IIDN, Merekam Jejak Sang Pemimpi

Rabu, 25 Mei 2022
Jika ditanya tentang bagaimana cara agar blog menghasilkan cuan, maka saya akan tersenyum sejenak. Karena pertanyaan ini pun menghantui saja sejak dua tahun yang lalu. Tepatnya, ketika Rekam Jejak Sang Pemimpi masih bersubdomain blogspot.

Lantas, ketika job blog pertama menyapa, saya pernah membawakan kisahnya di Cerita di Balik Pindahan Blogspot ke Domain TLD, saya mulai mantap menapaki jalan ngeblog yang lebih terarah.

Emang selama ini amburadul banget, ya? Hahaha, oh tentu! Jadi, saya tuh dulunya suka banget posting ulang info menulis cerita anak (karena awal mula saya terjun ke dunia literasi adalah di penulisan cerita anak), yang saya dapatkan di halaman facebook dan blog. Langsung copy paste, lo, ya. Widih! Kalau diingat sekarang saya jadi ngeri sendiri. Bisa terindikasi plagiarisme berapa persen tuh sama Mbah Google.

Perlahan, dan saya lupa tepatnya mengapa dan bagaimana, mungkin inilah namanya jodoh titipan Tuhan. Langkah jari-jemari yang suka ngasal klik ini ketemu dengan laman grup facebook Ibu-ibu Doyan Nulis - Interaktif (IIDN). Sempat agak lama saat ingin bergabung, sebab belum menyandang predikat ibu. 

Tapi ya entah kenapa juga pada akhirnya tergabung, melihat banyak hal yang diinfokan di sana sampai pada akhirnya berani mengikuti event yang diadakan.

Di 2020, bahkan saya mengikuti lomba blog yang digelar IIDN bersama provider Indosat Ooredoo. Berkat perkenalan tersebut saya menjadi pelanggan setia provider dengan dominasi warna kuning mentereng itu. IIDN punya andil memperkenalkan saya dengan paket internet dengan kuota melimpah dan kecepatan wuz wuz ini.

Dalam salah satu lomba blog yang lagi-lagi bersama Indosat Ooredoo, tulisan saya bahkan diberikan predikat juara. Alhamdulillah, itu adalah kemenangan perdana saya di dunia blog.

IIDN mempertemukan saya dengan peluang ngeblog hingga meraih kemenangan. Perkenalan yang tanpa sengaja dengan IIDN sampai kemenangan perdana tersebut membuat saya bisa bergabung dengan banyak kesempatan ngeblog lainnya.

Ikut Kelas Ngeblog bareng IIDN Bikin Ngeblog Makin Elok


IIDN gencar memberikan banyak ilmu ngeblog lewat kelas-kelas berbayar dengan mentor berpengalaman di bidangnya. Seingat saya, pernah ikut kelas 2022 Blogging Goals for Newbie, kelas Canva for Blogger dan kelas Blog Competition Preparation (full version).

Kelas-kelas ini berbayar dan tak jarang waktu pelaksanaannya saat saya sedang dapat sif sore. Jadwal dinas sejak pukul tiga sore hingga sepuluh malam tersebut tentu akan bersamaan dengan kelas yang mayoritas dimulai pukul 19.30 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB itu.
Bukan kendala jika sesuatu dilakukan sepenuh hati dan cinta
Alhamdulillah, saya masih bisa mendengarkan, meskipun nggak bisa memberikan feedback. Beruntung, jika tidak ada kendala, penyelenggara menyediakan rekaman yang bisa saya putar ulang.

Meraih Peluang Ngeblog bersama IIDN


Semakin ke sini, IIDN terus menunjukkan cinta pada para blogger, khususnya pemula, yang punya semangat luar biasa. Lomba-lomba blog yang merupakan kerjasama IIDN dengan beberapa penyelenggara punya keunikan dari sisi perekrutan peserta. Jadi, IIDN memberikan ‘reward’ untuk semua peserta yang ikutan lomba yang mereka adakan. Ya, dengan membuat postingan sesuai ketentuan, biasanya dengan deadline lebih cepat, peserta berpeluang mendapatkan benefits tambahan ilmu ngeblog, entah dari sisi teknis ataupun penulisan konten blog agar semakin kece.

komunitas perempuan penulis terbesar di Indonesia

Postingan itu juga akan diikutkan dalam lomba. Maka, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, ya, kan?

Omong-omong tentang peluang ngeblog bersama IIDN ini, saya pernah mendapatkan pemenang 70 peserta tercepat, lo. Entah sejak kapan saya yang deadliner garis keras ini bisa mempersiapkan konten bahkan sehari sebelum info resmi launching (saat itu sudah ada kisi-kisinya). Hanya IIDN yang bisa meruntuhkan pertahanan di pejuang hari H sebelum kena tendangan sang PIC. Hahaha.

Sejak ikut webinar yang mayoritas dibawakan oleh Mbak Wid, selaku ketua komunitas perempuan penulis terbesar di Indonesia ini saya banyak tercerahkan, termasuk tentang ungkapan yang sering beliau tuturkan yakni bertumbuhlah bersama blog.

Saya memilih jalan mengikuti lomba blog dan selalu mencoba meraih peluang ngeblog bersama IIDN dalam rangkaian perjalanan panjang bertumbuh bersama blog.

Apakah sahabat punya ulasan seru dan berkesan bersama IIDN? Share, yuk!
6 komentar on "IIDN, Merekam Jejak Sang Pemimpi"
  1. bukan kendala kalau sesuatu kita lakukan sepenuh cinta, dalam banget mba. kalo sudah cinta apa-apa rela ya coach. rela begadaang, rela meluangkan waktu demi sesuatu yang dicinta. bismillah

    BalasHapus
  2. Saya jadi ingin mencoba bergabung di IIDN untuk menambah pengalaman menulis.. gimana cara gabungnya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan gabung ke FBG Ibu-ibu Doyan Nulis - Interaktif, Mba Nadia. Ini alamatnya, ya https://web.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis Semoga kita makin berdaya bersama IIDN.

      Hapus
  3. IIDN memang oke punya, coachnya pun baik-baik dan sabar, cepat respons klo kita nanya, terbaik lahh IIDN

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9