7 Aneka Kue Khas Lebaran yang Harus Disiapkan untuk Menyambut Tamu

Daftar Isi
Ada cukup banyak persiapan yang dilakukan oleh umat muslim dalam menyambut Idul Fitri, salah satunya adalah mempersiapkan aneka kue khas lebaran di rumah.

Ya, peringatan hari kemenangan Idul Fitri 1445 H hanya perlu menghitung hari. Umumnya, masyarakat di Indonesia akan menyajikan berbagai hidangan di rumah, mulai dari makanan khas daerah hingga aneka kue kering dan kudapan manis lainnya.

Kehadiran kue kering memang seolah tak dapat dipisahkan dari hari raya Idul Fitri. Meskipun bukan kewajiban, namun tradisi memenuhi meja tamu dengan kue lebaran masih dijalankan hingga sekarang. Berbagai macam kue dengan rasa enak tentunya sangat penting untuk menyambut sanak famili yang datang bersilaturahmi.

Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang mencari apa saja sih kira-kira kue lebaran yang harus dipersiapkan.

kue-khas-lebaran


Untuk itu, apabila sahabat masih kebingungan mempersiapkan kue dan kudapan, berikut kami sajikan macam-macam kue khas lebaran yang harus ada di rumah. Bahkan sahabat dapat membuatnya sendiri di rumah, loh!

1. Nastar


Di antara beberapa kudapan saat lebaran, nastar memang seolah menjadi primadona di setiap rumah. Hal ini karena nastar mudah dibuat serta memiliki rasa yang enak. Kombinasi rasa asam manis dari selai nanas dan taburan keju membuat kue nastar sangat digemari saat lebaran.

2. Kastengel


Tak hanya nastar, salah satu kue khas yang selalu ada saat lebaran adalah kastengel. Kue yang memiliki tekstur gurih dan renyah ini juga dapat dijadikan pilihan untuk memenuhi toples di ruang tamu.

3. Putri Salju


Sahabat pasti sudah familiar dengan kue putri salju. Kue kering ini memiliki bentuk bulan sabit dengan taburan gula halus yang menutupi setiap bagian sisinya.

Bentuknya yang putih dipenuhi oleh gula halus tersebut yang kemudian membuat banyak orang menamai kue ini sebagai putri salju.

4. Kue Semprit


Berbeda dengan beberapa kue khas lebaran sebelumnya, kue semprit dapat dikatakan sebagai salah satu kue lebaran tradisional yang sejak dulu ada. Dikenal juga sebagai kue mawar, kue semprit dengan bentuknya yang unik sering menjadi pilihan untuk menemani momen silaturahmi.

5. Kue Lidah Kucing


Salah satu kue yang harus menemani saat lebaran adalah kue lidah kucing. Hal ini karena bentuk kue kering ini yang pipih menyerupai lidah kucing.

Uniknya, kue lidah kucing merupakan salah satu jenis kue peninggalan Belanda yang masuk ke Indonesia sejak zaman kolonialisasi. Kue lidah kucing mempunyai tekstur lembut, gurih dengan rasa yang enak.

Selain itu, kue lidah kucing juga memiliki berbagai rasa mulai dari manis hingga asin. Jadi pastikan sahabat mempersiapkan kue kering ini untuk suguhan, ya!

6. Kue Kacang


Salah satu jenis kue khas lebaran yang juga pasti dikenal adalah kue kacang. Sesuai namanya, kue kacang menggunakan bahan dasar kacang tanah untuk membuatnya.

Kue kering ini cukup diminati mengingat rasanya yang gurih dan enak. Dominasi olahan rasa kacang dan adonan tepung menciptakan rasa khas saat kue ini dinikmati. Tak hanya itu, kue kacang juga memiliki bentuk yang beragam mulai dari bulan sabit, bintang, dan sebagainya.

7. Kue Bawang


Terakhir, ada kue bawang yang merupakan salah satu kue tradisional di Indonesia. Meskipun kue bawang cukup mudah ditemukan, bahkan selain hari raya, namun kue kering ini juga harus dihidangkan untuk menjamu tamu yang bersilaturahmi.

Dengan menyajikan aneka kue lebaran di atas, diharapkan moment lebaran sahabat akan menjadi lebih berkesan.

Itulah beberapa jenis kue khas lebaran yang dapat dipersiapkan untuk menyambut tamu yang datang. Semoga bermanfaat!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar