8 Cara Mudah Menulis Artikel SEO

Daftar Isi
Halo, sahabat Khansa. Menulis artikel SEO mudah atau susah, sih? Jawabannya bisa relatif. Susah karena kita kita belum terpapar ilmunya dan gampang bahkan super gampang jika ilmunya sudah kita dapatkan. Apalagi jika ilmu tentang SEO atau Search Engine Optimization itu disampaikan begitu gamblang oleh sang mentor.

Kelas Menulis Joeragan Artikel


Kelas Menulis Joeragan Artikel

Sebenarnya saya sudah ikutan kelas cara membuat artikel SEO beberapa waktu yang lalu. Kelas tersebut dimentori oleh Mbak Malica Ahmad juga. Terus kenapa mendaftar di kelas yang sama, ya? Hihihi, Ibu tunggal Arya dan Khanza malah juga sempat bilang, “untuk pemula, Mba. Jangan buang-buang dana!” Lha, saya jawab kalau diri ini juga masih pemula. Saya yakin kelas yang dimentori wanita penyuka tantangan ini nggak ada yang sia-sia. Jadi, saya nekat mendaftar!

Benar saja keputusan tersebut. Karena bagi saya, men-charge ilmu itu sangat penting. Kita bisa ikutan banyak kelas, kita bisa menggunakan bujet kelas menulis untuk mengikuti kelas ‘senada’ tetapi kita juga mesti punya rencana besar untuk apa output kelas tersebut. Sejauh mana bermanfaat bagi kita.

Nah, kelas menulis artikel Joeragan Artikel ini adalah sebuah input bagi Rekam Jejak Sang Pemimpi untuk pertumbuhannya sendiri beserta ‘adik-adiknya’ yang masih dalam masa pertumbuhan.

Menulis Artikel Joeragan Artikel


Bagaimana cara menulis artikel Joeragan Artikel? Cara menulisnya tentu harus ramah mesin pencari alias sesuai standar SEO agar website Joeragan Artikel bisa sampai ke lebih banyak pembaca. 

Artikel-artikel di website tersebut sudah oke. Nah, jika kelak sewaktu magang di sana kita juga menerapkan tip menulis artikel SEO itu artinya kita turut membangun Joeragan Artikel.

Cara Membuat Artikel SEO, Artikel Jadi Cepat Melesat


menulis artikel seo bersama malica ahmad

Selanjutnya tentu sebagai penulis yang kelak akan berkecimpung membersamai tumbuh kembang artikel Joeragan Artikel, harus mampu menulis artikel SEO.

Kemahiran penulisan artikel SEO sangat berguna dalam kepenulisan karena peranannya yang ternyata begitu penting, yakni bisa menampilkan artikel di page one google, menaikkan traffic bahkan bisa menjadi promotor 24 jam.

Dalam dunia digital yang bergerak masif ini, tulisan bisa dijadikan sebagai sarana penjualan secara gratis berkat bantuan teknik SEO. Oleh sebab itu banyak penulis yang berlomba-lomba mempelajari teknik ini. Entah digunakan sebagai bisnis pribadi atau bisnis orang lain.

Dalam kelas optimasi artikel untuk pemula yang digelar pada 16 Januari 2023 kemarin, blogger penyuka kopi ini memberikan langkah-langkah penulisan artikel SEO.

1. Riset Kata Kunci


Cara pertama dan paling utama saat menulis artikel SEO adalah riset kata kunci. Kata kunci di sini adalah gabungan beberapa kata yang sering dicari pengguna internet, misalnya: cara menjaga kesehatan mata, cara mencuci dengan cepat, cara menabung tanpa harus mengurangi jajan, cara bertubuh langsing dengan tetap makan banyak. Eh, skip contoh terakhir, ya. Hahaha.

Begitulah contoh kata kunci. Jadi, sebelum mulai menulis artikel, sahabat bisa menentukan deretan kata tersebut, ya.

Untuk mencari kata kunci ini, kita bisa menggunakan beberapa tools, seperti ubersuggest, google trends, keyword tools, LSI google, dan beberapa tools lain.

2. Optimasi Title Tag


Untuk membuat judul agar artikel bisa menarik di mata laman mesin pencari juga ada tipnya, ya, sahabat, yakni:
  • harus mengandung 60 - 75 karakter
  • harus mengandung satu kata kunci

3. Optimasi kata kunci heading


Heading merupakan kata lain dari penajukan yang artinya penanda yang digunakan untuk membedakan judul dan sub judul dalam sebuah konten tulisan.

4. Optimasi kata kunci url artikel


Yang disebut url adalah alamat konten tulisan. Dengan meng-klik alamat tersebut, maka pengunjung akan memasuki tulisan lengkap. Sesuai standar SEO, kata kunci pada url cukup 55 karakter saja, ya. Salah satu tools yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah kata atau karakter tulisan adalah https://charactercalculator.com/

5. Optimasi gambar


Cara optimasi gambar dengan memasukkan kata kunci pada teks alternatif dan teks judul. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saya sendiri memilih ukuran ekstra besar karena sesuai dengan tampilan blog ini.

6. Optimasi meta deskripsi


Meta deskripsi merupakan tag html yang isinya menggambarkan penjelasan singkat isi suatu halaman blog. Cara optimasinya adalah dengan menuliskan kata kunci beserta beberapa keterangan yang diperlukan dengan jumlah karakter maksimal 150.

7. Optimasi eksternal dan internal link


Eksternal link adalah sebuah tautan yang disisipkan pada artikel dan ketika diklik akan menuju blog atau web lain.

Sebaliknya, internal link adalah tautan yang disisipkan pada artikel, tetapi ketika diklik akan menuju artikel lain yang berada dalam blog atau web itu sendiri.

8. Optimasi kata kunci artikel


Cara ini menjadi andalan dalam sebuah tulisan yang diniatkan bersaing di laman pertama mesin pencari, yakni:
  • letakkan kata kunci utama di 100 kata paragraf awal
  • letakkan kata kunci utama pada heading
  • letakkan kata kunci turunan pada badan artikel
  • letakkan kata kunci utama di 100 kata paragraf akhir

Nah, menulis artikel SEO mudah, bukan? Jika dibaca sepintas bisa jadi terlihat rumit. Artinya, kita harus praktik tahap demi tahap. Jika gagal, ulang lagi. Gagal lagi, ulang lagi. Begitu seterusnya sampai berhasil. 

Para ilmuwan bahkan mengalami jumlah kegagalan tak terkira hingga mampu menyematkan nama di belantara dunia.

Jadi, jangan anggap kegagalan sebagai musuh!

Menulis Artikel SEO bersama Malica Ahmad


Menulis artikel SEO edisi ke sekian bersama blogger penyuka jalan-jalan ini sungguh bikin nagih. Jika di kemudian hari beliau diundang sebagai mentor, saya khawatir nggak bisa menahan diri untuk ikutan lagi. Jangan dilarang, ya, Mba! Hahaha.

Saya mendapatkan banyak ilmu yang tentu saja bernilai ‘mahal’. Dari segi biaya yang dikeluarkan untuk kelas ini alhamdulillah saya mendapat privilege sebagai reward atas kemenangan maraton menulis artikel yang menyematkan nama saya sebagai jawara. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada sang founder, Ummi Aleeya.

Ilmu ini Insyaallah akan diterapkan untuk Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Jurus Kerja, dan Layar Tambat. Dengan perencanaan konten blog yang matang, semoga banyak impian terkait rumah maya ini yang kelak menjemput nyata.

Kelas menulis Joeragan Artikel menjadi salah satu kelas terbaik yang saya rekomendasikan buat sahabat yang ingin menggali ilmu penulisan artikel lebih dalam lagi. Mentor yang juga seorang ghost writer ini akan memberikan penjelasan dengan detail, berupa chat, audio, hingga video pendek. Para peserta dibuat terpukau dengan cara mengajar beliau. Karena sering terkena distraksi saya sering harus scroll panjang ketika kembali ke kelas belajar online yang digelar via WhatsApp grup tersebut.

Apakah sahabat juga ingin membangun blog dengan menulis artikel SEO yang bisa melanglang dunia? Semoga ada Kelas Menulis Joeragan Artikel lagi di masa mendatang, ya!

Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

6 komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Comment Author Avatar
28 Januari 2023 pukul 09.52 Hapus
Terima kasih, Mbak. Semoga semangatnya menular ke saya🥰
Comment Author Avatar
1 Maret 2023 pukul 08.35 Hapus
Aamiin. Insyaallah kita terus semangat kejar dan raih ilmu, ya, Mba :)
Comment Author Avatar
3 Februari 2023 pukul 20.00 Hapus
Ilmu di kelas ini emang daging semua ya, mbak 🤩
Mantul pokoknya 👍🏻
Comment Author Avatar
1 Maret 2023 pukul 08.36 Hapus
Beruntung banget kita bisa tergabung di kelas ini, ya, kan, Mba :)
Comment Author Avatar
12 Februari 2023 pukul 20.41 Hapus
saya juga pernah ikut kelas optimasi artikel yang dimentori mbak Malica, keren ilmunya, sabar banget menjelaskannya, seo tuh seru-seru sedap ya
Comment Author Avatar
1 Maret 2023 pukul 08.37 Hapus
Banget, Mba. Klo udah ngulik sering lupa waktu, ya, kan. :)