12 Alasan Pentingnya Toko Online, Salah Satunya Hemat Biaya!

Jumat, 27 Mei 2022
Pentingnya toko online perlu diketahui oleh para pelaku usaha yang berniat mengembangkan bisnisnya secara maksimal. Di era yang sudah serba modern ini, semua bisnis akan lebih berkembang jika memanfaatkan teknologi yang ada, salah satunya dengan membuat toko online

Alasan Mengapa Toko Online itu Penting


Tidak dipungkiri jika saat ini banyak pelaku usaha yang mengembangkan bisnisnya melalui toko online karena dianggap sangat efektif untuk memasarkan produk yang dijual. 

12 Alasan Pentingnya Toko Online, Salah Satunya Hemat Biaya!


Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pelaku usaha harus memiliki toko online:

1. Menghemat Biaya


Alasan pertama pentingnya memiliki toko online adalah bisa menghemat biaya. Mengapa demikian? Karena berbeda dengan toko konvensional, sahabat tidak perlu menyewa tempat usaha yang notabene harga sewanya terbilang mahal.

Bahkan jika sahabat menggunakan toko online yang berbayar sekalipun, maka biaya yang dibutuhkan tidak akan sebesar seperti ketika menyewa ruko atau tempat usaha secara konvensional. Apalagi jika sahabat membuat toko online tersebut secara gratis.

Selain itu, toko online yang sedang dirintis juga bisa dikelola sendiri secara personal tanpa perlu mempekerjakan karyawan. Karena untuk pengaturan produk dan segala macam bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

2. Menampilkan Identitas Lengkap


Melalui toko online, sebagai pelaku usaha sahabat juga bisa menampilkan identitas bisnis dan profil usaha secara lengkap. Dengan cara ini maka toko online akan terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Identitas bisnis yang lengkap menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi kepercayaan konsumen. Karena dalam berbelanja online, biasanya konsumen akan mencari toko yang sudah terpercaya dan memiliki profil bisnis yang jelas.

3. Menampilkan Informasi Produk Lengkap


Bukan hanya identitas bisnis saja, toko online juga menampilkan informasi produk secara lengkap. Dalam hal ini produk yang dijual akan dilengkapi dengan nama, harga dan juga detail produk atau deskripsi produk.

Informasi produk yang lengkap dan detail tentu akan memudahkan konsumen untuk mencari produk yang dibutuhkan. Konsumen juga bisa langsung mengetahui harga produk sehingga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

4. Mengenalkan Produk Baru dan Promosi


Alasan lain pentingnya toko online untuk bisnis yaitu sebagai sarana untuk mengenalkan produk baru secara efektif karena mudah diakses banyak orang. Dengan toko online ini maka berbagai macam produk baru bisa langsung diupdate sehingga konsumen mengetahuinya.

Selain itu, untuk keperluan promosi produk juga lebih hemat karena tidak perlu membayar biaya promosi secara konvensional, seperti di media cetak atau brosur.

5. Meningkatkan Penjualan


Alasan lain dari pentingnya memiliki toko online adalah membantu meningkatkan penjualan. Karena dengan informasi produk yang lengkap serta kemudahan dalam pemesanan akan membuat konsumen semakin tertarik sehingga melakukan pemesanan produk.

6. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas


Toko online juga sangat penting karena mampu menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga memaksimalkan pemasaran. Melalui jaringan internet, siapapun bisa dengan mudah mengakses toko online milik sahabat sehingga akan menjaring target pasar yang lebih banyak.

7. Menjadi Sarana Branding


Alasan lain pentingnya toko online adalah bisa menjadi sarana untuk branding. Karena di toko online tersebut sahabat akan menunjukkan kemampuan mengelola bisnis, termasuk bagaimana pelayanan yang diberikan serta penyampaian informasi yang tepat dan efektif.

8. Urusan Bisnis lebih Efektif dan Efisien


Dengan berbagai alasan penting di atas maka urusan bisnis bisa dijalankan dengan lebih efektif dan efisien. Pasalnya sahabat hanya perlu membalas chat dari konsumen, melakukan update harga dan produk, stock opname dan lain sebagainya.

Untuk urusan bisnis yang lebih efektif, sahabat bisa membuat toko online secara gratis tanpa coding melalui TokoTalk. Atau kalau mau custom domain juga bisa dengan berlangganan Paket Premium atau paket Pro TokoTalk.

9. Membangun Portofolio


Satu lagi alasan pentingnya toko online, yaitu bisa digunakan untuk membangun portofolio bisnis. Karena di dalamnya terdapat histori perkembangan bisnis yang dijalankan. Dengan portofolio yang bagus, maka konsumen akan lebih percaya dan tertarik untuk membeli.

Bahkan tidak jarang dengan portofolio yang bagus, banyak investor yang akhirnya melirik bisnis sahabat dan tertarik untuk berinvestasi. Kalau sudah begitu, maka potensi keuntungan yang didapatkan bisa meningkat tajam.

10. Memudahkan Konsumen Bertransaksi


Bukan hanya pemilik toko online saja yang diuntungkan dengan adanya toko online tetapi juga konsumen. Salah satu manfaat toko online bagi konsumen adalah menawarkan kemudahan dalam bertransaksi.

Dalam hal ini konsumen hanya perlu melakukan pemesanan produk sesuai yang diinginkan dan kemudian membayarnya dengan metode yang dipilih. Dengan begitu maka konsumen bisa berbelanja produk kapan saja dan dimana saja sesuai kebutuhan.

Melalui toko online konsumen juga bisa mendapatkan informasi terkini. Seperti misalnya jika sahabat menawarkan produk baru, promo, discount dan lain sebagainya.

11. Terhubung dengan Konsumen


Konsumen adalah faktor utama yang membuat bisnis sahabat semakin berkembang. Dengan adanya toko online berbasis internet, bisnis yang dikembangkan lebih mudah untuk terhubung dengan konsumen. Karena saat ini hampir semua orang tidak pernah lepas dari smartphone.

12. Media untuk Mengumpulkan Informasi Konsumen


Manfaat toko online bagi penjual juga sangat penting karena bisa digunakan sebagai media untuk mengumpulkan informasi konsumen. Mulai dari jumlah kunjungan, pemesanan serta data seperti email konsumen.

Informasi yang terkumpul bisa digunakan sebagai acuan untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan pengembangan bisnis. Seperti misalnya keperluan promosi, kebijakan penjualan, dan lain sebagainya.

12 alasan pentingnya toko online di atas adalah informasi yang harus diketahui pelaku usaha. Selain menghemat biaya dan praktis, toko online juga akan memaksimalkan pemasaran karena jangkauannya lebih luas. Silahkan akses TokoTalk dan buat toko online gratis sekarang!

1 komentar on "12 Alasan Pentingnya Toko Online, Salah Satunya Hemat Biaya!"
  1. Wah, lengkap banget ya kak keuntungan punya toko online sendiri! Ini yang harus dipahami oleh para pebisnis online, jangan cuma lewat medsos, tetapi mesti membuat toko online juga.

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9