Ikutan Kelas Online? Cek 7 Hal Ini Dulu Sebelum Daftar

Rabu, 09 September 2020
Assalamu’alaikum, Sahabat Khansa 

Efek pandemi membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, terutama berinteraksi dengan dunia maya ya, kan? Nah, agar waktu luang dan kuota data tersebut lebih bermanfaat, kita sering ikut kelas online. Tapi, sebelum ikutan kelas online, ada lo beberapa hal yang mesti kita cek.


daftar kelas online
design by canva


Kemilau kelas online memang membuat kita serasa ingin mengikuti semuanya. So, jangan sampai kita hanya sekadar ingin tahu tapi tidak bisa maksimal memanfaatkan ilmu sang pemateri. 

Berikut yang harus kita cek sebelum daftar kelas online:

1. Minat
Poin pertama, minat atau ketertarikan. Saat kita melihat flyer kelas online melewati beranda sosial media, apalagi bila flyer tersebut punya desain unik, mesti membuat mata langsung terpaku pada judul. Apakah materi kelas di flyer itu sesuai minat? Apakah ilmu dari kelas ini bisa menambah skill? Nah, ini pertanyaan pertama yang sebaiknya jadi perhatian kita. 

2. Biaya 
Kedua, biaya. Apakah kelas tersebut terjangkau dengan kondisi keuangan kita saat ini? Berhubungan dengan biaya ada kaitannya dengan bahasan selanjutnya, yaitu waktu. 

3. Waktu
Kelas online yang diadakan penyelenggara memiliki waktu pelaksanaan. Bila ada waktu satu minggu untuk satu kelas, lalu cek lagi dengan jumlah biaya yang kita keluarkan. Apakah kira-kira ‘sesuai’ antara waktu kelas dengan kondisi keuangan kantong kita? 

4. Benefit 
Benefit ini adalah apa saja fasilitas yang kita dapatkan dalam kelas online. Misal, ilmu, e-sertifikat, relasi, naskah dibukukan, pulsa gratis, dll. Hal ini bisa menambah semangat untuk segera mendaftar. 

5. Mentor dan Penyelenggara
Kenali penyelenggara kelas. Biasanya, memang yang membuka kelas online adalah yang sudah mumpuni di bidangnya. Dalam flyer juga disertakan karya-karya beliau. Ada juga akun sosial media yang tertera. Kita bisa kepoin juga agar lebih mantap sebelum mendaftar kelas online.

6. Perbandingan dengan Kelas Serupa
Nah, ini dia poin yang membuat kita bimbang. Terkadang ada dua kelas yang punya materi dan biaya hampir serupa, mentor dan penyelenggara beda, benefit tentu saja juga beda. Kita tertarik pada yang kelas online yang benefitnya lebih oke, dong. 

7. Daftar di Akhir Waktu
Tips tambahan, mendaftarlah sehari sebelum kelas berlangsung. Tips ini bisa benar bisa juga salah, ya. Pengalaman saya mendaftar di akhir waktu, malah dapat diskon biaya daftar. 😍 

Demikian tujuh poin yang sebaiknya kita cek sebelum ikutan kelas online. Sahabat Khansa udah ikutan kelas online apa, nih? Share, yuk!


Wassalamu'alaikum



Karunia Sylviany Sambas
18 komentar on "Ikutan Kelas Online? Cek 7 Hal Ini Dulu Sebelum Daftar"
  1. Bermanfaat banget, sayang sih memang kalau kelas online berbayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Kelas berbayar dengan mentor dan penyelenggara yang oke tak mengapa, lo. Asal sesuaikan dengan kebutuhan. Ada kelas daring yang saya ikutin biaya hanya 25K tapi ilmunya daging banget :)

      Hapus
  2. Selama pandemi ini aku sudah 2 kali ikut bootcamp. Selain itu banyak lembaga pendidikan dan lembaga yang membuat seminar bersertifikat. Lumayan buat akreditasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banget itu, Mas. Pokoknya memanfaatkan waktu luang di saat pandemi dengan hal bermanfaat, ya, kan. :)

      Hapus
  3. Kalau aku seringnya ikut kulwap gratisan kakak. Beberapa kali ikut yang berbayar rasanya beda. Bisa akses website materi e-book pemateri dan kelasnya lebih kondusif. Terus kalau point yg terakhir tegantung panitianya. Aku seringnya dapetin diskon justru di awal pendaftaran kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, Kak. Poin terakhir itu juga nggak berlaku buat teman saya. Dia malah dapat job sebelum kelas dimulai :) Kelas berbayar itu memang fasilitasnya beda, Kak. Saya pun merasa lebih nyaman ikut yang berbayar. Asal sesuai kemampuan dan kebutuhan, ya lanjut daftar. Hehehe.

      Hapus
  4. saya banget sih kak, apalagi semasa pandemi ini saya resmi jadi fresh graduate yg blm ada jadwal untuk studi selanjutnya, jadi nganggur aja gitu, mau ikut semua kelas online rasanya saking gabutnya hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Samaan, Kak. Serasa diburu waktu karena tiap jam ada webinar ini itu belum kelas daring. Belum lagi tugasnya. Tapi seru, ya, kan?

      Hapus
  5. aku sering ngikuti kelas online gitu tentang pelatihan desain dan sejenisnya pasti nyari yang gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dapat kelas gratis dengan ilmu yang luar biasa, ya, Kak :)

      Hapus
  6. Kalau saya biasanya yang jadi patokan pertama penyelenggara dan narasumber, Mbak. Apalagi kelas berbayar. Soalnya sekarang, marak kelas berbayar yang rasanya kelas gratisan. Malah kadang, banyak kelas gratis yang rasanya premium. :)

    Biasanya saya tanya teman yang pernah ikut kelas tersebut sebagai bahan pertimbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu cari referensi, ya, Mba. Ide bagus ini. Bisa masuk poin selanjutnya yang jadi bahan pertimbangan :)

      Hapus
  7. sip sip setuju juga sih ini sama tips nomor terakhir karena kadang menjelang kelas, suka ada diskon ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pengalaman soalnya, Mba. Hehehe. Alhamdulillah, meski diskon 10% ya lumayan.

      Hapus
  8. Nyari tau tentang mentor, materi yg diberikan, sama minta testimoni jujur dari yg pernah ikut kalo bisa. Pernah ikut kelas nulis online tp ga sesuai harapan 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, Mba. Saya jarang minta testimoni sih. Hehe. Tip oke ini buat poin selanjutnya, ya, Mba :)

      Hapus
  9. Wah idenya oke nih, nggak kepikiran juga. Kalau saya belum pernah ikutan kelas online yang berbayar sih kak

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9