Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Cara Mengatasi Redirect di Blogspot

Selasa, 05 Juli 2022
Memasuki pertemuan kedua di kelas audit blog dengan aplikasi Screaming Frog bimbingan Coach Irwin. Kali ini materi tentang cara mengatasi redirect di blogspot. Sebelum beranjak lebih jauh, ada baiknya kita bahas tentang pengertian redirect itu sendiri.

Pengertian Redirect


cara atasi redirect di blogspot

Suatu ketika sahabat akan melakukan perjalanan menaiki sebuah pesawat. Maunya, sih, naik maskapai penerbangan yang cuss langsung sampai tujuan. Namun, karena satu hal, pesawat yang sahabat naiki harus transit. Huh, menyebalkan! Padahal ada pekerjaan di tempat tujuan yang butuh penanganan segera.

Berdasarkan analogi tersebut, dapat disimpulkan bahwa redirect adalah sebuah teknik untuk mengarahkan pengunjung blog ke url berbeda. Sang admin blog, bebas meneruskan ke situs website apapun, tentunya asal tersedia secara online, ya. Jadi, ketika pengunjung mengklik url yang sahabat berikan, ia akan dibawa berkelana ke situs website lain. Duh, nggak sesuai banget antara cover dan isi, nih.


Redirect 3xx di Blogspot

Redirect 3xx di Blogspot


Kode 3xx adalah kode pengalihan yang akan membawa pengunjung ke alamat website baru, meskipun ia mengklik alamat website lama.

Ketika saya melakukan site audit sesuai arahan sang coach, saya menemukan kode 3xx berjumlah 70 item pada crawl perdana saya di 10 Mei 2022. Item ini merupakan status code 301 dan 302. Banyak, ya?

Status code 301


Di aplikasi Screaming Frog tertera status Moved Permanently untuk kode ini. Hal ini mengidentifikasikan bahwa halaman website atau sumber telah dipindahkan secara permanen pada sumber yang berbeda. Dengan kata lain, kode 301 digunakan untuk pengalihan URL permanen.


Solusi perbaikan status code 301


Sorot pada bagian yang ingin diperbaiki

Perhatikan tab di bagian bawah aplikasi Screaming Frog. Klik inlinks.
Ini adalah letak artikel yang terpapar masalah 301.
Buka artikel tersebut untuk melakukan pengeditan.

cara atasi status code 301 adalah

Klik tab Outlinks. Ini adalah alamat http redirect. Coba copy paste link tersebut di browser dan lihat ke alamat manakah link tersebut dialihkan.

cara alihkan url artikel

Lakukan pengeditan sesuai alamat baru yang tampil di browser.
Lakukan crawl kembali di Screaming Frog.
Lihat bahwa masalah telah teratasi!

Status code 302


Status found disematkan untuk kode 302. Hal ini mengidentifikasikan bahwa permintaan pada sumber ditemukan, tetapi tidak pada lokasi yang seharusnya. Berbeda dengan 301 yang memang mengalami perubahan alamat secara total, pada kode 302 pengalihan URL bersifat sementara.

Kasus Redirect di Blog Rekam Jejak Sang Pemimpi dan Cara Memperbaikinya


Ubah http menjadi https


Proses komunikasi dalam jaringan internet dilindungi oleh https. Oleh sebab itu jika ada alamat website yang masih menggunakan http, otomatis akan muncul notifikasi keamanan. Pengunjung bisa menghindari website sahabat, lo. Pilih aman saja istilahnya.

Cara memperbaiki ubah http menjadi https


Gampang, kok. Sahabat tinggal beralih ke dasbor blog, lanjut ke menu setelan, pilih sub menu https. Geser tombol hijau di ketersediaan https dari sisi kiri kanan sehingga akan muncul tulisan status tersedia.

Setelan ini dilakukan jika alamat yang belum https tersebut ada di blog pribadi. Namun jika alamat tersebut adalah eksternal link yang berasal dari keperluan job, maka saya akan menambahkan ‘s’ di alamat http yang tertera di url.


Url yang terbawa dari hasil copy paste


Saya termasuk blogger yang memulai langkah ngeblog dengan ‘asal’. Jadinya, ya asal comot dari halaman facebook, misalnya. Di zaman itu sepertinya tagar sudah mulai ada. Seringkali di akhir artikel facebook ada tambahan misal #penulisceritaanak. Tagar ini terbawa ke blog dan ditandai sebagai url 404 yang tidak bisa diakses.

Cara memperbaiki url yang terbawa dari hasil copy paste

Gampang! Arahkan kursor ke tagar yang bermasalah, lalu klik ikon hapus link. Selesai, deh!

Hilangkan https://draft.blogger.com/


Saya mengaktifkan tombol ini tanpa sengaja sepertinya. Karena belum tahu dampak dari 'sekadar' geser tombol ini. 

Hilangkan https://draft.blogger.com/

Cara menghilangkan https://draft.blogger.com/

Solusi atasi problem ini cukup simpel. Sahabat tinggal menonaktifkan tombol on yang mungkin aktif di submenu gunakan draf blogger yang terdapat di menu setelan blogger. 

02 redirect 3xx


Saya melakukan cara mengatasi redirect di blogspot seperti dua langkah tersebut. Alhamdulilah, meskipun ada 70 item, tetapi cara penyelesaiannya singkat. Cuma waktunya aja nggak bisa cepat, ya. Per hari saya cicil sekitar 10 - 20 item.

crawl sukses dengan screaming frog


Redirect bisa bikin pengunjung keki. Malas balik lagi dan akhirnya blog kita sepi. Nggak mau, kan, kalo itu sampai terjadi? Yuk, audit blog dan lakukan pembenahan!
37 komentar on "Cara Mengatasi Redirect di Blogspot"
  1. Sering banget ada redirect apalagi ini gak ramah banget pernah kejadian kayak gini, nyebelin banget dan ngatasinnya ga mudah. Kadang kalau udah dihapus masih balik lagi gitu, bisa dicoba nih tipsnya terima kasih!

    BalasHapus
  2. Kalau untuk perubahan http ke https terkait dengan sertifikat SSL bukan ya,,
    Saya nyoba belajar site audit sendiri pakai aplikasi kodok menjerit itu diajarin temen, wow menunya banyak ya,, bilah kiri, bilah kanan, bawah,, berasa masuk ke dunia lain ya lihat daleman blog sendiri,, hihi

    BalasHapus
  3. Wah, makasih infonya Mba. Aku lagi mau benerin http jadi https nih. Nemu cara ini

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah awak belum pernah ngalamin bagian di blogspot kak. Nanti kalo ternyata ada masalah, awak pasti ngubek blog kakak lagi. Hihihi..
    Terimakasih ilmunya ya kak.

    BalasHapus
  5. jadi kak redirect iti sebabnya karena kita belum mengubah setelan http menjadi htpps ya? dan copy paste artikel yg bertagar ya kk? saya pernah diinfo temen jangan banyak kali pakai tagar di blog krn bisa eror (maksudnya ngerjain tugas online yg mencantumkan tagar gt) dan sejak itu saya gak pernah cantumkan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link yang sudah di-redirect ini meskipun sudah bener, tetap perlu diatasi karena bikin jelek performa blog dari segi SEO nya,, Bunda Nadia...

      Hapus
  6. Suka sebel memang kalao lagi buka blog terus redirect nya gak berjalan dg baik. Atau ternyata gagal. Aku biasanya langsung malas untuk melanjutkan

    BalasHapus
  7. Wah aku pun jadi belajar nih redirect. Aku sendiri sedang belajar nih site audit dan baru sadar kalo semacam ini perlu dikuasai juga bagi seorang blogger

    BalasHapus
  8. Redirect emang bikin hati menjerit juga pastinya. Kode 301 dan 302 udah saya berantas semua. Eh, bulan lalu, pas ngedit template blog, kode 301 302 ada lagi. Terpaksa ngulang beberes lagi.

    BalasHapus
  9. Cara mengatasi redirect atau kesulitan teknis bisa juga dipandu penyedia domain beli. Artikelnya khasanah blogging.

    BalasHapus
  10. Belajar site audit ini belajar sabar. Dan beneran ngerjainnya harus dicicil biar ga berat sih. Tapi kalo ada masalah terus bisa ngerjain itu seneng banget ya

    BalasHapus
  11. Punyaku tinggal 1 nih mbaaa... Yg redirect ke ig.. Heheheh untung banget ada si kodok ya... Kalau nggak ada nggak tau deh nyarinya pusing pasti.. Wkekwk

    BalasHapus
  12. Wah ini ilmu baru klo di blogspot. Kmrn saya pertama audit muncul 52 mbak. Sekarang masih 5, tunggu eksekusi. Ternyata banyak hal di blog yg harus dibersihin

    BalasHapus
  13. Kelihatannya gampang ya mbak. Tapi kalau yang harus dibenahi banyak ya ngelu juga. Punyaku 200. Hiks. Senang ya kalau akhirnya udah beres semua

    BalasHapus
  14. Draft blogger ternyata bikin link redirect ya, jadi tau deh trik untuk mengatasi redirectnya ini dan ternyata simpel hehe, bisa dicoba nih untuk blog blogspot saya :)

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat menarik mbak..
    Penjelasannya detail dan aku suka infografisnya..

    BalasHapus
  16. Wah akhirnya menemukan artikel redirect blogspot, ternyata bisa juga ya.. akubkura selama ini buat wordpress aja.. ku share buat yg perlu yaa :)

    BalasHapus
  17. wah menarik ini mbak, jadi tahu saya
    saya juga begini nih, awalnya asal aja, duh ada ga ya artikel saya yang seperti itu, perlu audit juga nih sepertinya, terima kasih tipsnya ya mbak Nia

    BalasHapus
  18. Informasi ini sangat manfaat dan sepertinya langkah2 yang dijelaskan juga mudah. Makasih mb Nia

    BalasHapus
  19. oooh, gunakan draf blogger itu untuk apa sih?

    BalasHapus
  20. Terima kasih mbak, artikel ini sangat bermanfaat. Tetapi untuk saya pribadi masih mengalami kendala dan kebinguan sehingga blog yang sudah dibuat mati suri. hehe...

    BalasHapus
  21. Aku baru tau cara yang menghilangkan draft blogger itu. Jadi sekalian ngecek deh punyaku aktif atau enggak :D

    BalasHapus
  22. wah....q baru tau nih mbak, ternyata ngeblog itu gak gamoang ya harus banyak belajar juga nih. Pelan-pelan q pelajari lagi mbak, makasih ya mbak ilmunya.

    BalasHapus
  23. Ehh iyaa aku sampe lupa belum off kan settingannya itu. Yaampuun, draft.blogger itu emang menjebak bangettt yaa, bikin kita memandang si kodok makin lama hahahahah

    BalasHapus
  24. Lah baru paham saya dengan maksud kode2 tsb,, yg paling lazim yg 404 ya eror hahaha, makasih lo udah kasi ilmu.

    BalasHapus
  25. Ini hal yang sebenernya sering terjadi tapi aku ngga ngeh...Wah, tulisan Kak Nia ini sangat-sangat bikin aku pengen audit blog juga supaya ngga pake acara transit-transit lagi yaa..

    BalasHapus
  26. Aduh gimana dengan blog saya ya mbak. Pasti banyak errornya, tapi saya takut juga ikut kelasnya, takut menghadapi kenyataan, hehehe. Tapi berguna banget untuk kesehatan blog ya.

    BalasHapus
  27. Keren bangeeet redirect udah diberesin. Aku masih ratusan...hiks. Gara² asal aja ganti url dari dashboard WP. Kan kebawa ke semua artikel. Duuh...Lelah akutu. Semangaaat...

    BalasHapus
  28. Wah.. makasih mbak.. lumayan detil ini. Aku kok kaya harus pegang tutorial kalau beres-beres blog. Ini kusimpan ah.. nanti tinggal buka kalau ngoprek blog

    BalasHapus
  29. Disuruh transit2 itu nggak enak ya mbak,,, haha Termasuk mesin pencari maupun pengunjung blog kita. Maunya kan langsung aja ke alamat yang benar.

    Pembenahan dengan audit blog ini sangat membantu membuat isi blog jadi lebih ramah mesin pencarian dan user friendly. Semoga traffik blognya yambah banyak ya mbak...

    BalasHapus
  30. Akhirnya, ya, Mba Nia...klo SDH tau penyebabnya, sih...bisa bernafas lega, cuma pas pertama crawl bikin ternganga...lumayan yaa ada 70...untung udah master, nih..semangat terus...

    BalasHapus
  31. Sama Mba, aku juga wordpress gak selesai 1 hari walau cuma dikit. Tapi selesai juga.

    BalasHapus
  32. Selama ini gak ngeh kalau error 301 & 302 harus diperbaiki.
    Lumayan juga mengganti link internal dari http jadi https hihihi

    BalasHapus
  33. MasyaAllah mbak luar biasa ya kalau blogspot. Kok kayak rumit banget apa karena saya pakai wp ya? 😁 tapi bersyukur banget bisa ikut kelasnya ya

    BalasHapus
  34. alhamdulillah terimakasih mba ini sering terjadi ketika mau buka blog.. insyaallah ilmunya sangat bermanfaat dan bisa di praktekkah

    BalasHapus
  35. Aku juga nih lagi belajar mbak. Banyak banget yg perlu dibenahi ternyata. Semangattttt

    BalasHapus
  36. wah nambah pengetahuan lagi nih bermanfaat sekali :)

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9