Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang untuk Investasi Masa Depan

Kamis, 22 September 2022
Tubuh manusia ditopang oleh kerangka yang disusun oleh rangkaian tulang. Sahabat tentu bisa membayangkan bagaimana jika tubuh manusia tidak ditunjang oleh kehadiran tulang-tulang? Wah, jangan sampai, deh, ya.

Apa saja guna tulang? Selain membentuk rangka tubuh, tulang juga berperan dalam melindungi organ-organ penting.

Saya jadi ingat ketika adik mengalami kecelakaan sepeda motor beberapa waktu yang lalu. Ia mengalami patah tulang iga. Alhamdulillah, perawatan yang tepat membuat adik saya kembali bisa beraktivitas normal. Tulang yang patah tidak membuat bagian organ vital mengalami gangguan. Karena faktor usia pula, percepatan pertumbuhan tulang bisa segera terjadi.

Adalah sebuah hukum alam bahwa usia manusia akan mempengaruhi kondisi kepadatan tulang. Kadar kalsium yang semakin menipis mau tidak mau mengakibatkan kepadatan tulang ikut mengalami penurunan.

Kabar baiknya, dengan menjalani gaya hidup sehat, kesehatan dan kekuatan tulang bisa dipertahankan.

Cara menjaga kesehatan tulang


Bagaimana cara menjaga tulang agar tetap sehat

Gaya hidup seperti apa yang bisa membuat kesehatan tulang senantiasa terjaga? Berikut ulasannya.

1. Jangan abai pada olahraga!


Penelitian bilang bahwa tulang seseorang yang jarang digunakan untuk bergerak bisa mengakibatkan osteoporosis. Tulang yang keropos ini tentu bisa saja terjadi terlalu dini pada kondisi seseorang yang sering mager alias malas gerak.

Jika selama ini sahabat jarang olahraga, alangkah lebih baik untuk mencoba lebih aktif bergerak dengan melakukan olahraga secara rutin. Gunanya tentu untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Olahraga yang baik untuk kepadatan tulang tak harus mahal dan membutuhkan banyak peralatan. Sahabat bisa jogging, jalan santai atau yoga.

Mulai sekarang yuk kurang aktivitas rebahan yang kurang penting. Karena kesehatan tulang di masa depan adalah hasil panen dari semaian bibit di masa kini, kan?

2. Jangan anggap sepele aktivitas berjemur!


Almarhum ayah punya kebiasaan mencangkul rumput-rumput di halaman setiap Minggu pagi. Kadang saya heran, setelah enam hari bekerja di kantor, mestinya hari libur bisa diisi dengan bersantai, ya, kan? Tapi tidak bagi beliau.

Setelah merapikan halaman dari rumput liar sekitar lima belas menit, baru beliau menik menikmati sarapan sambil membaca koran.

Matahari pagi bagus untuk kesehatan tubuh

Itu yang beliau katakan.

Sampai akhirnya pada suatu ketika saya mengetahui bahwa matahari pagi merupakan sumber utama vitamin D alami yang bagus untuk kesehatan tulang.

3. Sarapan jangan tunggu lapar!


Saya kadang mengabaikan sarapan dengan alasan terburu-buru. Padahal ini karena manajemen waktu yang buruk.

Bagaimana mungkin bisa aktif bergerak menjalankan rutinitas jika input sebagai sumber energi tidak terpenuhi? Ya, sarapan dengan susu, sereal, telur dan bahan makanan yang mengandung vitamin D sama sekali tidak boleh dilewatkan apapun alasannya.

4. Kurangi konsumsi kafein


Sahabat penyuka kopi? Nah, sebagai informasi, bahwa kafein bisa menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh, lo! Di satu sisi sahabat sudah berusaha maksimal untuk memenuhi kebutuhan kalsium demi menjaga kesehatan tulang. Di sini lain kafein tetap dikonsumsi.

Maka, sahabat bisa mulai mengurangi konsumsi kafein, ya. Tidak perlu langsung stop mendadak, kok. Mengurangi konsumsi kafein secara bertahap dan mengonsumsi lebih banyak air putih jauh akan lebih baik.

5. Suplemen vitamin D akan sangat membantu


Saya lupa tepatnya kapan. Seingat saya waktu itu usia masih sangat belia ketika Uwak yang berprofesi sebagai dokter menyarankan almarhum ayah untuk mengonsumsi suplemen kesehatan.

Makanan telah diupayakan semaksimal mungkin yang dapat mendukung kesehatan tulang. Namun ada kalanya kondisi tertentu membuat pemenuhan tersebut tidak terlaksana.

Orang dewasa membutuhkan asupan kalsium 1.000 - 1.200 miligram per hari, sedangkan asupan vitamin D sebanyak 15–20 mikrogram atau sekitar 600–800 IU per hari. Untuk menjaga kadar normal tersebut, suplemen vitamin D punya peranan penting.

CDR Orange


Suplemen kesehatan untuk menjaga kesehatan tulang yang saya rekomendasikan adalah CDR Orange. Suplementasi tulang ini mengandung kalsium, Vitamin C, D, dan B6 dengan rasa jeruk segar.

Saat ini tersedia empat varian yang bisa menjadi pilihan. Di toko swalayan dekat rumah, saya bisa membeli varian-varian yang ada sesuai kebutuhan.

  • CDR Orange strip 2s
  • CDR Orange tube 10s
  • CDR Orange tube 15s
  • CDR Orange tube 20s

Penutup


Kesehatan tulang harus senantiasa dijaga dengan tidak pernah lalai pada cara menjaga kesehatan tulang. Selain melakukan pemenuhan kebutuhan kalsium dari sumber makanan, kita juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D seperti CDR Orange yang variannya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Be First to Post Comment!

Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9