Buku Ngeblog dari Nol, Bikin Energi Ngeblog Up Lagi!

Selasa, 25 Januari 2022
Assalamu'alaikum, Sahabat Khansa.

Lama rasanya tak lagi bercerita dengan leluasa bersama Rekam Jejak Sang Pemimpi. Alhamdulillah, hari ini ada kesempatan menulis sebagai syarat Pendaftaran Kelas Blog 2022 Blogging Goals for Newbie bersama Bu Ketu, Widyanti Yuliandari yang akan digelar 28 Januari 2022. Saya pilih topik Review buku Ngeblog dari Nol, aja, ya. Pas banget udah beli buku sarat manfaat ini di PO perdana tempo hari. Nggak mau ketinggalan, dong!

kelas blogging pemula


Emang buku apa, sih, itu? Kok mau beli buku ngeblog? Bukannya udah punya banyak? Pertanyaan ini kok kayak kereta, ya? Hahaha. 

Baiklah, pikiran labil, akan saya jawab pertanyaanmu dengan baik. Semua buku punya istimewa masing-masing. Mungkin saya sudah punya buku ngeblog. Namun buku Ngeblog dari Nol punya sisi luar biasa bagi pemula seperti saya khususnya.

Apa istimewanya buku Ngeblog dari Nol?


Pernah nggak, sih, pas lagi ngetik barisan kata tapi sahabat segera ingat kalau ternyata ada buku yang harus selalu tersedia di samping laptop? Jika pernah, buku Ngeblog dari Nol akan menjadi jawabannya. 

Spill, dong, isi bukunya kayak apa? Kok bisa buat kita mesti banget beli dan baca?

Oke, deh, saya juga nggak mau jadi pinter ngeblog sendiri. :D Kita smart berjemaah, ya, sob! 

Ketika sahabat memutuskan untuk menjadikan blogging sebagai salah satu aktivitas berkualitas, tentu kita butuh sesuatu yang menjadi kompas agar tak salah arah melangkah. 

Buku Ngeblog dari Nol dimulai dengan motivasi dari ketiga penulis, yaitu Mba Widyanti Yuliandari, Mba Alfa Kurnia dan Mba Nunu Amir. Kata-kata sang penulis diungkapkan dalam prakata. Saya begitu menikmati motivasi yang terselubung dalam prelim buku itu. 

Berangkat dari motivasi selanjutnya langkah demi langkah tentang pembuatan blog akan diuraikan dengan penjelasan singkat dan gambar-gambar pendukung. Saya termasuk salah seorang pembelajar yang tak merasa cukup jika hanya diberikan tulisan. 

Istimewanya, para penulis tak mengarahkan kita untuk memilih satu platform saja. Mereka memberikan penjelasan tentang dua platform ngeblog yang familier, blogger dan wordpress. Kelebihan dan kekurangan platform tersebut diuraikan jelas, jadi biar nggak salah kenal di awal dan berujung sesal :D

iidn adakah komunitas ibu ibu doyan nulis

Impian punya rumah maya udah terbangun. Tapi isinya masih melompong. Nah, saatnya isi dengan konten berkualitas. Ada tip yang seketika buat tersadar bahwa sumber tulisan blogging itu melimpah ruah. Nggak ada istilah mati ide. 

Sssttt, dalam sebuah webinar bersama Bu Ketu, saya menemukan istilah bridging. Dikombinasi dengan salah satu materi ODOP Blogger Squad, saya jadi terkesima dengan tulisan sendiri, lo! Dunia blogging kayak mutiara di dasar lautan. Makin dalam nyelam, makin terpukau. Ya, nggak dimungkiri, banyak juga aral rasa pahit. Kalau manis-manis aja itu sih permen. :D

Apakah jatuh bangun ngeblog ini cuma berlaku di saya? Wah, jangan kepedean, ya! Ada tahap cupu menuju suhu, kok! :D Nah, buku yang didominasi wana merah dan putih ini memuat kisah kasih para suhu blogger, lo. Simak cerita mereka dan bandingkan dengan pribadi. Masih pantaskah merasa pilu sendiri? Masihkah nyala semangat redup? Apalagi saat liku-liku itu berujung doku! Mau ikut jejak atau cuma sekadar baca dan aksi nanti?

Salah seorang mentor blog saya juga pernah bilang kalau dia punya prinsip nggak mau rugi. Beli buku ini niatnya kan pengen nge-charge ilmu dan nyontek semangat. Lha, kalau buku nyampe, baca sekilas, terus cuma jadi pajangan apa nggak sayang, ya? 

Yuk, ah, lesatkan gol-gol pencapaian terindah ngeblog bersama buku Ngeblog dari Nol IIDN. Buku terbitan Wonderland Publisher yang dicetak pertama pada September 2021 ini akan membawa kita berkelana di rimba blogging yang penuh liku tapi bikin candu. Happy blogging! 
6 komentar on "Buku Ngeblog dari Nol, Bikin Energi Ngeblog Up Lagi!"
  1. Wah buku buat ngeblog, menarik banget ini buat nemenin ngeblog santuy apalagi pas sibuk-sibuknya kayak gini biasanya ide sulit dateng. Nah, kayaknya bagus juga kalau ada motivasi di dalamnya.

    BalasHapus
  2. Saya juga blogger pemula banget masih bingung buat rutin nulis dan nyari idenya. Semoga aja tahun ini bisa rutin nulis hihi

    BalasHapus
  3. Wah, ini nih.. Sebagai blogger pemula saya beneran butuh kompas supaya nggak salah arah melangkah.. Makasi ulasannya, Mbak Nia..

    BalasHapus
  4. ternyata blog semakin tahu semakin kompleks tapi asyik untuk dipelajari, seru ya mbak ngeblog itu
    Namun semangatnya sy masih naik turun, butuh support system agar tetap semangat ngeblog dan belajar

    BalasHapus
  5. Terkesan sama istilah dari blogger cupu menjadi suhu, dan dari berliku berujung doku,..haha. Semoga usaha kita tak akan menghianati hasilnya nanti. aamiin.

    BalasHapus
  6. Pengen beli Kak Nia. Wah buku Ngeblog dari Nol pasti bikin wawasan saya nambah terkait dunia perblogingan ya mba. Siap siskan uang saku buat belinya. Trims sharing infonya.

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9