Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Mudah, Inilah Cara Memutihkan Gigi dengan Alami

Senin, 08 Agustus 2022
Gigi putih, bersih dan terawat merupakan dambaan semua orang. Pasalnya bisa menambah kecantikan dan ketampanan serta meningkatkan rasa percaya diri. Namun, tidak semua orang memiliki gigi dambaan seperti ini. Ada banyak orang yang memiliki gigi kuning sehingga rasa percaya diri menurun. Lantas, adakah cara memutihkan gigi yang kuning tersebut?
Gigi kuning? Ih, jorok! Pasti nggak rajin sikat gigi!
Ya, tentu saja ada cara untuk memutihkan gigi yang kuning. Beberapa bahkan merupakan cara alami dan hanya menggunakan bahan yang tersedia di rumah. Sebelum mencari cara bagaimana memutihkan gigi, kenali lebih dulu apa penyebab gigi menjadi kuning.

Karena perkara pengobatan tentu harus didahului dengan perkenalan terhadap penyebab. Solusi yang tepat dihadirkan oleh mengetahui seluk-beluk sebuah permasalahan, bukan? 

Faktor Penyebab Gigi Kuning


Banyak sebab yang bisa membuat gigi menjadi kuning. Mulai dari makanan tertentu sampai plak yang menumpuk. Untuk lebih jelasnya berikut adalah 4 faktor yang sering diabaikan dan tanpa sadar menjadi penyebab utama kuningnya gigi.

1. Teh hitam dan kopi


Sering mengonsumsi teh dan kopi ternyata berdampak pada berubahnya warna gigi. Pasalnya minuman ini mengandung kromogen, tanin dan asam yang tinggi. Zat ini dapat menutupi warna putih pada enamel gigi dan menyebabkan warna pada gigi berubah.

2. Minuman anggur


Anggur atau wine juga mengandung kromogen dan tanin. Oleh karena itu, jika mengonsumsi minuman ini terlalu sering maka risiko gigi menjadi kuning akan meningkat.

3. Permen


Siapa sangka ternyata permen memiliki andil sebagai penyebab gigi kuning. Terutama jenis permen yang mengandung pemanis buatan dan meninggalkan noda berwarna di lidah setelah memakannya.

4. Merokok


Bahan dasar rokok adalah tembakau. Tembakau dapat meninggalkan noda pada gigi. Tak hanya noda pada gigi, merokok juga memiliki efek negatif untuk kesehatan. Terutama kesehatan mulut karena dapat menjadi pemicu penyakit kanker mulut.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Mudah dan Alami


cara memutihkan gigi
<a href='https://www.freepik.com/photos/dental-teeth'>Dental teeth photo created by Racool_studio - www.freepik.com</a>

Setelah mengetahui penyebab gigi menjadi kuning, berikut adalah cara memutihkan gigi dengan mudah.

1. Rajin menyikat gigi, minimal 2 kali sehari selama 2 menit


Ya, selain rajin menyikat gigi, perhatikan pula waktu yang dianjurkan dalam proses penyikatan. Keduanya harus kompak. Karena jika hanya satu bagian saja yang dilakukan, maka hal itu tidak akan berdampak optimal dalam mengembalikan warna alami gigi. 


2. Gunakan bahan alami untuk menyikat gigi


Coba, deh, bahan alami yang dapat memutihkan gigi. Misalnya, charchoal. Pengalaman pribadi penulis pernah menggunakan bahan ini. Alhamdulillah, meski nggak bisa dibilang kilat, tapi ada senyum yang terkembang saat warna alami gigi mulai kelihatan. 

3. Konsumsi buah dan sayur yang kandungan airnya tinggi


Buah dan sayur terbukti efektif untuk kesehatan, termasuk kesehatan gigi, nih. Perbanyak konsumsi sayur dan buah jika sahabat merasa asupan keduanya mulai berkurang, ya!

4. Mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas


Kunjungi dokter gigi jika sahabat merasa memerlukannya. Ya, tentunya setelah sekian banyak usaha yang dilakukan tetapi dampak belum terlihat. Usahakan secara maksimal, ya! 

Empat cara memutihkan gigi di atas merupakan cara perawatan gigi dengan alami. Selama merawat gigi, sebaiknya hindari faktor pemicu gigi kuning. Sabarlah dengan setiap prosesnya. Karena meskipun lama, Insyaallah hasilnya akan sebanding dengan harapan nantinya. Dengan demikian keinginan memiliki gigi putih dan bersih akan segera terwujud. 
2 komentar on "Mudah, Inilah Cara Memutihkan Gigi dengan Alami"
  1. Masalah gigi itu sulit, sering banget menguning dan kadang pasta gigi enggak ngaruh apalagi untuk karang gigi yang udah lama. Suka enggak percaya diri senyum sendiri, mantep nih bisa diterapkan caranya. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya, Mba Nisa. Semoga membantu, ya.

      Hapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9