6 Ide Ngabuburit Ramadan Biar Makin Produktif, Kegiatan Seru Menunggu Buka Puasa

Daftar Isi
Bagi sahabat yang sedang kebingungan mengisi waktu menunggu berbuka puasa, melakukan kegiatan ngabuburit tentu menjadi hal yang menarik dilakukan. Hanya saja, sahabat mungkin masih mencari kegiatan ngabuburit seperti apa yang seru dilakukan baik untuk diri sendiri maupun bersama teman.

Untuk itulah, kami akan mencoba memberikan ide-ide kegiatan ngabuburit Ramadan yang dapat dilakukan jelang buka puasa.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa kegiatan ngabuburit memang sangat identik dengan hangout atau jalan-jalan sore hari menunggu waktu berbuka. Mulai dari mencari takjil hingga jalan-jalan di taman. Padahal sebenarnya ada cukup banyak pilihan kegiatan ngabuburit selama bulan Ramadan, baik kegiatan indoor maupun outdoor.

Sebagai informasi, dalam bahasa Sunda, ngabuburit berasal dari kata burit yang berarti sore hari dan merupakan frasa ngalantung ngadagoan burit yang berarti bersantai sembari menunggu waktu sore. Sementara itu, di Minang masyarakat menggunakan sebutan malengoh puaso yang berarti mengalihkan rasa lapar dan dahaga selama berpuasa.

Tak perlu berlama-lama, inilah ide kegiatan ngabuburit di bulan suci Ramadan yang dapat sahabat coba.

1. Berbelanja Kebutuhan Lebaran

belanja-kebutuhan-lebaran


Salah satu kegiatan ngabuburit yang cukup seru dilakukan adalah berbelanja untuk mencukupi kebutuhan lebaran. Meskipun saat ini e-commerce mempermudah kita mencari barang yang kita inginkan, namun belanja di pasar maupun mall dapat memberikan pengalaman tersendiri.

2. Berolahraga


Meskipun ngabuburit identik dengan kegiatan jalan-jalan atau bersantai menunggu waktu buka, tak ada salahnya apabila sahabat menghabiskan waktu ngabuburit dengan olahraga.

Ya, di tengah kegiatan puasa yang cukup menyita energi, olahraga menjadi satu kegiatan menyehatkan yang tak boleh dilewatkan. Sahabat tentu tak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan baik di taman, pekarangan rumah, maupun tempat fitnes.

3. Berburu Takjil


Seperti yang kami jelaskan di atas, ngabuburit Ramadan memang lekat rasanya dengan kegiatan berburu takjil. Bagaimana tidak, saat bulan Ramadan tiba, ada banyak sekali pilihan takjil menyegarkan yang siap disantap.

Bahkan biasanya, di jalan-jalan banyak orang yang membagikan takjil untuk berbagi pada sesama.

4. Berkreasi di Rumah untuk Membuat Takjil


Selain berburu takjil, sahabat yang hobi masak juga dapat mencoba menu-menu takjil sendiri di rumah. Hal ini tentu cukup positif di sela-sela waktu menunggu waktu berbuka puasa.

Apabila nantinya sahabat ingin berbagi, maka coba bagikan hasil kreasi takjil yang telah dibuat pada tetangga dan orang-orang sekitar.

5. Mengikuti Pengajian dan Kultum Ramadan


Jika sahabat ingin menghabiskan waktu dengan beribadah kepada Allah Azza wa Jalla, maka coba habiskan waktu ngabuburit Ramadan dengan mengikuti pengajian di masjid-masjid sekitar.

Umumnya, selama bulan Ramadan, beberapa masjid mengadakan acara kultum rutin yang dapat diikuti di sebelum Maghrib tiba. Dengan mengikuti pengajian dan kultum Ramadan, sahabat dapat menghabiskan waktu ngabuburit dengan hal positif sembari menerima siraman rohani keagamaan.

6. Tadarus Al-Qur’an


Masih berkaitan dengan kegiatan positif selama bulan Ramadan, ide ngabuburit yang juga harus dicoba adalah tadarus Al-Qur’an.

Seperti yang kita tahu, selama bulan Ramadan, kita harus dapat mengejar banyak kegiatan positif dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan melakukan tadarus Al-Qur’an dengan niat ikhlas dan ibadah kepada-Nya, diharapkan sahabat dapat memperoleh hikmah dan kenikmatan bulan Ramadan.

Demikian beberapa ide kegiatan ngabuburit Ramadan yang dapat coba dilakukan baik di dalam maupun luar rumah. Dengan melakukan berbagai kegiatan positif, semoga kita dapat menjalankan puasa hingga lebaran tiba.
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar