3 Tip Agar Jadi Penulis Bermental Kuat

Hari ini semangat menulis saya agak down. Bahkan, saya rasakan perasaan ini sejak seminggu terakhir. Memang, ada nyeri badan dan kepala yang saya rasakan.

Di tengah rasa mual setiap berhadapan dengan layar komputer, saya tetap usahakan menulis. Entah itu berupa artikel pendek atau sekadar mengedit naskah lama. Selanjutnya, artikel dan naskah editan tersebut saya kirim ke media online atau cetak. Tergantung tema dan ketentuan redaksi.


tip jadi penulis hebat

Allah SWT mempertemukan dengan postingan yang mampir di beranda. Tentang kekuatan mental yang harus dimiliki oleh penulis. Caption yang ada pada postingan itu diunggah oleh sebuah akun yang justru tak terlalu akrab di jaringan pertemanan saya. Itulah misteri rezeki, ya.

Nah, balik lagi ke mental yang harus dimiliki penulis. Sebuah mental luar biasa memang. Percayakah bahwa menulis membutuhkan konsistensi? Sebut saja contoh pada kompetisi ODOP Batch 8 ini.

Setiap hari wajib menulis! Setiap hari tanpa jeda selama hampir 2 bulan. Itu bukan perkara mudah! Buktinya, memasuki pekan ketiga hampir 20 an orang teman kami di Squadron Blog ODOP 8 sudah meninggalkan ruang kompetisi. Itu artinya ada 1 orang yang gugur setiap hari. Hiks.

Agar punya mental kuat dalam menulis


Niat


Sejak awal ODOP belum dimulai pun sudah kepoin akun Ig-nya. Ini salah satu bukti bahwa untuk ikutan ODOP memang sudah diniatkan. Sahabat Khansa ada yang begitu juga? Nah, setelah lulus seleksi, yakin mau disia-siakan? Sayang banget, kan, ya?

Semangat


Buat afirmasi di dalam pikiran. Kalau lulus, entar kasih sesuatu sama diri sendiri. Sstt, reward untuk diri sendiri itu penting, lo. Jangan remehkan hal kecil yang terlihat bisa sangat berdampak besar

Mental Juara


Meskipun tidak ada pemberitahuan akan dapat hadiah apa bagi juara pertama, kemenangan yang utama adalah mengalahkan diri sendiri. Bagaimana dapat bertarung dengan rasa malas yang kerap menghantui serta bagaimana berdamai dengan kata nanti.

Demikian tip yang saya lakukan agar mental kuat dalam menulis, Sahabat Khansa. Apakah Sahabat punya tip lainnya? Boleh banget dibagikan, lo!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

12 komentar untuk "3 Tip Agar Jadi Penulis Bermental Kuat"

  1. Kemenangan yang utama adalah mengalahkan diri sendiri, bener bgt..

    BalasHapus
  2. Masya Allaah...ilmu sekalii.. terimakasih sudah menulis ini mbaaaak...

    BalasHapus
  3. Terima kasih mbak untuk tips nya, sangat bermanfaat ditengah perjuangan kita yang masih jauh dari garis finish :)

    BalasHapus
  4. ya bener, semua itu tergantung pada niat kita semua ya, begitu juga dengan tulisan

    BalasHapus
  5. Wah betul ini mbak, semua diawali dengan niat :) semangat nulisnya mbak

    BalasHapus
  6. Betul sekali loh mbak, konsisten itu kata2 yang terdengar mudah namun Masya Allah sit sekali untuk di lakukan, di sinilah saatnya kita menempa diri ya mbak .. Semogabisa bertahan sampai akhir mbak.

    BalasHapus
  7. Semangat buat para mental juara 😎

    BalasHapus
  8. terima kasih kak jadi semangat baca tulisannya ... kita kudu kuat ya

    BalasHapus
  9. Mantap. Terima kasih atas tips nya kak. Amazing!

    BalasHapus
  10. mantap kak tipsnyaa. semoga bias lulus bareng bareng yaaa

    BalasHapus
  11. Setuju kalau kemenangan utama utu mengalahkan diri sendiri. Kita menang atas diri sendiri itu yang utama

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.