Maya Fasindah, Membawa Inspirasi Duet Dunia Pendidikan dan Blogging

Daftar Isi
Assalamu’alaikum, sahabat Khansa.

Postingan kali ini mengangkat sosok sahabat saya di dunia blogging lagi. Beliau bernama Maya Fasindah. Entah mengapa saat beliau mengikuti kelas blogging yang saya mentori beberapa saat yang lalu, saya kira beliau typo menuliskan alamat domainnya menjadi mayafasinda. Hehehe, ternyata memang beliau pilih seperti itu, sih.

Mengenal beliau seolah membawa saya untuk tidak melupakan keinginan, ambisi, cita-cita, yang masih bertakhta di jiwa, yakni kembali ke mengajar dan berinteraksi bersama mahasiswa.

Omong-omong tentang aktivitas mengajar, saya pernah menjadi guru private pengganti dan hampir mengajar homeschooling. Namun karena waktu yang tidak memungkinkan, saya juga tidak bisa memaksakan diri melanjutkan mimpi mengajar secara daring tersebut.

Dari blog blogger yang menamai blognya dengan tagline Sahabat Maya ini, saya mendapatkan kembali amunisi semangat. Ya, suatu hari yang indah nanti, saya akan kembali.

Saat sama-sama ujian kompetensi penulis nonfiksi

maya-fasindah-blogger-inspiratif

Pada 2021 lalu, tepatnya di Januari, kami berdua sama-sama diberikan kelapangan rezeki untuk mengikuti sertifikasi penulis nonfiksi.

Alhamdulillah, profesi saya sebagai penulis telah dinyatakan kompeten oleh BNSP

Saat itu saya sedang kalut, sebab jadwal ujian bertepatan dengan jadwal dinas. Sebenarnya bisa saja meminta bantuan tempat untuk tukaran sif. Jadi, saya ada pilihan, tukar dinas atau tukar jadwal ujian.

Bermula dari iseng, karena saat itu saya belum banyak mengenal teman penulis di dalam grup yang akan melaksanan ujian, saya tanyakan siapa yang kira-kira berkenan tukaran jadwal ujian.

Alhamdulillah, takdir mempertemukan kami berdua. Mbak Maya, demikian saya akrab menyapa beliau, mengatakan bahwa beliau malah bisanya ujian di tanggal ujian saya tersebut. Akhirnya, kami sepakat berganti jadwal dan menghubungi admin tes. Ujian berakhir dengan nilai memuaskan. Jalinan silaturahmi kami pun dimulai.

Ikut kelas blog dasar dan membawa ilmu ke ranah mengajar


Saat itu PCW memberikan amanah kepada saya untuk memandu kelas blog dasar yang alhamdulillah sudah sampai di batch V pada Januari 2023 ini. Blogger yang juga berprofesi sebagai penulis buku teks dan nonteks pelajaran ini menjadi salah seorang peserta kelas yang juga ‘cukup bawel’ sebagai mentee. Hahaha, tapi saya senang, kok. Itu artinya antusiasme peserta meningkat.

Entah pada percakapan kapan hari, blogger yang telah melahirkan beberapa buku antologi sebagai bukti penyemangat dalam dunia kepenulisan ini mengatakan bahwa ilmu blogging yang ia dapatkan telah pula ia terapkan di ranah mengajarnya.

Masyaallah, inilah kekuatan luar biasa pendidikan. Dari satu sumber bisa mengalir ke banyak sumber lainnya. Membawa manfaat dan berkah yang semoga sukses melingkupi semua.

Guru yang mengajar di salah satu sekolah swasta Selatpanjang, Riau ini ternyata memiliki motto yang cukup unik dalam dunia kepenulisannya, yaitu, “Menulislah, teruslah menulis, meskipun diri kita sendiri yang jadi pembacanya.”

Ya, itu artinya beliau akan terus mengalirkan semangat literasinya tanpa henti. Tanpa pamrih. Ia tetap yakin bahwa setiap tulisan akan menemui pembaca. Namun juga tidak terkesan ‘memaksakan’ kehendak. Yakini dengan terus menuliskan literasi versi terbaik diri.

Menghiasi dunia literasi


Bunda tiga orang putra-putri ini menyuguhkan beberapa menu yang berhasil membuat saya berdecak. Dengan keahlian beliau sebagai guru dan penulis, tak heran jika materi-materi bernas tentang dunia pendidikan kerap saya dapatkan dari blog beliau yang bernuasa warna pastel.

Berdasarkan informasi dari blog penulis buku, artikel dan novel ini saat ini terdapat beberapa menu seperti serba-serbi, karya ilmiah, cerpen, ragam puisi, dunia novel, belajar bermakna, hingga cerita horor. Paket super lengkap, ya, kan?

Blogger yang tulisannya telah menghiasi media cetak dan majalah ini juga sudah menulis buku yang terbit di penerbit mayor, lo. Sungguh berderet inspirasi yang bisa kita petik dari diri seorang Maya Fasindah.

Jika sahabat tertarik bersilaturahmi dengan beliau, yuk intip akun media sosial facebook: mayafasindah, instagram: @fasindah29, whatsapp: 081376441025, youtube: Maya Fasindah dan surel: ighalinnisa@gmail.com

Mari bersiap sedia menerima kucuran inspirasi dari sang blogger yang telah meraih gelar magister ini!

Sahabat juga bisa menemukan ceruk inspirasi lainnya pada diri Nita Yuniarti, Inspirasi Jalani Banyak Peran dengan Senang Hati, ya!

Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

1 komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Comment Author Avatar
24 Januari 2023 pukul 08.49 Hapus
MasyaAllah, blogger dan penulis buku hebat banget perempuan satu ini bisa menyeimbangkan keduanya. Dalam hal ini produktif menulis diperlukan pastinya, konsistensi, dan manajemen waktu enggak mudah. Jadi pengin gitu juga, memang keduanya berkesinambungan, ya. Terima kasih informasinya!