehingga proses buang air besar menjadi teratur dan lancar.

2. Menjaga daya tahan tubuh


Konsumsi cukup serat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Agar tubuh cukup serat sahabat memerlukan sekitar 25 – 35 gram serat harian. Serat yang cukup ini akan membantu memelihara mikroba baik dalam usus. Mikroba akan membantu proses pemecahan serat menjadi asam sehingga meningkatkan aktifitas sel-sel imun.

3. Membantu menormalkan kadar gula darah


Manfaat serat bagi kesehatan yang tak kalah penting adalah membantu menormalkan kadar gula darah. Bagaimana bisa? Serat dapat memperlambat proses pencernaan makanan terutama jika sahabat mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Dengan proses cerna yang lambat maka kadar gula darah tidak melonjak drastis.

Tak hanya tiga ini, masih banyak lagi manfaat serat bagi kesehatan tubuh dan sistem pencernaan. Bagi sahabat yang sedang diet, konsumsi serat juga bisa membantu membuat berat badan ideal. Pasalnya dengan konsumsi serat akan membuat sahabat merasa kenyang lebih lama.

Itulah 3 manfaat serat bagi kesehatan tubuh dan sistem pencernaan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa cukupi kebutuhan serat harian sahabat dan keluarga.

Pentingnya manfaat serat ini membuat puding menjadi camilan sederhana penuh makna yang setia menemani hari-hari kami. Sepulang dinas, sebelum magrib menjelang, saya bisa membuatnya. Lalu, menikmati rasa khas puding di malam hari saat santai menikmati waktu berkualitas bersama adik dan mama.

Kreasi resep Tiga Sapi Silky Puding Jepang


Challenge Cerita Tiga Sapi

Setelah menguraikan alasan di balik pemilihan resep dessert ini, selanjutnya saya akan masuk pada pembahasan bagaimana cara membuat Kreasi resep Tiga Sapi yang satu ini?

Untuk membuat kudapan ini, sahabat perlu mempersiapkan Tiga Sapi Kental Manis dan bahan-bahan lain yang diperlukan seperti:

  • 4 gram bubuk agar-agar tanpa rasa atau plain. Saat Kreasi resep Tiga Sapi saya juga menggunakan Nutrijell. Jadi, sahabat bisa memilih sesuai selera, ya.
  • 150 gram Tiga Sapi Kental Manis. Jumlah ini juga bisa berubah sesuai selera. Saya menggunakan takaran ini untuk hasil puding dengan cita rasa manis yang tidak terlalu tinggi. Bagi sahabat penyuka rasa manis, boleh ditambah takarannya, ya.
  • 700 ml air

Cara mudah membuat Kreasi resep Tiga Sapi Silky Puding Jepang


Tiga Sapi Kental Manis

Untuk membuat cairan puding, masukkan air, bubuk agar-agar, Tiga Sapi Kental Manis, ke dalam panci. Lalu masak dengan api kecil sambil diaduk hingga tercampur merata. Jika seluruh bahan sudah tercampur, matikan api.

Tuang cairan puding ke dalam wadah puding. Sahabat bebas menggunakan berbagai wadah sesuai kreasi.

Diamkan puding yang sudah dituang di suhu ruang hingga padat dan tidak panas. Selanjutnya, sahabat bisa memasukkan puding ke dalam kulkas agar semakin nikmat dikonsumsi.

Cukup gampang, bukan? Bahkan kudapan ini bisa diciptakan dalam beberapa menit saja. Ya, butuh kesabaran saat proses pembekuan puding, sih.

Mengapa menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis


Mencoba Kreasi Resep Tiga Sapi menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Tiga Sapi Kental Manis merupakan salah satu produk Indofood yang dihadirkan dengan segala kebaikan susu dan ekstra vitamin, sehingga menghasilkan rasa lezat gurih yang pas. Tiga Sapi praktis dan ekonomis ini sangat tepat untuk melengkapi makanan dan minuman spesial keluarga tercinta.

Tiga Sapi praktis dan ekonomis membantu kita menyajikan hidangan terbaik. Dengan kemasan Tiga Sapi Kental Manis 490 gram yang bisa didapatkan dengan harga Rp12.000,- kita bisa mengenang hidangan sederhana dan mewujudkannya secara kekinian tanpa menghilangkan esensi di balik cerita.

Tiga Sapi Kental Manis ini termasuk mudah ditemukan di mana-mana, grosir, toko kue, minimarket, supermarket, hingga toko online. Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis. Manfaat yang dimiliki yakni sebagai sumber kalsium, vitamin D3, vitamin A, dan vitamin B1. 

Sebagai penyuka kental manis sejak dahulu saya sadar bahwa sumber kalsium dari Tiga Sapi Kental Manis punya peran dalam mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Sangat bisa dimanfaatkan sebagai campuran kue, roti, serta aneka makanan dan minuman lainnya. Dapat sehatnya, dapat pula lezatnya, ya, kan? 

Produk Baru, Tiga Sapi Susu Evaporasi


Nah, Indofood dengan produk Tiga Sapi terus berinovasi memberikan yang terbaik bagi konsumen. Tiga Sapi Susu Evaporasi nikmat sebagai pelengkap minuman seperti kopi, thai tea dan makanan seperti gulai, soto, kue, roti, puding, dan lainnya.

Sebagai informasi, untuk wilayah Sumatera Utara, tampaknya Tiga Sapi Susu Evaporasi belum tersedia di toko offline. Oleh sebab itu, sahabat bisa membeli secara online di marketplace terdekat biar ongkir lebih irit, ya.

Saya sendiri mendapatkan produk ini dengan harga Rp15.000,- dengan kemasan 500 gram. Dengan harga lebih hemat dan isi lebih banyak, susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia ini bikin kita bisa berkreasi dengan saling unjuk resep pilihan, misalnya melalui Kompetisi Foto Tiga Sapi yang bertajuk Challenge Cerita Tiga Sapi. Wow, seru, ya.

Buat sahabat yang mungkin baru saja berkenalan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini, mungkin akan berpikir, produk ini cocok buat apa saja, ya? Nah, susu yang diproses dengan Higienis ini memiliki rasa creamy yang pas, pasti gurih lezat, dan lebih sehat. Selain menggunakan Tiga Sapi Kental Manis, sebenarnya saya juga mencoba membuat hidangan dengan resep yang sama menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Dan hasilnya? Memang rasa puding jadi semakin lezat.  

Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan Susu Tanpa Lemak yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu. Kemasan kotak produk ini mudah ditutup kembali. Susu yang cocok sebagai bahan masakan atau campuran minuman seperti roti, kopi, puding, soto ayam, atau dessert lainnya. Ohya, Tiga Sapi Susu Evaporasi ini juga bisa digunakan sebagai pengganti santan, lo. Wah, jadi makin mupeng buat Kreasi resep Tiga Sapi lainnya lagi, nggak, sih?

Kompetisi foto Cerita Tiga Sapi


Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis

Sahabat bisa menghadirkan hidangan pilihan dengan menggunakan Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi dalam kompetisi foto Cerita Tiga Sapi, periode 9 - 30 September 2022, di Official Instagram Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dengan memberikan hashtag #ceritatigasapi 

Pada kompetisi ini sahabat cukup meng-upload testimoni dagangan yang menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi. Cara ikutan kompetisi ini cukup mudah, kok, yaitu:

  • Follow akun Instagram Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dan fanpage Facebook Tiga Sapi
  • Upload testimoni dagangan sahabat yang menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • Tag @lezatnyatigasapi dan 3 orang teman
  • Pastikan akun instagram sahabat tidak di-private.
  • Sertakan hastag #ceritatigasapi

Bagi 5 Pemenang yang beruntung tersedia saldo OVO/Gopay total Rp 5.000.000 dan paket spesial dari Tiga Sapi! 

Ohya, 4 orang pemenang mingguan juga bisa mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 250.000, lo.

Jangan sampai terlewat buat ikutan!
Setiap insan punya kenangan. Banyak hal sederhana bisa diciptakan untuk membuatnya terus hidup dalam ingatan.

Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi membantu kita menghadirkan banyak cinta dalam tiap makanan dan minuman. Saya tunggu cerita seru sahabat dalam Challenge Cerita Tiga Sapi, ya! Jangan lupa untuk ikutan dan menangkan kompetisinya!
9 komentar on "Mengulang Kenangan Ternyata Tak Sesulit yang Digadang"
  1. Kenangan sama seseorang yang berarti dalam hidup itu berharga banget, ya, walaupun diulang tetap beda rasanya saat seseorang itu enggak ada. Tapi, wah enak ini kayaknya puddingnya dari susu tiga sapi, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba Nisa. Alhamdulillah, lewat hal sederhana bisa menyejukkan hati. Membersamai kenangan yang tak akan pernah usai.

      Hapus
  2. Saat cuaca panas dan mood lagi down paling enak makan makanan manis, pudingnya bikin ngilerrr

    BalasHapus
  3. Sempat pakai tiga sapi buat bahan baku es kepal. Tapi makin kesini makin mahal per kardusnya, sampai akhirnya ga available di toko tempat kulak.

    BalasHapus
  4. Aih mantap sekali resepnya mbak. Coba praktik ah nanti di rumah.

    BalasHapus
  5. Sudah lama saya nggak bikin pudding. Resep ini simpel dan layak banget dicoba. Anak pastinya bakal suka. Nggak anak, ya ortunya ikut menikmati ☕

    BalasHapus
  6. Fixed jadi ada referensi lain utk campuran selai roti pagi hari... trims infonya kak.. bisa dicoba nanti 🙏🙏

    BalasHapus
  7. Mbaakkk, saya jadi ingat juga sih kenangan beberapa makanan kesukaan saya dan mendiang papa saya yang baru saja berpulang sebulan lalu. Benar-benar bikin kangen yaaa ❤️❤️❤️

    BalasHapus
  8. Bapaknya so sweet banget ya Mbak, sedang libur malah sibuk di dapur bikin puding untuk anak-anak, jadi kenangan terindah dari bapak, pudingnya kayaknya enak banget nihhh warnanya juga cantik

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9