6 Pilihan Menu Sahur Praktis yang Mudah Dibuat dengan Rasa Enak

Daftar Isi
Selama menjalankan ibadah puasa, sahur menjadi salah satu momen penting dimana kita mempersiapkan tubuh dengan asupan tepat agar dapat menjalani hari selama berpuasa. Dalam hal ini, memilih menu sahur praktis tentu harus diketahui oleh setiap muslim.

Berbicara mengenai menu sahur yang praktis, tentu ada banyak pilihan menu sahur yang dapat sahabat pilih. Hanya saja, tidak semua menu cocok dikonsumsi pada saat sahur dan mudah dibuat di rumah.

Terlebih ada beberapa menu yang membutuhkan waktu lama untuk diolah. Untuk itu, bagi sahabat yang mencari menu sahur, baik untuk diri sendiri di rumah atau keluarga, berikut kami berikan rekomendasi pilihan menu sahur yang dapat dicoba.

1. Telur Dadar Gulung

menu-sahur-praktis


Salah satu menu sahur yang dapat dicoba adalah telur dadar gulung. Seperti yang kita tahu, telur adalah sumber protein yang baik dan sangat mudah diolah. Telur dadar gulung dengan tambahan sayuran bisa menjadi pilihan yang praktis dan bergizi.

Untuk membuat telur dadar gulung, sahabat pun hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti telur ayam, tepung terigu, dan bumbu sederhana.

Sebenarnya tak hanya telur dadar gulung, aneka olahan telur lain juga mudah dibuat sehingga cocok dijadikan menu sahur yang super praktis. Contohnya adalah telur rebus hingga telur ceplok.

2. Nasi Goreng Mentega


Selanjutnya ada nasi goreng mentega yang juga harus sahabat coba. Menu yang satu ini tidak terlalu berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Hanya saja, sahabat dapat mengganti minyak goreng dengan mentega untuk membuatnya.

Untuk bumbu-bumbu yang digunakan, sahabat dapat menggunakan bumbu nasi goreng instant ataupun bahan dapur lain seperti bawang putih, bawang merah, cabe, dan garam. Tambahkan juga topping seperti telur dadar hingga sosis agar nasi goreng mentega semakin mantap ketika disantap.

3. Cah Jamur Tiram


Untuk membuat menu sahur praktis ini, sahabat hanya perlu mempersiapkan jamur tiram, bawang putih, cabe rawit, tomat, daun bawang, dan kecap asin. Proses memasaknya pun cepat, hanya membutuhkan beberapa menit untuk mendapatkan sajian yang sehat dan menggugah selera.

4. Tumis Sosis dan Bakso


Apabila sahabat ingin menyantap menu sahur yang cepat dengan rasa enak, maka cobalah tumis sosis dan bakso. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu ini pun sangat sederhana.

Sahabat hanya perlu mempersiapkan sosis matang dan bakso yang telah dipotong-potong sesuai selera. Selanjutnya tumis dengan sedikit minyak lalu tambahkan bumbu-bumbu sederhana seperti garam, kecap, merica, saus sambal, dan sedikit air. Masak semua bahan matang sebelum sahabat hidangkan.

5. Ayam Kecap


Ayam kecap bisa menjadi pilihan menu sahur praktis yang dapat dimasukkan daftar sahabat di rumah. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara memasaknya pun tidak rumit.

Cukup siapkan potongan daging ayam yang telah dibersihkan. Selanjutnya tumis bawang merah, bawang putih, cabe, dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan air secukupnya, garam, dan kecap. Masukkan daging ayam dan rebus hingga matang dan air menyusut. Ayam kecap pun siap disantap.

6. Aneka Frozen Food


Alternatif menu sahur yang praktis berikutnya adalah frozen food. Seperti yang sahabat tahu, saat ini ada banyak sekali pilihan frozen food yang dapat dipilih baik untuk camilan maupun lauk.

Sahabat hanya perlu mengeluarkan frozen food dari lemari es dan menggorengnya hingga matang untuk sahur.

Itulah beberapa pilihan menu sahur praktis yang dapat dicoba di rumah sebagai pilihan menu andalan untuk keluarga.

Sebagai catatan, menu makanan apapun yang sahabat pilih, pastikan memperhatikan asupan protein, karbohidrat, serta lemak yang cukup untuk menjaga energi selama menjalankan puasa. Semoga bermanfaat, ya!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar