Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

5 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Rabu, 21 September 2022
Berbicara tentang Medan memang tidak ada habisnya. Mulai dari wisata alamnya yang asri hingga kulinernya pun, Medan memang jadi juaranya. Tak lupa, oleh-oleh Medan juga banyak jadi perhatian karena sangat beragam, baik dari makanan maupun ke pernak perniknya. Wajar saja jika banyak wisatawan yang bertandang ke Medan dan membawa segudang oleh-oleh khas yang menarik.

Oleh-oleh khas Medan


Oleh oleh khas Medan apa saja?

Jika sahabat penasaran, memangnya ada oleh-oleh apa saja di Medan, yuk kita ulik hari ini!

Ulos


Siapa yang tidak tahu dengan kain tradisional khas Sumatera Utara ini? Ulos tersedia dalam berbagai motif, tergantung dari tujuannya. Ada ulos sibolang yang biasa digunakan untuk beribadah, ulos ragi hotang yang kerap digunakan saat pernikahan dan kelahiran bayi laki-laki, dan ulos ragi hidup yang biasanya digunakan oleh kaum pria. 

Berbeda daerah, berbeda pula motif ulosnya. Misalnya pada ulos Batak Toba tentu berbeda dengan ulos Batak Mandailing. Jika ingin memberi oleh-oleh berupa ulos, sahabat bisa mendatangi Pematang Siantar atau Danau Toba tepatnya di Tomok.

Durian Ucok


Salah satu oleh-oleh yang populer dan dinanti-nanti oleh para penggemar durian, apa lagi kalau bukan Durian Ucok. Kedai durian ini berlokasi di Jalan Wahid Hasyim, Medan. Tiap harinya, Durian Ucok selalu ramai pembeli dan selalu ada stok yang tersedia. 

Sahabat ingin membeli durian utuh sebagai oleh-oleh tapi khawatir dengan aromanya? Tenang saja, karena durian yang sahabat beli akan dikemas di dalam kotak yang sudah dilengkapi kopi dan daun pandan agar aroma duriannya tersamarkan.

Kopi Sidikalang


Kopi Sidikalang disebut-sebut sebagai kopi Medan terkenal. Wajar saja karena Sidikalang adalah daerah penghasil biji kopi robusta terbaik dengan kafein yang cukup tinggi. 

Walau kafeinnya tinggi, kopi ini tetap bisa dikonsumsi bagi sahabat yang memiliki masalah lambung karena tingkat keasamannya rendah. Kopi ini juga mempunyai aroma coklat dengan after taste yang lama tertinggal di dalam mulut.

Bika ambon


Bika ambon memang terkenal sebagai makanan tradisional yang hampir selalu muncul tiap acara di Indonesia. Namun tahukah sahabat bahwa bika ambon bukan berasal dari Ambon? Ya, kue ini aslinya berasal dari Medan. 

Dengan rasa manis nan legit, bika ambon kerap menjadi oleh-oleh favorit yang wajib dibeli. Di Medan, sahabat bisa menemukan bika ambon merek Zulaikha yang terkenal enak dan banyak variannya.

Manisan jambu


Jambu biji biasanya dinikmati dalam keadaan mentah segar. Namun ternyata jika dibuat menjadi manisan, rasanya tetap nikmat, lho. Jambu yang digunakan dalam manisan ini adalah jambu Bangkok yang ukurannya cukup besar. Supaya manisan jambu bisa dijadikan oleh-oleh, sebaiknya beli dalam bentuk yang masih bulat karena daya tahannya bisa sampai 3 hari.

Penutup


Itu dia 5 oleh-oleh khas Medan yang wajib dibawa pulang. Medan memang menyimpan sejuta kenangan bagi saya. Kota yang menorehkan banyak rekam jejak impian. Kota penuh haru akan perjuangan masa lampau. 

Oleh-oleh khas Medan akan selalu menjadi cendera mata tak tergantikan sebagai pelepas kerinduan. Horas!

Be First to Post Comment!

Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9