6 Ide Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan, Jadi Ladang Pahala dan Ibadah

Daftar Isi
Bagi seorang muslim, bulan suci Ramadan menjadi bulan yang istimewa untuk beribadah dan berbagi. Bahkan tak sedikit umat muslim yang melakukan berbagai kegiatan sosial di bulan Ramadan untuk berburu pahala.

Tak hanya berpuasa, ada cukup banyak hal yang dapat dilakukan di bulan Ramadan dalam rangka memberikan manfaat pada sesama. Mulai dari infaq, shadaqah, hingga berbagi kebahagiaan dengan orang sekitar.

Hal inilah yang membuat bulan Ramadan jadi salah satu bulan yang tepat untuk meningkatkan kepedulian sosial sekaligus beribadah.

Pertanyaannya, apakah sahabat juga termasuk orang yang suka melakukan aktivitas sosial di bulan Ramadan? Atau sebaliknya, sahabat bingung hendak melakukan kegiatan sosial seperti apa di bulan Ramadan?

Jika iya, berikut kami sajikan ide kegiatan sosial di bulan Ramadan yang dapat dilakukan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Azza wa Jalla serta kepedulian terhadap sesama.

1. Membantu Merapikan Tempat Ibadah


Salah satu kegiatan sosial di bulan Ramadan yang dapat dilakukan adalah membantu merapikan dan membersihkan tempat ibadah seperti masjid maupun musholla.

Alasannya, saat bulan Ramadan tiba, masjid dan musholla akan ramai dikunjungi oleh muslim untuk beribadah seperti i'tikaf, tadarus, sholat tarawih, dan sebagainya. Dengan begitu, kebersihan tempat ibadah menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Dalam melakukan kegiatan ini, sahabat dapat mengajak remaja masjid, takmir, hingga muda-mudi sekitar untuk membantu.

2. Bagi-Bagi Takjil


kegiatan-sosial-di-bulan-ramadan


Saat bulan Ramadan tiba, setiap hari pasti terdapat orang yang membagikan takjil baik di jalan maupun tempat umum lainnya. Kegiatan berbagi takjil adalah tradisi Ramadan yang membantu mereka yang berbuka di perjalanan.

Jadi apabila sahabat memiliki rezeki berlebih, tidak ada salahnya untuk turut serta membagikan takjil bagi mereka yang membutuhkan, bukan?

3. Mengumpulkan dan Memberikan Santunan pada Anak Yatim dan Kaum Dhuafa


Salah satu kegiatan sosial di bulan Ramadan yang juga menarik dilakukan adalah melakukan galang dana untuk anak yatim dan kaum dhuafa.

Di penghujung Ramadan seperti sekarang, saat persiapan lebaran Idul Fitri semakin meningkat, tak ada salahnya apabila sahabat meluangkan perhatian kepada anak yatim dan kaum dhuafa dengan memberikan parcel atau hampers lebaran, agar mereka juga dapat merasakan kegembiraan hari raya.

4. Membersihkan Tempat Pemakaman Umum di Kampung


Salah satu kegiatan unik namun bermanfaat di bulan Ramadan adalah dengan membersihkan makam-makam yang ada di kampung sahabat. Meskipun terdengar sepele, namun kegiatan ini pastinya memiliki nilai-nilai positif.

Dengan membantu membersihkan pemakaman umum, sahabat dapat sekaligus beramal di bulan Ramadan. Kegiatan ini juga sangat membantu merawat makam yang jarang dikunjungi. Jangan lupa juga, untuk kirimkan doa pada sahabat, kerabat, dan keluarga yang telah berpulang ke Sisi-Nya.

5. Meluangkan Waktu Mengajar di TPA


Salah satu kegiatan sosial di bulan Ramadan yang dapat dilakukan adalah dengan mengajar di TPA atau Taman Pendidikan Al-Qur’an. Di sore hari, saat anak-anak berkumpul di tempat ibadah untuk mengaji, sahabat dapat berkontribusi dengan mengajar mereka.

Tak hanya itu saja, agar kegiatan mengajar TPA lebih menarik dan variatif, sahabat dapat berbagi kisah-kisah Nabi dan Rasul serta cerita inspiratif para sahabat Nabi selama Ramadan.

6. Wakaf Al-Qur’an


Dengan turunnya Alquran pada bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk lebih sering membaca kitab suci ini. Untuk itu, tak ada salahnya apabila sahabat juga mewakafkan Al-Qur’an di tempat-tempat ibadah atau tempat lain yang membutuhkan.

Selain dapat beramal, diharapkan wakaf Al-Qur’an yang sahabat lakukan mampu menjadi pahala jariyah setiap kali ada muslim yang membacanya.

Itulah beberapa contoh dan ide kegiatan sosial di bulan Ramadan yang dapat dilakukan sebagai ladang ibadah. Sebagai catatan, apapun kegiatan sosial yang sahabat lakukan, niatkan untuk beribadah kepada Allah Azza wa Jalla semata agar benar-benar bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar