Yoha Risna, Tebar Inspirasi dari Dunia Pendidikan melalui Blog

Daftar Isi
Halo, Sahabat Khansa.

Alhamdulillah, awal tahun sudah menyapa, ya. Pekan ini kita sudah berada di 08 Januari 2023. Resolusi yang digembar-gemborkan apa kabar? Apakah sudah mulai menuju titik terang pencapaian? Atau malah kembali hibernasi menuju permanen? Ah, kamu!

Tadi pagi saya sudah mulai merapikan fail menuju foldernya masing-masing. Ya, sama dengan menyusun buku pada lemari, dokumen digital juga mesti diperhatikan kerapian. Selain agar mudah ditemukan, menghindari risiko kehilangan juga sebagai penyadar diri bahwa telah banyak kelas diikuti tapi hasil kok ya belum cemerlang sekali?

Blogger Bandar Lampung

Baiklah, mencoba kembali mengumpulkan energi, kali ini Rekam Jejak Sang Pemimpi akan mengajak sahabat khansa berkenalan dengan seorang pendidik yang juga membagikan ilmu melalui platform blog. Beliau adalah Mba Yoha Risna.

Pendidik


Blog Mba Yoha yang bertajuk Today's Life You Will Never Forget ini menceritakan pemikiran sang blogger selain sebagai pendidik juga blogger. Beliau mengabarkan banyak kisahnya ketika berada di dunia pendidikan, khususnya di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ohya, sedikit mengulang ingatan, saya pernah menanyai beliau tentang kurikulum SMK beberapa waktu yang lalu. Saat itu saya sedang ada proyek penulisan naskah.

Rendah Hati


Satu kesan yang saya tangkap bahwa Mba Yoha memberikan informasi yang saya butuhkan dengan sangat ramah. Padahal, ya, jujur saja, kami tak sering berkomunikasi seperti teman akrab. Beberapa kali saja terlibat percakapan dalam grup literasi membuat saya dapat menilai bahwa beliau adalah sosok rendah hati sehingga tidak membutuhkan banyak waktu saat memutuskan untuk menghubunginya via wapri.

Sayangnya, proyek buku tersebut tak saya teruskan dengan sebuah alasan yang sudah saya pertimbangkan dalam-dalam demi kebaikan bersama. Meskipun kelahiran buku tersebut bukan jalan rezeki saya, ternyata saya menemukan jalan rezeki lain. Ya, silaturahmi online dengan sang blogger yang bergabung di dunia blog sejak Mei 2010 ini.

Peresensi 


Berasal dari Bandar Lampung, salah satu ibukota provinsi di Sumatera, Mba Yoha yang mem-branding diri sebagai seorang guru, personal blogger, writer di blognya ini ternyata sangat suka mereviu buku. Satu kegemaran yang sering membuat saya sering terkagum. Sebab, kemampuan menyampaikan isi buku, entah melalui resensi, reviu, atau sekadar menceritakan kembali kepada orang lain bukan hal remeh temeh.

Ada ketelitian, kesabaran serta energi rasa di sana. Bagaimana sang peresensi atau pereviu mampu menjadi sambung kata manfaat buku yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

Tentang kegemaran beliau di dunia blog, ternyata nggak main-main, lo, sahabat. Berdasarkan informasi yang saya temukan dari aksi kepo, blogger penyuka musik Sami Yusuf ini menulis di 8 blog, yakni my school berjudul yoharisna, Sekolahku Ini, Ruang Book's Review, Hobi Unik Kreatif, Yoha's Thought, catatanyoharisna, Dunia Hobbi : Books' and Films' Reviews. Alih-alih menulis di satu blog dengan banyak tema, Mba Yoha memilih untuk membaginya saja. Menyesuaikan isi rumah maya dengan niche.

Hal ini adalah pemikiran brilian menurut hemat saya. Karena saya pun sedang berusaha untuk lebih rapi dalam menata jejak dan dokumen digital, seperti yang saya utarakan dalam paragraf pembuka artikel ini.

Berbagi dalam Balutan Profesi


Mba blogger penyuka buku Kim by Kudyard Kipling ini telah membuktikan bahwa profesi apapun yang kita miliki, sejatinya kita dapat berbagi. Saat beliau memberikan kisahnya menjalani profesi sebagai tenaga pendidik, ada info-info baru yang sangat berguna bagi orang lain. 

Contohnya saat beliau menulis artikel berjudul Keseruan Kunjungan Industri Jakarta Jogja SMK BLK Bandar Lampung 2022. Saya jadi tahu beda kunjungan industri dan studytour, mengenal sekilas tentang BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), CV. Laksana, dan Dusun Semilir.

Beliau dengan cerdas pula memilih platform blog sebagai wadah penyampai pemikirannya itu sehingga lebih banyak pembaca yang akan bisa menjangkau tulisan-tulisan bernas tersebut.

Mba Yoha sangat senang menjalin silaturahmi melalui akun instagram @risnayoha. Sahabat bisa mengenal sosoknya lebih jauh, membaca pemikiran, harapan dan impiannya di akun media sosial tersebut. Saya sangat bersyukur berada dalam lingkaran pertemanan yang saling menginspirasi ini.

Oh, ya, sahabat juga bisa meraup inspirasi lain dari teman online saya, lo, yaitu Mba Milah Smart, Blogger, Designer and Training Facilitator. Siap jadi lebih baik di 2023 ini? Yuk, temukan sosok inspirasi dan ‘curi cerdas’ hal terbaik dari mereka!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

2 komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Comment Author Avatar
8 Januari 2023 pukul 19.53 Hapus
MasyaAllah.
Keren bangat mbak Yoha. Semoga terus menjadi teladan bagi murid-muridnya dan orang-orang disekitarnya ya
Comment Author Avatar
9 Januari 2023 pukul 10.20 Hapus
MasyaAllah paket komplit Mbak Risna ini, mulia banget dalam berbagi ilmu apalagi seorang pendidik dan blogger di usianya. Kagum sama karakternya juga. Apalah aku yang juga ikut berbagai kelas tapi belum ada perkembangan, hehe. Semoga di 2023 ini segera terlaksana dengan baik. Terima kasih sharingnya!