Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Enyah Kuman Penyebab Penyakit dengan Mudah

Minggu, 11 September 2022
Bakteri penyebab penyakit bisa saja tumbuh bahkan dari tempat yang terlihat bersih. Untuk membasmi kuman penyakit kita bisa menggunakan disinfektan. Salah satu bahan pembuat disinfektan adalah wipol. Cara membuat disinfektan dari wipol juga ternyata cukup mudah, lo!

Kenali Bakteri yang Mengintai di Rumah


cara buat disinfektan

Bakteri yang tinggal di rumah bisa jadi berasal dari tubuh penghuninya. Nah, berikut bakteri yang bisa jadi mengintai dan menyebabkan masalah kesehatan pada manusia.

1. Bakteri Staphylococcus


Bakteri Staphylococcus mudah ditemukan di berbagai tempat. Staphylococcus berada di kulit, saluran pernapasan dan rambut. Bakteri berbentuk bundar ini dapat menimbulkan infeksi pada kulit, racun di makanan, dan berbagai penyakit lain.

2. Bakteri Pseudomonas


Bakteri Pseudomonas mudah berkembang di tanah, air, dan tanaman. Apabila bakteri berbentuk batang ini menyerang individu yang memiliki imunitas rendah, maka bisa jadi menyebabkan infeksi serius.

3. Bakteri Staphylococcus dan Streptococcus


Bakteri Staphylococcus dan Streptococcus mudah dijumpai di rumah. Kedua bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan dan kulit.

4. Bakteri E. coli


Bakteri E. coli biasanya ditemukan pada saluran pencernaan manusia. E. coli dapat dengan muudah berkembang pada kamar mandi yang tidak rutin dibersihkan. Bakteri ini bisa menyebar dengan cepat sehingga menimbulkan infeksi.

Bakteri-bakteri tersebut dapat menimbulkan gejala penyakit yang serius jika kita tidak segera mengantisipasi penyebaran bakteri tersebut.

Bersih Rumahku, Sehat Aku dan Keluargaku


Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan. Meskipun sederhana, jika rutin dilakukan terlebih oleh seluruh anggota keluarga maka dampaknya akan luar biasa.

1. Menjaga kebersihan diri


Kebersihan diri tentunya dimulai dari diri pribadi untuk selanjutnya dapat ditularkan kepada anggota keluarga. Misalnya, dengan rutin membersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

2. Membersihkan rumah secara teratur


Membersihkan rumah adalah suatu keharusan, terlebih pada tempat-tempat yang sering menjadi tempat bersarangnya kuman. Namun bisa jadi tindakan ini kurang efektif jika penghuni rumah hanya melakukan pembersihan di saat-saat tertentu saja.

3. Memperhatikan kebersihan benda sekitar


Beberapa benda sering disentuh oleh banyak orang karena digunakan sebagai fasilitas publik. Misalnya, remot televisi dan pegangan pintu. Namun ada juga benda pribadi dengan intensitas sentuh sangat tinggi seperti ponsel. Mencuci tangan tetap menjadi cara efektif dalam meminimalisir penyebaran kuman penyakit.

4. Membuat disinfektan dari wipol


Disinfektan terbukti ampuh membasmi kuman penyakit. Cara membuatnya juga cukup mudah. Ya, di tengah rutinitas yang pada dalam keseharian, tentunya kita juga membutuhkan bahan pembersih dengan kualitas bagus tetapi dapat dibuat dalam waktu seefektif mungkin.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat disinfektan dari wipol


  • 2 gelas air bersih
  • 240 ml atau 2,5 sdm wipol
  • 1 botol kaca lengkap dengan penutup
  • 1 botol semprot plastik
  • Gelas ukur
  • Sarung tangan karet
  • Lap kain lembab

Cara membuat disinfektan dari wipol


Perlu menjadi perhatian bahwa cara ini sebaiknya dilakukan di tempat terbuka atau di dalam ruangan yang memiliki ventilasi cukup. 

Gunakan sarung tangan karet sebagai langkah perlindungan diri. Jangan lupa untuk segera mengelap sisa/tumpahan wipol. 

  • Tuangkan wipol yang telah diukur sesuai ketentuan ke dalam botol kaca.
  • Tuangkan air bersih ke dalam botol kaca yang sudah diisi wipol.
  • Tutup rapat botol. Kemudian kocok perlahan sampai air dan wipol tercampur rata.
  • Tuang campuran air dan wipol ke dalam botol semprot.
Cairan disinfektan dari wipol siap digunakan! Benar-benar mudah dan murah, kan?

Mari, terus jaga kebersihan rumah kita! Jangan biarkan bakteri menari-nari bahagia di rumah. Selamat mencoba cara membuat disinfektan dari wipol, ya!

Be First to Post Comment!

Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9