Kursus Singkat Raih 30 Juta Pertama dari Blog

Rabu, 10 November 2021
Kursus Singkat Raih 30 Juta Pertama dari Blog - Halo, Sahabat Khansa, bloger pemula seperti sayakah? Salaman dulu, deh. Rekam Jejak Sang Pemimpi juga baru berusia 1 tahun lebih dikit, kok. 

Meskipun masih baru banget di dunia blogging, semangat harus selalu berkobar, ya. Wajib belajar dari para suhu bloger. 

Saat ada kesempatan kelas gratis, langsung daftar, jangan sampai kelewatan. Jika ada kelas blogging berbayar yang kece banget materinya, cek dana. Hm, kalau masih bisa ditolerir kantong, jangan tunda untuk ikutan karena kesempatan nggak datang dua kali, kan? Siapa tahu kelas blogging berbayar ini hanya diadakan sekali. No batch-batch!

Pada kesempatan kali ini saya ingin cerita saat tanpa sengaja melihat story Mba Jihan, blogger yang sudah memenangi lebih dari 30 lomba blog. Masya Allah, ya.


Saya pernah mendapatkan informasi kalau Mba bloger yang menjadi salah seorang mentor di Komunitas ODOP ini sudah mengetahui pola dan jalan ngeblog yang ditempuhnya. 

Sampai-sampai beliau berkeinginan untuk resign dari pekerjaannya sekarang suatu hari nanti. Ya, setiap pekerjaan butuh fokus. Mba Jihan pun ingin serius pada dunia blogging. 

ngeblog dapat cuan

Dari story beliau, saya mengetahui jika Mba Jihan beserta dua rekan blogernya akan mengadakan kursus singkat bloger. Pelatihan kilat bertajuk Short Course Gratis 30 Juta Pertama Dari Blog ini membuat bola mata berbinar seketika dengan judul yang terpampang nyata pada e-flyer tersebut.

Bagaimana Bisa Mendapatkan 30 Juta "Hanya" dari Ngeblog?


Duh, kalau kalimat itu sempat mampir di benak saya, sungguh karena ketidaktahuan diri yang kurang belajar ini. Kurang gali ilmu yang sebenarnya bisa didapat asal ada minat.

Baiklah, kursus kilat ngeblog yang dimulai pada tanggal 26 Oktober ini dibuka dengan penampilan Mba Shafira Adlina. Mba blogger pemilik Cerita Mamah ini membahas tentang channel penghasilan dari blog. 

Mba Adlina menguraikan secara gamblang tentang channel yang ia maksud, yaitu marketplace job, sponsored post, content placement, iklan, afiliasi dan lomba. 

Marketplace Job


Marketplace job yang Mba Shafira sampaikan di sini adalah vira.id, sosiaGo, Rajabacklink dan Intellifluence. 

Cara kerja marketplace ini lebih kurang sama, yakni berperan sebagai pihak ketiga yang menghubungkan antara pemasang iklan dengan bloger. Jadi, para pemasang iklan akan menayangkan sebuah job yang bisa di-apply oleh bloger jika sesuai dengan ketentuan yang ditentukan pengiklan. 

Sponsored Post


Pada sponsored post ini bloger akan membuat tulisan di blog yang bertujuan mempromosikan produk, menanam backlink, atau meningkatkan kepercayaan. Infomasi ini bisa Sahabat dapatkan dari komunitas dan teman bloger. 

Content Placement


Berbeda dengan sponsored post yang artikelnya ditulis oleh bloger, pada content placement ini, bloger tinggal posting artikel yang diberikan oleh pihak yang bekerja sama. Namun, agar tulisan tersebut memiliki nada yang sama dengan tulisan bloger, artikel dapat diedit tanpa mengganggu kesepakatan. 

Afiliasi


Di sini, bloger akan mendapatkan komisi dari penjualan yang terjadi dari tulisan yang mengandung klik, sehingga terjadinya transaksi antara pembeli dengan penjual melalui klik tulisan bloger.

Iklan


Iklan berasal dari google adsense atau jasa pengiklan lainnya.

Lomba Blog


Setiap bulan ada sekitar 5 - 10 lomba blog yang diadakan, baik skala kecil maupun besar. Ajang lomba blog selain untuk meraih juara, juga bisa melatih kemampuan menulis dan mengukur kompetensi diri untuk berkompetisi. Bila jadi juara, selain memperoleh hadiah, value sebagai bloger juga meningkat pastinya.

Untuk menulis di channel penghasilan dari blog tentu seorang bloger harus memiliki kemampuan membuat artikel yang menarik. 

Mba Shafira memberikan poin-poin yang harus diperhatikan saat menulis artikel untuk blog.

artikel yang bagus adalah


Tentukan Niche Blog dan Sasaran Pembaca


Kenali blog kita. Jika membahas tentang parenting, lebih pas menyapa dengan sapaan Moms atau Parents. Minat seperti apa yang kita tekuni akan menentukan niche yang sesuai untuk blog. Saat menemukan niche yang tepat, mengisi blog akan serasa penuh amunisi. Nggak ada istilah ide mandeg.

Belief Without Border


Jangan biarkan diri dibatasi oleh self talk seperti ucapan aku mah nggak bisa nulis. Paksakan, latih, lalu biasakan! Kebiasaan bisa berawal dari keterpaksaan, bukan?

Buat Judul yang Menarik


Tulisan bagus tanpa bersanding dengan judul yang apik akan meraih sedikit klik. Manfaat yang ingin disampaikan jadi nggak optimal, ya, kan? Dengan prinsip tetap menghindari judul clickbait, buatlah judul yang menggugah pembaca untuk menikmati tulisan yang disuguhkan. 

Gunakan Format yang Jelas Agar Tulisan Mudah Dibaca


Font yang nggak mudah dibaca akan membuat pembaca lekas jemu saat membaca tulisan. Alih-alih pesan tersampaikan, pembaca akan bergerak cepat mengakhiri tulisan. Nah, lo! 

Terapkan Piramida Terbalik


Sampaikan pesan yang ingin disampaikan di akhir tulisan. Informasi yang lebih besar dari tujuan akhir bisa disampaikan di bagian awal. Seperti layaknya latar belakang berisikan sejumlah data. 

Tingkatkan Kualitas dan Bobot Isi Artikel


Banyak baca topik yang sama dengan artikel yang ingin dibuat. Jangan berpanjang-panjang menulis! Fokus pada tujuan yang ingin disampaikan. Jangan malas untuk membaca tulisan bloger lain.

Bangun Kebiasaan Menulis dan Membaca


Menulis itu soal pembiasaan. Kualitas akan diikuti oleh kuantitas. Menulislah setiap hari meskipun hanya satu paragraf!

Selanjutnya pada 27 Oktober kursus singkat ini dilanjutkan dengan pemaparan oleh Mba Jihan yang menyampaikan tentang seo dasar. Seperti yang pernah saya utarakan sebelumnya, bahwa menulis dengan seo ini perlu agar tulisan yang dibuat dapat menjangkau pembaca yang lebih luas.

Bagaimana memenangkan artikel di halaman pertama google?

Ada tiga jalan yang bisa dicoba, ya:

  • Define, yaitu aitu menegaskan topik artikel yang ditulis
  • Riset, yaitu menulis dengan menggunakan kata-kata yang banyak dicari orang di google
  • Optimasi konten dengan keyword + permalink, mulai dari judul, paragraf awal, tengah dan akhir, caption dan file pada foto yang disertakan dalam postingan.

Materi selanjutnya pada 27 Oktober 2021 dibawakan Mba Jihan adalah Tips Tulisan Menang Lomba Blog

  • Pelajari penyelenggara lomba, bisa lihat latar belakang juri. Apakah seorang sastrawan, misalnya. Pelajari tulisan yang disukai juri tersebut. Lakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
  • Pelajari tema lomba dan lakukan riset bahan tulisan
  • Cari pokok bahasan unik
  • Kaitkan pengalaman pribadi dengan tema yang sedang ditulis
  • Lengkapi tulisan dengan gambar dan infografis pendukung
  • Sertakan data pendukung untuk memperkuat pendapat
  • Pastikan ada manfaat dari tulisan
  • Jangan lupa untuk berdoa

Hari terakhir, di tanggal 28 Oktober 2021, materi Google Adsense dan SEO oleh Mas Rozak dari Inspiratips Media

  • Fokus Niche
  • Hal ini bertujuan menguatkan branding, mendapatkan trafik, dan bounce rate yang rendah.
  • Menulis artikel berdasarkan keyword hasil dari riset
  • Menulis artikel pilar keyword dan golden keyword. 
  • Artikel pilar keyword adalah tulisan yang jumlahnya lebih dari 2000 kata yang dapat dibagi dalam 4 sub judul, sedangkan artikel golden keyword adalah tulisan dengan jumlah lebih kurang 500 kata.

Ohya, untuk Sahabat yang ingin mendaftarkan blog untuk mendapatkan google adsense, bisa memerhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Memiliki blog baik free maupun berbayar
  • Fokus niche tertentu
  • Rutin update artikel yang SEO dan human friendly 
  • Navigasi blog yang jelas 
  • Usia blog minimal 3 bulan 

Berdasarkan pengalaman Mas Rozak, 95% bloger yang memerhatikan ketentuan tersebut acc google adsense dalam hitungan cepat. 

Seru sekali bukan kursus singkat bloger yang saya ikuti tersebut. Beruntung banget bisa terangkut karena ternyata banyak pendaftar tidak bisa ikut karena kuota full. Nah, oleh sebab itu Sahabat Khansa yang baru memulai langkah mungil sebagai bloger nggak perlu merasa minder yang berakhir dengan malas merawat blog.

Selalu ada kesempatan bagi mereka yang punya semangat juang! Modal ikutan kursus singkat raih 30 juta pertama dari blog? Bisa, dong!  
2 komentar on "Kursus Singkat Raih 30 Juta Pertama dari Blog"
  1. Wow bisa dapat 30 juta dari nulis blog, mantul ini cuma modal produktif menulis. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah rezeki ngeblog yang manfaat sekali bisa buat naik haji dan sedekah sana sini aamiin

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9