Waspada! Sombong Itu Selendang dan Pakaian Allah SWT

Kamis, 17 September 2020
Assalamu'alaikum, Sahabat Khansa.
 
Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT berfirman: Sombong itu adalah selendangKu dan kebesaran itu adalah pakaianKu, maka barangsiapa mencabut salah satunya dariKu, Aku akan melemparkan orang itu ke neraka." (HR. Ibnu Majah)

Sahabat Khansa pernah mendengar hadis tersebut? 
 
sombong adalah
 
Disadari atau tidak terkadang kita bisa terjerumus ke dalam sifat buruk ini. Dalam suatu kesempatan diskusi, misalnya, kita merasa lebih memahami pokok permasalahan yang didiskusikan, lalu kita pun mendominasi dengan istilah ngegas. Kita mengedepankan opini pribadi dan bisa jadi meremehkan opini orang lain. Duh, jangan sampai deh, ya.

Kita adalah makhluk sosial. So, nggak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan bersama maka akan mudah menggapai tujuan, bukan?

Seperti dalam sebuah forum hari ini yang berlangsung di google meet. Jujur, saya baru pertama kali menggunakan aplikasi ini. Cukup gampang di era serba digital. Tinggal klik dan ketik, maka kita akan sampai pada hasil pencarian berjudul tutorial bergabung di google meet. Baca step by step lalu kerjakan! Hasilnya, alhamdulillah, langsung work! Ini adalah satu bukti bahwa kita butuh bantuan orang lain, bukan?

Next, forum apa itu? Lebih tepatnya, kami, para anggota Squadron Blog ODOP 8 sedang melakukan diskusi tentang pemahaman pada sebuah film pendek berjudul Cream. Ya, kami mendapat tugas review film pendek berjudul Tilik dan Cream. Untuk Tilik, mungkin sudah ada subtitle yang membuat penonton bisa menikmati alur meskipun tidak menguasai bahasa daerah yang digunakan. Sementara untuk Cream, tidak ada subtitle dalam bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam me-review, khususnya saya. 😂
 

Sombong Itu Selendang dan Pakaian Allah SWT


Seorang Kakak penulis pemilik Renov Rainbow yang lebih paham akan bahasa Inggris berkenan membantu rekan sesama pejuang ODOP Batch 8. Saling bantu itu mengasyikkan, ya. Semoga jadi amal kebaikan tiada putus buat Kakak penulis.

Nah, balik lagi ke menu utama tentang sombong. Allah SWT sangat benci pada hambaNya yang berlaku demikian. Sombong itu hanya milik Allah SWT. Sombong itu selendang dan pakaian Allah SWT. Kita sebagai hamba yang papa sama sekali tidak layak menggunakannya.

Ohya, sore ini Kak Renov kembali mengirimkan file PDF tentang terjemahan Cream. Tujuannya, agar lebih mudah memahami film tersebut. semakin terharu dengan kebaikan yang beliau semai.

Sebuah kebaikan kecil bisa berdampak luar biasa. Lawan sifat sombong yang menghampiri dengan memupuk rendah hati. Dengan saling membantu, maka kedamaian akan selalu abadi. (*)

Wassalamu'alaikum


Karunia Sylviany Sambas

Baca juga: Relevansi Kelas Menulis Online dan Komunitas
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9