Ulasan Cerpen Jabat Tangan Lima Puluh Juta di Blog Ngodop

Daftar Isi

Ulasan Cerpen Jabat Tangan Lima Puluh Juta di Blog Ngodop 


Alhamdulillah, memasuki pekan ketujuh di ODOP Batch 8 dan saya masih sanggup bertahan. Seingat saya, hanya ada satu hari berutang di program ini dan utang tersebut sudah dibayar tunai.

Tantangan di pekan ketujuh ini adalah mengulas salah satu cerpen yang ada di blog ODOP. Dari barisan judul yang memukau, saya memilih satu cerpen dengan judul menarik Jabat Tangan Lima Puluh Juta.

Saat membaca judul saya sungguh kepo dengan jabat tangan yang dilakukan oleh tokoh utama dalam cerpen. Di luar dugaan ternyata cerpen ini punya twist yang membuat saya berdecak.

Baiklah, karena tugas pekan ini adalah mengulas unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen, maka saya akan membuat ulasan cerpen tersebut dan menghadirkannya kepada Sahabat Khansa.

Ulasan Cerpen Jabat Tangan Lima Puluh Juta


Unsur Intrinsik

1. Tema


Cerpen ini mengangkat tema tentang kehidupan sosial, kesenjangan ala singkong dan keju.

2. Tokoh


Ada empat orang tokoh dalam cerpen ini, yaitu Erka, Dariyah, anak Dariyah, dan wanita kaya

Erka digambarkan sebagai tokoh utama yang memiliki watak pelindung, tegas, dan pantang menyerah.

Dariyah adalah dua orang tokoh yang

Anak Dariyah seorang laki-laki, ceria

Wanita kaya yang bersifat arogan mudah menyesal

3. Latar


Latar meliputi tempat, suasana, atau waktu. Terdapat tiga unsur utama dalam latar yaitu :

Latar tempat cerpen terjadi di sebuah gang sempit di antara bangunan pertokoan pada waktu siang atau sore hari dan suasana yang mencekam karena kehadiran di wanita kaya

4. Sudut Pandang


Sudut pandang orang ketiga, yaitu menggunakan nama tokoh

5. Alur


Menggunakan alur campuran, yaitu di bagian awal menceritakan klimaks sebuah peristiwa, lalu beranjak ke belakang sebelum peristiwa terjadi lalu terus bergulir ke bagian akhir.

6. Amanat


Bahwa kekayaan dan harta tak selamanya membuat bahagia.Ketenangan yang terbalut oleh serba kekurangan membuat kita harus lebih banyak bersyukur.

Unsur Ekstrinsik

1. Latar Belakang Masyarakat


Masyarakan yang hidup dalam lingkungan berkecukupan versus masyarakat yang serba kekurangan


2. Latar Belakang Pengarang


Pengarang tinggal di Nganjuk, Jawa Timur.

3. Situasi/Keadaan Masyarakat


Cerpen ini menggambarkan situasi masyarakat yang relevan saat ini. Seorang dengan kehidupan hedonis merasa menyesali apa yang telah ia dilakukan. Ia ingin kembali menemukan ketenangan setelah menyadari bahwa harta hanya sebuah ambisi.

Demikian ulasan cerpen Jabat Tangan Lima Puluh Juta. Semoga bermanfaat, ya. Sahabat Khansa bisa klik link atas untuk membaca cerpen sarat amanat ini. 
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar