Usaha Jasa Undangan Digital Melesat dengan iReap

Daftar Isi
“Kak, desain undangan Ca kayak gini aja, ya,” sebuah pesan pribadi WA masuk hari itu.

Sebenarnya saya nggak terlalu terkejut karena memang pernah menawarkan pembuatan undangan digital pada teman saya ini. Ternyata setelah hari H tiba, dia ingat juga. 

Sejujurnya saya belum pernah sih bikin undangan digital buat siapapun. Pasca belajar desain undangan digital beberapa waktu yang lalu, saya memang jadi kepikiran memulai salah satu jenis usaha jasa ini. Sepertinya gampang sih berdasarkan hasil belajar kemarin, hehehe. Jelas karena yang ngajar juga seorang yang sudah ahli di bidangnya. 

Usaha Jasa Undangan Digital


Usaha Jasa Undangan Digital

Lantas apakah memang bisnis undangan digital ini menguntungkan? Seperti apakah pertimbangan saya selama ini.

1. Undangan digital banyak permintaan


Alhamdulillah, kecanggihan teknologi selama ini begitu memudahkan banyak hal, termasuk mengirimkan surat undangan. Saat seseorang memutuskan menikah, ia pun bermaksud mengirimkan undangan pada teman, kerabat, dan kenalan. Namun jarak yang tak lagi bisa terjangkau membuat orang tersebut perlu mengirimkan undangan digital.

Jika dikirimkan secara fisik, tentu ada biaya ekspedisi lagi. Belum lagi waktu yang bisa jadi cukup lama, padahal undangan harus dikirimkan segera.

2. Undangan digital sesuai era kekinian


Saat ini apa-apa diposting di media sosial bisa pula sebagai ajang branding. Menunjukkan siapa kita, apa prestasi kita, dan bagaimana kabar kita. Dengan adanya undangan digital ini pasangan yang akan melangsungkan pernikahan bisa mengunggah undangannya di media sosial. Desain undangan dapat dibuat sesuai keinginan.

3. Undangan digital akan punya umur panjang


Nah, terkait hal ini saya kira karena sepanjang adanya media sosial dan selagi anak adam dianugerahi rasa saling mencintai, akan terus ada pernikahan yang yang berlangsung. Dan akan ada pula kabar-kabar bahagia yang patut disampaikan di media sosial.

4. Undangan digital didukung oleh banyak aplikasi


Ya, undangan digital saat ini sangat mudah dibuat karena tinggal menggunakan aplikasi desain yang bisa digunakan secara gratis dan berbayar. Sebagai pengguna aplikasi tersebut, daya kreativitas tinggi memang dibutuhkan. Namun jika terkendala hal ini tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi dari aplikasi desain.

5. Undangan digital termasuk mudah dipasarkan


Selain disebarkan secara online, sebagai penyedia jasa undangan digital, kita bisa memasarkan jasa ini melalui media sosial yang kita miliki. Apalagi jika kita memiliki modal sehingga bisa menambahkan ads pada iklan jualan kita di media sosial. Wuih! Bisa dibayangkan dampak penjualan yang bisa melesat nih.

Bertahan Ala Bisnis Digital 


Lantas sebagai penjual jasa undangan digital online, tentu kita memahami adanya persaingan yang bisa saja terjadi dalam usaha kita ini. Apa saja yang harus kita lakukan agar mampu bertahan di dunia pemasaran digital ini?

1. Mau belajar meningkatkan kapasitas diri


Sekarang tempat belajar tak harus kursus offline, kan? Ada banyak pelatihan online yang bisa kita ikuti. Apalagi setelah kita mendownload dan menggunakan aplikasi, ada banyak kelas online agar kita semakin mahir dalam menggunakan aplikasi tersebut.

2. Tidak mudah berpuas diri


Bisa jadi kita mendapatkan pujian pada desain awal-awal. Namun jika kita terlalu besar kepala, jangan-jangan hal ini bisa menyeret kita pada matinya kreativitas. Kita tidak mau lagi berkembang dan menganggap apa yang kita lakukan sekarang sudah cukup.

Sayangnya, dunia digital tidak begitu. Per sekian detik akan muncul desain baru yang siap menggilas bisnis kita yang stagnan. Pembeli tentu akan mempertimbnakan desain dan harga seblum memutuskan menggunakan jasa kita.

Jika desain dan harga oke, bisa jadi ia akan merekomendasikan jasa kita pada orang lain, kan? Jangan sampai lupa jika promosi dari mulut ke mulut itu ampuh, lo!

3. Jangan patah oleh masukan dan kritikan


Bisa jadi pula klien kita merasa desain yang kita buat kurang puas dengan keinginannya. Untuk menanggapi situasi ini kita tidak boleh patah semangat terlalu lama.

Dengarkan dengan baik apa yang menjadi keinginan sang kline. Pelan-pelan coba diterapkan pada desain undangan. Jika setelah mengikuti saran klien, kita memiliki pendapat lain, jangan ragu pula menyampaikan dengan hal santun. Ini bisa menjadi nilai plus lo, daripada kita hanya mengikuti saran tanpa bisa memberi tanggapan.

4. Gunakan media sosial


Jangan pernah merasa malu untuk menunjukkan apa yang kita bisa, bisnis apa yang sedang kita rintis, bagaimana manfaat produk dagangan kita? Media sosial menawarkan memudahkan dalam memperkenalkan produk jasa kita. Nah, sangat disayangkan bila kita tidak ambil bagian dalam hal ini, bukan?

5. Melakukan pencatatan keuangan dengan aplikasi POS


Nah, pencatatan menggunakan aplikasi laporan keuangan ini sangat diperlukan agar kita bisa memantau dengan mudah stok barang yang kita miliki. POS (Point of Sale) memang dibutuhkan agar usaha online kita bisa memperoleh pemasukan yang maksimal.

Mengenal aplikasi iReap Pos: Aplikasi Kasir Android, Simple Dan Powerful


aplikasi-ireap

Beruntung berdasarkan rekomendasi teman blogger yang juga memiliki usaha rumahan, saya bisa mengenal iReap yang merupakan singkatan dari Integrated Retail Application. Ini adalah suatu aplikasi kasir android yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu dalam mengatur dan menjalankan operasional toko, yang terdiri dari Point Of Sales/ Sistem Kasir dan sistem yang mengelola barang.

Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Sterling Tulus Cemerlang ini cocok untuk contoh usaha jasa seperti bisnis warung makan, cafe, restoran, salon, barbershop, bengkel, ritel warung, kelontong, fashion, butik pakaian, sepatu, kacamata, klinik dan spa, profesional servis, hingga distribusi, perdagangan dan grosir.

iReap POS Pro dan iReap POS Lite


spesifikasi-aplikasi-ireap

Aplikasi pos kasir yang mencatat penjualan dan stok barang ini memiliki dua versi yaitu: iReap POS Pro dan iReap POS Lite. iReap POS Lite merupakan aplikasi GRATIS dan iReap POS Pro merupakan aplikasi untuk mencatat keuangan usaha jasa berbayar setelah mendapatkan trial 14 hari.

iReap POS Pro memiliki beberapa fitur yang lebih banyak dari iReap Lite yang saat ini gratis. Transaksi iReap Pro bisa dilakukan online maupun offline karena memiliki penyimpanan database di cloud dan local. Untuk data yang sudah terkirim ke cloud itu dapat diakses di pro.ireappos.com

Jangan khawatir jika suatu hari ada kendala dengan device karena data yang sudah terkirim ke cloud akan aman. Ketika mengganti device pun master data bisa ditarik kembali. Selain itu iReap Pro ini juga mendukung multi store, sehingga store yang anda miliki bisa terintegrasi satu sama lain.

Beberapa fitur yang ada di iReap Pro yang tidak ada di iReap Lite, seperti Product Set (cocok untuk restaurant yang menggunakan resep), Customer Price List, Special Price Per Store, Pencatatan transaksi per user (untuk salon), Transfer Barang, Menu Expense, Menu Attendance dan report yang cukup lengkap dari sales maupun inventory.

cara-daftar-ireap

Kedua aplikasi ini bisa sahabat gunakan sesuai kebutuhan. iReap sudah dipercaya oleh 400,000+ bisnis dari 100+ negara, lo! untuk menjalankan jenis usaha jasa mengutamakan kepuasan pelanggan!

Jadi, sahabat bisa mengunduh aplikasi kasir android di Playstore dan Appstore untuk mulai menggunakan aplikasi yang bahkan dapat berjalan pada saat koneksi internet tidak tersedia. Yuk, tingkatkan laba anda dengan analisa aktivitas toko yang lebih akurat bersama iReap. (*)

Sumber:
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.ireappos.com/
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

16 komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Comment Author Avatar
28 Desember 2023 pukul 22.35 Hapus
Usaha apapun memang yang paling penting adalah manajemennya, mulai dari pengelolaan barang dan penjualan. Bersyukur sekarang ada aplikasi iReap Pos, jadi memudahkan kita dalam memanajemen usaha kita dan kita tidak perlu lagi melakukan pembukuan secara manual
Comment Author Avatar
29 Desember 2023 pukul 12.55 Hapus
wuah enak juga ya, jadi pembayaran dan invoicenya lebih jelas. apalagi kalo pesanan lagi banyak
Comment Author Avatar
29 Desember 2023 pukul 16.37 Hapus
Undangan digital sekarang emmang lagi booming, ya sesuai dengan jamannya la, lagi pula hemat kertas kan ya, biayanya pun lebih terjangkau
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 05.12 Hapus
Undangan digital sekarang emang lagi rame banget ya, mb. Pasti bisnis mb melejit nih. Karena peluang nya lagi gede bangeeeet.. Pengen juga biaa belajar bikinnya.
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 06.17 Hapus
Benar-benar bagus banget ya ireap untuk berbagai jenis usaha. Penting nih untuk pelajari lebih lanjut
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 07.21 Hapus
Praktis banget zaman sekarang menggunakan undangan digital seperti ini yaa..
Visualisasinya cantik dan ada musik yang bisa mewarnai perjalanan kisah calon mempelai.
Paperless juga. Dan usaha seperti ini didukung oleh aplikasi iReap Pos sebagai pengatur keuangannya agar usaha semakin lancar.
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 08.47 Hapus
Keren banget ya mba sekarang tuh, banyak teknologi yang sangat membantu dan tentu juga sangat bermanfaat. Ya, kayak ireap ini, jadi cashflow nggak berantakan.
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 09.08 Hapus
Wah bagus juga ini aplikasinya. Bagus untuk bisnis supaya semakin maju
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 10.03 Hapus
aplikasi kasir iReap memang bagus ya untuk mengelola usaha. Meskipun masih usaha kecil
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 10.15 Hapus
Beberapa kali membaca ulasan rekan blogger tentang iReap Pos ini. Sepertinya memang memudahkan dan menunjang bisnis menjadi lebih tertib dan teratur. Saya pikir ini untuk bisnis barang saja, tetapi jasa juga bisa, ya.
Comment Author Avatar
30 Desember 2023 pukul 12.05 Hapus
Saat ini kebutuhan akan mesin kasir sudah ada solusinya, tidak perlu invest yang mahal banget kayak jaman dulu. Menggunakan iReap sudah tepat sekali nih. Insya Allah jadi mudah untuk mencatat transaksi kasir.
Comment Author Avatar
31 Desember 2023 pukul 01.16 Hapus
Tertarik sama usaha undangan juga.. mau cobain ireap biar nggak pusing tetap penjualan
Comment Author Avatar
1 Januari 2024 pukul 08.48 Hapus
Sangat menarik undang digital, lebih flexible dan sedap dipandang dn d baca ...sesuai zamanny teknologi yg semakin berkembang...
Comment Author Avatar
1 Januari 2024 pukul 09.03 Hapus
Aku pikir pasar undangan digital gak begitu sebanyak ini, nyatanya bisa jadi alternatif buat diseriusin lagi nih
Comment Author Avatar
3 Januari 2024 pukul 22.13 Hapus
nah kalau punya bisnis atau mau bangun bisnis menurutku cocok banget ini pakai aplikasi iReap, biar bisa kerekam semua flow bisnis nya, jadi laporan keuangan, stok barang dan lain-lain juga bisa lebih rapi dan tidak ada yang salah
Comment Author Avatar
17 Januari 2024 pukul 11.06 Hapus
aku gagal fokus deh kirain iReap bisa buat bikin undangan digital juga hahaha. memang benar sekarabng waktunya serba digital, dengan undangan digital lebih efisien dan ramah lingkungan juga tetap sopan dibanding dengan hanya memfotokan undangan dan kirim ke media sosial para undangan