Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Institut Fundraising Indonesia, Fundraiser Wajib Konsultasi

Rabu, 09 Maret 2022
Dalam hidup ini kemudahan dan kesulitan akan datang silih berganti. Jika salah seorang diantara manusia mengalami kesulitan, maka menjadi fitrah sesama untuk saling membantu. Aneka bentuk bantuan bisa menjadi pilihan, salah satunya adalah melakukan penggalangan dana atau yang disebut fundraising.

Fundraising merupakan kegiatan penggalangan dana dengan cara pengumpulan kontribusi secara sukarela. Dana di sini tak hanya berwujud uang, tetapi juga bisa dalam bentuk barang atau jasa. Asal bantuan ini juga beragam. Bisa dari individu, perusahaan, yayasan, bahkan lembaga pemerintah.

Individu yang bertanggung jawab melakukan penggalangan dana ini disebut fundraiser. Ketika sebuah organisasi ingin mengagendakan acara donasi, misalnya, maka peran seorang fundraiser sangat penting untuk mengatur penyelenggaraan acara penggalangan dana.

Lantas, bagaimana strategi seorang fundraiser agar acara fundraising yang direncanakan dapat sukses? Tentu ia harus memikirkan secara matang metode pengumpulan dana yang akan digunakan.

Institut Fundraising Indonesia


Metode Fundraising


Menggelar Acara


Pada acara ini para tamu akan diundang dengan tujuan pengumpulan dana, Tentu saja para tamu telah mendapatkan sosialisasi mengenai saluran dana tersebut. Setelah terkumpul, maka dana akan disampaikan sesuai dengan kesepakatan.

Kampanye di Media Sosial


Kecanggihan teknologi membuat jarak semakin dekat. Melalui media sosial ini acara penggalangan dana yang dilakukan di suatu daerah terpencil pun bisa menjangkau para donatur yang berada di ibukota. Tentu saja diperlukan transparansi penyelenggara agar calon donatur percaya. Bagi para calon donatur juga harus lebih teliti sebelum menyerahkan bantuan. Era media sosial ibarat pisau bermata dua sehingga membutuhkan ketelitian yang lebih antara kedua belah pihak.

Menggunakan Peranan Website


Hampir senada dengan media sosial yang menggunakan akun. Maka, akun tersebut juga bisa mengampanyekan kehadiran website penggalangan dana. Di website ini segala informasi tentang fundraising yang dilakukan akan disajikan dengan jelas. Mulai dari latar belakang hingga kemana tujuan akhir dana yang terkumpul. Kehadiran website membuat para donatur mendapatkan informasi lebih jelas sebelum memberikan bantuan kemanusiaan.

Apakah menggunakan metode-metode di atas cukup efektif?

Hemat saya, banyak metode belum menjamin terselenggaranya satu kegiatan dengan hasil maksimal tanpa diiringi dengan kecakapan dari sang penyelenggara. Baiklah, dalam hal ini yang saya maksud adalah keahlian fundraiser.

Untuk menjadi seorang fundraiser yang andal, seseorang membutuhkan ilmu. Perlu beberapa pelatihan yang membuat seorang fundraiser mampu mengelola metode apapun yang ia pilih. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan Lembaga Konsultan Fundraising yaitu Institut Fundraising Indonesia (IFI) dan turut berkontribusi menjadi salah satu bagian di dalamnya.

IFI yang memiliki visi menjadi lembaga yang mendorong terciptanya Sustainable Development Indonesia ini akan membantu para fundraiser untuk menjadi seseorang yang profesional, memiliki tingkat kepercayaan dan berkeadilan.

Prinsip yang senantiasa dijaga kuat oleh Institut Fundraising Indonesia


Profesionalisme


Era digital menyebabkan mau tidak mau segala sesuatu ikut berkembang agar tidak ketinggalan. Oleh sebab itu IFI pun turut menyesuaikan diri dengan era ini agar tetap menunjukkan performa terbaik.

Keterpercayaan


Jika rasa percaya satu sama lain telah terbentuk, maka bukan hal sulit untuk menciptakan peluang-peluang baru bagi proses penggalangan dana yang dicanangkan. IFI pun terus berusaha menjadi prinsip itu.

Keadilan


Fundraising adalah kegiatan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Pertanggung jawaban kegiatan ini menyangkut hubungan dengan Tuhan pun manusia. Oleh sebab itu senantiasa berlaku adil adalah satu keharusan.

Layanan yang diberikan Institut Fundraising Indonesia


Lembaga konsultan fundraising ini memberikan layanan yang tentu saja memiliki keunggulan, yaitu:

Public Training


IFI gencar memberikan pelatihan publik demi terciptanya ekosistem fundraising yang lebih baik. Beberapa dokumentasi berikut memperlihatkan beberapa pelatihan umum yang pernah diselenggarakan IFI.

Public Training Fundraising

Inhouse Training


Selain terbuka untuk publik, IFI juga giat menyelenggarakan pelatihan secara internal. Berikut dokumentasi kegiatan tersebut.

Inhouse Training Fundraising

Consulting


Kegiatan konsultasi juga gencar dilaksanakan dengan tujuan:
  • menguatkan dan membangun fundraising retail dan digital
  • membuat fundraising startegis (SWOT fundraising, Target, KPI tim fundraising)
  • mendorong fundraising korporasi
  • membuat sistem layanan

Publishing


Tak disangka, salah satu layanan yang diberikan IFI adalah penulisan hingga penerbitan buku-buku milik lembaga, baik menyangkut fundraising maupun sejarah lembaga itu sendiri. Kehadiran buku-buku ini membuat pengaderan untuk keberlangsungan lanjut lembaga di masa mendatang.

Program Unggulan Institut Fundraising Indonesia


Indonesia Fundraising Award


Dalam rangka memberikan apresiasi bagi para lembaga yang berkiprah di bidang kemanusiaan, IFI mengadakan Indonesia Fundraising Award. Ajang kedua telah digelar pada 4 November 2021 bertempat di Hotel Arosa.

Besar harapan dengan ajang IFA ini akan dapat memotivasi lembaga kemanusiaan lain untuk mengikuti jejak lembaga terpilih dalam mengadakan fundraising. Lebih lanjut, semoga banyak generasi muda yang terpanggil hatinya untuk turut menggemakan semangat berbagi.

Indonesia Fundraising Award

Fundraising Leadership Program


Bagi talenta muda, IFI meluncurkan Fundraising Leadership Program (FLP). Dalam program ini akan disediakan beasiswa bagi generasi muda. Mereka akan dipersiapkan untuk menjadi leader yang andal dalam pemahaman gerakan zakat dan kemanusiaan.

Leader-leader muda ini diharapkan akan menjadi direktur-direktur fundraising di masa depan. Dalam program ini, para siswa FLP akan dilatih dalam bentuk teori dan praktik selama kurang lebih empat bulan. Materi yang akan diterima seputar fundraising, fikih ziswaf, filantropi, kelembagaan, leadership, motivasi hingga skill fundraising.

Di akhir pelatihan akan diadakan evaluasi dan wisuda. Selanjutnya, para siswa penerima beasiswa FLP akan ditempatkan di lembaga pengelola zakat dan kemanusiaan. Sebagai langkah awal, penerima beasiswa akan didampingi oleh tim Institut Fundraising Indonesia selama dua bulan.

beasiswa bagi generasi muda

Kesimpulan


Tak jarang kegiatan amal bisa berubah menjadi satu malapetaka jika tidak dikelola dengan baik. Menyerahkan urusan fundraising pada ahlinya seperti yang disajikan oleh Institut Fundraising Indonesia adalah hal yang patut dipertimbangkan sebelum memulai aksi. Para trainer yang berasal dari beragam latar belakang profesi telah menunjukkan dedikasi memberikan layanan terbaik. Tak elok rasanya memberikan penilaian sebelum mengetahui rekam jejak penyedia SDM yang tangguh di bidang fundraising dalam dan luar negeri ini. Selanjutnya, teman-teman bisa mengunjungi langsung kampus fundraising yang beralamat di Kota Depok, Jawa Barat ini, ya.

Referensi:


Compro terbaru IFI 2022 diakses pada 06 Maret 2022 pukul 23.00 WIB

IFI Kembali Gelar Indonesia Fundraising Award 2021. https://m.jpnn.com/news/ifi-kembali-gelar-indonesia-fundraising-award-2021 diakses pada 09 Maret 2022 pukul 10.00 WIB

Fundraising: Pengertian, Metode, dan Manfaat. https://blog.wecare.id/2021/05/fundraising-pengertian-metode-dan-manfaat/ diakses pada 06 Maret 2022 pukul 22.00 WIB

Institut Fundraising Indonesia Luncurkan Beasiswa Fundraising Leadership Program. https://www.industry.co.id/read/97825/institut-fundraising-indonesia-luncurkan-beasiswa-fundraising-leadership-program diakses pada 09 Maret 2022 pukul 11.00 WIB

Institut Fundraising Indonesia. https://fundraisingindonesia.org/ diakses pada 05 Maret 2022 pukul 18.00 WIB

Be First to Post Comment!

Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9