Agar Tetap Sehat, Begini Cara Memilih Makanan di Restoran Cepat Saji

Meskipun dianggap tidak sehat, makanan yang dijual di restoran cepat saji tetap memiliki banyak peminat. Menurut hasil riset kondisi pandemi tahun 2019 meningkatkan penjualan makanan cepat saji dan akan terus tumbuh 5,5% per tahun hingga 2027. 

Apalagi selalu disajikan masih dalam keadaan hangat, membuat makanan cepat saji terasa sangat lezat. Banyak yang menyukai makanan cepat saja karena praktis dan cepat, hanya butuh waktu 3-5 menit untuk memanaskan kembali dan menyajikan.

Individu dengan gaya hidup sibuk adalah pelanggan setia pada restoran makanan cepat saji. Makanan cepat saji memang praktis, pembayarannya pun juga praktis bisa dengan menggunakan QRIS. Namun tahukah kamu? Bahwa sebenarnya banyak makanan cepat saji di restoran memiliki kandungan yang tidak baik untuk kesehatan jika salah memilihnya.

Agar Tetap Sehat, Begini Cara Memilih Makanan di Restoran Cepat Saji


Cara Memilih Makanan di Restoran Cepat Saji
https://www.freepik.com/free-photo/high-angle-person-eating-burger-french-fries_10747111.htm

Kamu perlu pengetahuan agar bisa tetap sehat saat makan di restoran cepat saji. Pilihlah makanan yang lebih sehat dibandingkan lainnya. Bagaimana caranya? Berikut ini cara memilih makanan restoran cepat saji agar kamu tetap sehat:

1. Pilih Menu Makanan Salad


Ada banyak restoran fastfood di Indonesia, menyajikan berbagai macam makanan mulai makanan jepang, makanan Italia, ayam goreng dan lain sebagainya. Biasanya selain menu utama ada juga menu pendamping yang ditawarkan pada pelanggan. Salah satu side dish yang ditawarkan adalah salad sayur. Kamu bisa memilih menu salad sayur yang tinggi serat dan rendah kalori. Pilihan menu ini akan membantu kamu tetap sehat meskipun makan di restoran cepat saji.

2. Pilih Makanan yang Tidak Digoreng, tapi Dipanggang


Restoran cepat saji memang selalu menyajikan makanan yang mudah disajikan, sehingga efisiensi restoran menjadi tinggi. Jenis makanan yang disajikan seringkali digoreng, berlemak dan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Namun jika ada menu alternatif yang tidak digoreng maka pilihlah restoran yang menyajikan menu tersebut seperti pizza, burger atau menu lainnya yang tidak mengandung gorengan.

3. Hindari Minuman Bersoda dan Minuman Tinggi Gula


Minuman bersoda seringkali disajikan di restoran cepat saji, karena mudah, cepat, praktis tidak butuh proses lama. Namun sebaiknya kamu menghindari pesan minuman bersoda karena kandungan gulanya sangat tinggi tidak baik untuk kesehatan di masa depan. Memilih air mineral jauh lebih baik daripada minuman bersoda. Di restoran fastfood semua memang serba cepat, menu serba cepat bahkan pembayaran pun cepat hanya dengan QRIS pun bisa.

4. Jangan Memesan Makanan Tambahan Selain Menu Utama


Untuk membatasi kalori yang masuk agar tidak berlebihan dan berakhir pada obesitas, jangan memesan terlalu banyak makanan. Cukup memesan menu utama sesuai kebutuhan makan saja, jangan tergoda untuk memesan side dish selain menu utama, apalagi jika makanan dessert yang biasanya manis dan tinggi gula, ini tidak baik untuk kesehatan.

5. Pilih Menu yang Bernutrisi


Makanan cepat saji sering dihindari karena dianggap tidak bergizi hanya berisi lemak dan karbo saja. Hal itu memang benar, jika kamu salah pilih menu maka kamu hanya makan karbo, lemak jenuh dan sedikit protein saja. Untuk itu kamu harus memilih menu yang lebih banyak nutrisi. Misalnya kamu bisa memilih menu yang menyajikan sayur, acar untuk menyeimbangkan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

6. Batasi Penggunaan Mayonaise


Tahukah kamu mayonaise terbuat dari apa? Mayonaise dibuat dari kuning telur yang diproses. Kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi, sehingga mayonaise pun memiliki kandungan lemak total yang tinggi. Lemak pada mayonnaise sekitar 20g lemak per 100g mayonnaise. Oleh sebab itu, agar tetap sehat, sebaiknya hindari penggunaan mayonnaise saat makan di restoran cepat saji.

7. Pilih Porsi Sesuai Kebutuhan


Jangan kalap saat memesan makanan di resto fast food, meskipun bayarnya mudah cukup dengan pembayaran QRIS. Pesan makanan sesuai kebutuhan saja, pilih porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Jangan tergoda dengan berbagai promo yang ditawarkan, cukup beli sesuai kebutuhan saja.

Jadi tidak perlu takut lagi makan di restoran cepat saji, jika kamu bisa melakukan cara-cara di atas untuk memilih makanan yang lebih sehat. Dengan begitu kamu akan tetap sehat meskipun makan di restoran cepat saji. Praktis memang makan di restoran fast food karena tidak butuh waktu lama untuk menyajikan makanan, kamu cukup membayar kemudian makanan akan langsung disajikan.

Saat ini banyak restoran fast food yang menyediakan pembayaran praktis, seperti menggunakan QRIS. Oleh karena itu direkomendasikan buat kamu untuk menggunakan QRIS dari digibank by DBS yang terbukti aman dan banyak promo di merchant pilihan. Kamu bisa melakukan pembayaran sat set dengan digibank QRIS, dengan limit 10 juta/ transaksi/ hari kamu bisa mentraktir teman dan sanak saudara. Menarik bukan menggunakan melakukan pembayaran QRIS? Dapatkan info lebih lanjut di sini. (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url