Relevansi Kelas Menulis Online dan Komunitas

Rabu, 16 September 2020
Assalamu’alaikum, Sahabat Khansa

Setelah sebelumnya kita membahas tentang Ikutan Kelas Online? Cek 7 Hal Ini Dulu Sebelum Daftar sekarang saya ingin merekomendasikan kelas menulis online yang saya ikuti dalam beberapa bulan terakhir. Melalui kelas-kelas online ini, kita bisa terhubung dengan komunitas yang sangat baik untuk menyuburkan semangat literasi. 

kelas menulis online


1. WiN (Wong Indonesia Nulis) 

WAG ini digagas oleh Mbak Ririn Rahayu Astuti Ningrum, salah seorang penulis multigenre. Sahabat Khansa bisa kunjungi akun facebook beliau. Saya ikut kelas-kelas online beliau sejak lama. Mulai dari biaya Rp 20.000 sampai Rp. 200.000. Bersama beliau, kelas tidak hanya membahas tentang materi kepenulisan, tapi seringkali juga mendatangkan bincang dengan editor. Melalui kelas ini pula, banyak teman sekelas yang mendapat acc naskah. 

Berawal dari kelas online tersebut, sekarang dibentuk WiN. Kedepannya, sepertinya ada rencana untuk membuat sebuah penerbitan WiN Publishing. Semoga saja, ya. 

2. RA (Rumpun Aksara) 

Untuk kulik-kulik webnya bisa ke rumpunaksara.com. Komunitas ini juga aktif di WAG. Berfokus pada genre anak. Di awal saya bergabung masih berkutat di cerpen anak, fabel, artikel anak. Sekarang, RA tengah melebarkan sayapnya ke layout dan design buku anak. Founder dari kelas online adalah Mbak Piet Genta Sukmana. 

Baca juga: Cara Menjadi Kontributor rumpunaksara.com 

3. WF (Wonderland Family)

Hampir sejalan dengan RA, WF juga berkarya di bidang literasi anak. Namun untuk WF lebih lengkap lagi karena merambah ke nubar (nulis bareng) yang mengandeng erat komunitas ibu-ibu. WF sudah punya penerbitan yang bernama Wonderland Publisher. Buku-buku terbitan komunitas yang diketuai oleh Mbak Wulan Mulya Pratiwi ini sering mengadakan bincang kepenulisan juga di grup WF. Untuk menjadi anggota WF, kita harus ikutan kelas online-nya terlebih dahulu. 


Sahabat Khansa, dalam langkah mewujudkan impian menjadi seorang penulis, bergabung dengan kelompok yang dapat mendatangkan semangat itu tentu sangat penting, ya, kan? Kita bisa saja menempuh jalan sunyi sendiri, tapi alangkah lebih indah bila kita bergandengan menuju kesuksesan itu. 

Ada saatnya kita lelah, bosan dan jeda sejenak. Lalu, kita membuka akun sosial media dan melihat deretan karya teman kita lewat di beranda. Entah itu menerbitkan buku ataupun memenangi lomba. Seketika semangat akan kembali menggelora. Saya juga bisa! 

Salah satu cara untuk mendapatkan komunitas menulis adalah dengan mengikuti kelas online. Adakalanya para anggota yang masuk dalam komunitas tersebut adalah hasil rekrutmen dari kelas online yang diadakan oleh penggagas kelas. 

Sahabat Khansa tertarik ikutan kelas online juga? Atau sudah bergabung dengan kelas online? Mari, berbagi cerita! 

Wassalamu'alaikum



Karunia Sylviany Sambas

Baca juga: Nulis Artikel Singkat dan Dapat Honor? Emang Bisa? 
2 komentar on " Relevansi Kelas Menulis Online dan Komunitas"

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9