Aneka Pilihan Menu Takjil Ramadan, Kudapan Manis Jelang Buka Puasa

Daftar Isi
Saat bulan Ramadan tiba, terdapat cukup banyak pilihan takjil Ramadan yang selalu hadir untuk menemani waktu berbuka puasa. Bahkan tak sedikit orang yang berburu takjil selama bulan Ramadan, baik di masjid atau jalan.

Mungkin sahabat juga pernah melakukan hal tersebut, atau mungkin menjadi bagian dari mereka yang membagikan takjil gratis pada sesama. Momen berburu takjil selama Ramadan pastinya akan selalu terkenang setiap datangnya bulan puasa.

Berbicara mengenai takjil, secara umum, takjil sendiri merupakan hidangan atau kudapan ringan yang dimakan saat buka puasa. Biasanya takjil berupa makanan manis mulai dari kurma, kolak, sup buah, dan sebagainya.

Dengan mengonsumsi takjil, diharapkan agar muslim yang berpuasa dapat segera berbuka sesaat setelah adzan Maghrib tiba tanpa perlu mengonsumsi makanan berat terlebih dahulu.

Nah, untuk itu, berikut akan kami sajikan beberapa jenis menu takjil Ramadan yang umumnya dapat ditemukan selama bulan Ramadan.

1. Es Blewah

menu-takjil-ramadan


Es blewah sepertinya menjadi menu takjil yang cukup populer selama Ramadan. Sesuai namanya, es blewah terbuat dari bahan dasar buah blewah atau garbis yang diserut lalu ditambahkan gula cair dan es. Es ini digemari karena mudah dibuat dan kaya akan vitamin.

2. Aneka Menu Kolak


Selain blewah, salah satu menu takjil Ramadan yang juga mudah ditemukan adalah kolak. Apabila di bulan-bulan biasa kolak cukup sulit ditemukan, di bulan Ramadan menu kolak seperti salah satu menu yang hampir muncul di berbagai tempat saat waktu berbuka tiba.

Alasan sederhananya karena kolak memiliki rasa manis dari gula merah dengan isian yang cukup beragam mulai dari ubi, pisang, singkong, dan sebagainya. Selain itu, kolak juga dapat disantap saat hangat atau dingin sehingga dapat disesuaikan dengan selera.

3. Biji Salak


Apakah sahabat pernah mendengar kudapan bernama biji salak? Atau sudah pernah mencicipinya?

Ya, biji salak merupakan salah satu jenis menu yang juga populer dikonsumsi sebagai takjil. Meskipun memiliki nama biji salak, namun sebenarnya kudapan ini terbuat dari ubi kukus yang dihaluskan kemudian dibentuk bulat-bulat.

Mengingat bahan dasar yang digunakan adalah ubi, tentu saja biji salak cukup mengenyangkan saat dikonsumsi. Terlebih dengan tekstur lembut dan kenyal yang mampu memberikan cita rasa tersendiri.

4. Sup Buah


Apabila sahabat ingin mencicipi kesegaran buah-buahan, maka menu takjil Ramadan berupa sup buah harus dicoba. Hal ini karena sup buah memiliki berbagai jenis buah yang dipotong kecil-kecil lalu disiram susu kental manis dengan tambahan es.

Tak hanya menyegarkan, sup buah pun pastinya memiliki kandungan banyak vitamin.

5. Bubur Kampiun


Jika sahabat berasal dari Sumatera Barat, pasti sudah familiar dengan nama bubur kampiun.

Bubur kampiun sendiri merupakan menu hidangan khas Minang yang memadukan berbagai bahan mulai dari bubur sumsum, aneka kolak, ketan putih, ketan hitam, hingga kacang hijau. Kombinasi rasa yang enak dengan tekstur lembut saat disantap dijamin akan membuat sahabat ketagihan.

6. Es Pisang Ijo


Salah satu menu takjil Ramadan yang juga cukup populer adalah es pisang ijo. Menu makanan khas Makassar ini memang kerap menjadi primadona untuk dinikmati para pemburu takjil.

Berbahan dasar pisang yang dibalut tepung berwarna hijau dengan tambahan es dan bahan lain, membuat es pisang ijo sangat cocok dikonsumsi sesaat setelah berbuka puasa. Di Indonesia sendiri, es pisang ijo cukup mudah ditemukan sehingga sahabat tak perlu kesulitan mencarinya untuk hidangan berbuka puasa.

Itulah beberapa menu takjil Ramadan yang harus sahabat coba untuk menemani waktu berbuka. Selain itu, menu-menu takjil di atas juga dapat dijadikan sebagai pilihan apabila sahabat berniat membagikan takjil pada orang-orang sekitar. Semoga bermanfaat!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar