Tips Bisnis Online Buku Anak, Peluang Hobi Jadi Bisnis

Menjadi seorang pencinta buku anak, menjadi satu anugerah yang saya syukuri. Tersebab dari kecintaan terhadap buku anak ini, peluang saya untuk lebih dikenal orang lebih terbuka luas. 

Melalui buku anak pula saya bisa mendapatkan kesempatan untuk mengirim buku pengayaan, sebuah buku yang saya impikan sejak lama. Kabarnya, ada, lo, temen saya yang bisa beli rumah nyaman setelah fee buku pengayaannya cair. Alhamdulillah, ya!

Apakah sahabat memiliki passion untuk memberikan perhatian lebih buku anak kepada orang lain? Jika ya, bisnis rumahan seperti bisnis online buku anak bisa menjadi pilihan yang tepat saat ini.

Bisnis rumahan seperti bisnis online buku anak memiliki potensi yang besar. Di Indonesia, pasar buku anak terus berkembang. Hal ini didukung oleh meningkatnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan anak sejak dini. So, orang tua pasti selalu berusaha memberikan pendidikan karakter terbaik bagi putra dan putrinya, bukan? Jadi, peluang bisnis rumahan berupa bisnis online buku anak benar-benar punya peluang bisnis rumahan yang menjanjikan sejak dulu hingga sekarang. 

Dulu saya sempat berbisnis menjual kumpulan cerpen yang saya pada tulis pada  buku tulis. Buku tersebut laris manis meski terkesan sangat sederhana pada zamannya.

Beberapa tahun selanjutnya, saya sudah tidak menjual buku hasil tulisan tangan tersebut, tetapi lanjut menjual buku-buku fisik. Benar saja, bahwa buku-buku anak yang menjadi bahan dagang saya lebih laris dari produk lainnya.

Iya, saya menyadari punya darah pedagang seperti almarhum papa. Ya, bisnis rumahan yang bisa kita kerjakan, apalagi jika itu termasuk hobi, benar-benar terasa sangat menyenangkan. 

Bisnis Online Buku Anak


bisnis rumahan modal kecil


Jika sahabat tertarik untuk memulai bisnis online buku anak, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa sahabat ikuti, ya.

1. Pilihlah niche yang tepat


Sebelum memulai bisnis, sahabat perlu menentukan niche yang ingin sahabat fokuskan. Apakah sahabat ingin menjual buku anak untuk usia tertentu, genre tertentu, atau tema tertentu?

Memilih niche yang tepat akan membantu untuk fokus pada target pasar yang spesifik. Hal ini akan memudahkan untuk menentukan produk yang akan sahabat jual, strategi marketing yang akan sahabat gunakan, dan cara untuk menjangkau target pasar.

2. Cari supplier yang terpercaya


Untuk memulai bisnis rumahan online, sahabat perlu mencari supplier yang terpercaya. Supplier yang terpercaya akan menyediakan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.


Sahabat bisa mencari supplier buku anak secara online atau offline. Jika sahabat mencari supplier secara online, sahabat bisa menggunakan marketplace atau situs web khusus untuk buku anak.


3. Buatlah toko online yang menarik


Toko online adalah tempat di mana sahabat akan memasarkan produk. Oleh karena itu, penting untuk membuat toko online yang menarik agar bisnis rumahan yang menjanjikan ini bisa menarik banyak perhatian calon pelanggan.


Sahabat bisa menggunakan template toko online yang sudah tersedia atau mendesain toko onlinemu sendiri. Pastikan toko online memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan.

4. Lakukan promosi yang efektif


Promosi adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis online. sahabat perlu melakukan promosi yang efektif agar produk bisnis ibu rumah tangga ini bisa dikenal oleh orang banyak.

Ada banyak cara untuk melakukan promosi bisnis ibu rumah tangga secara online. Misalnya, sahabat bisa menggunakan media sosial, iklan online, atau bekerja sama dengan influencer.


5. Berikan layanan pelanggan yang prima


Layanan pelanggan yang prima sangat penting untuk membangun kepercayaan pelanggan. Sahabat perlu memberikan layanan pelanggan yang cepat, ramah, dan informatif, sehingga ide bisnis rumahan ini bisa mendapatkan hasil sesuai ekspektasi. 

6. Mulailah dari skala kecil


Jika sahabat baru memulai bisnis, sebaiknya mulailah dari skala kecil. Sahabat bisa mulai dengan menjual produk-produk yang sudah ada. Setelah sahabat memiliki pengalaman, sahabat bisa mulai untuk mengembangkan bisnis.

Tak salah jika pada awalnya memilih menjadi reseller. Pasarkan bisnis rumahan modal kecil ini kepada kenalan baik secara offline maupun online. Untung kecil tetapi barang dagangan laris manis sungguh bikin bahagia, bukan?

7. Selalu belajar dan berinovasi


Ide bisnis rumahan online terus berkembang. Oleh karena itu, penting untuk selalu belajar dan berinovasi. Sahabat bisa mengikuti seminar atau pelatihan bisnis online untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bisnis rumahan modal kecil. Bisa dapat banyak referensi ide bisnis rumahan setelah ikutan seminar, ya!

Memulai Bisnis Online Buku Anak


bisnis rumahan yang menjanjikan


Selain tips-tips di atas, ada beberapa tips unik yang bisa sahabat ikuti untuk memulai bisnis online buku anak. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Manfaatkan media sosial untuk membagikan review buku anak


Sahabat bisa memanfaatkan media sosial untuk membagikan review buku anak yang sahabat sukai. Review buku yang menarik akan menarik perhatian orang lain untuk membaca buku tersebut.

Buatlah konten kreatif tentang buku anak


Selain review buku, sahabat juga bisa membuat konten kreatif tentang buku anak. Konten kreatif ini bisa berupa video, animasi, atau podcast. Konten kreatif akan membantu untuk menarik perhatian orang lain.

Kerja sama dengan influencer


Kerja sama dengan influencer bisa menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis online buku anakmu. Influencer memiliki banyak pengikut yang bisa menjadi target pasar.

Yuk Jualan Online

bisnis ibu rumah tangga


Saat ini kemudahan berjualan online sudah sangat mudah didapatkan. Salah satunya dengan kehadiran Lazada sebagai platform e-Commerce untuk berjualan online nomor 1 di Indonesia dan situs Yuk Jualan Online, sebagai blog berisi pemaparan tips dan strategi melakukan bisnis online.

Yuk Jualan Online, Bikin Jualan Online Laris Manis


Setelah membaca artikel dan tips di di blog Yuk Jualan Online dan Lazada saya jadi benar-benar yakin bahwa banyak ide bisnis rumahan yang menjanjikan di sekitar kita. 

1. Ide Jualan Online Kekinian


Sering kali mungkin tidak terlihat dan tidak disadari, tetapi setelah melihat kesuksesan orang lain kita malah asyik ber-oh-oh ria. Yuk, pantengin artikel dan tips di blog Yuk Jualan Online dan Lazada biar nggak ketinggalan update info lagi. 

2. Antisipasi Kegagalan Bisnis Online


Dalam bisnis, kita tentu tidak bisa membaca situasi niaga kita di masa depan. Namun dengan mencari tahu lebih banyak informasi bisnis rumahan menjanjikan di Yuk Jualan Online, kita bisa mengantisipasi kegagalan bisnis online agar tidak terjadi.

3. Meningkatkan Angka Penjualan 


Nah, dalam sebuah perniagaan, tentu kita ingin mendapatkan keuntungan maksimal, ya. Namun itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Kita mesti belajar ilmunya. Yuk Jualan Online menyajikan artikel yang bisa membantu sahabat menemukan strategi pemungkas jualan online agar makin laris manis, lo!

Cara Mendaftar di Lazada


Ternyata, memulai langkah pertama untuk memulai jualan di Lazada sangat mudah. Sebelumnya, jualan online tidak pernah semudah ini. Kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi Seller Lazada dengan cara jualan di Lazada

Dengan mendaftar sebagai seller di Lazada, kita bisa mendapatkan beragam keuntungan, seperti:

  • Gratis biaya komisi jualan di live streaming
  • Biaya gratis ongkir maksimal komisi 0% selama 60 hari
  • Gratis voucer iklan 300K
  • Dibantu ahli selama 90 hari
  • Jangkau jutaan pelanggan
  • Program Inkubasi Penjual Baru
  • Jual kapan & di mana saja dalam genggaman

Penutup


Itulah beberapa tips bisnis online buku untuk sahabat pencinta buku anak. Semoga tips ini bisa membantu untuk memulai bisnis online buku anak yang sukses. Dengan membuka cakrawala, kita bisa temukan banyak pengalaman bisnis yang berharga.(*)

Sumber
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.yukjualanonline.com/
  • https://www.yukjualanonline.com/ide-jualan-online-di-rumah/

36 komentar untuk "Tips Bisnis Online Buku Anak, Peluang Hobi Jadi Bisnis"

  1. ide jualannya menarik mbak, jarang juga aku temuin bisnis online dari rumah dengan menjual buku buku anak
    market buku untuk anak-anak memang terbilang masih besar ya, apalagi untuk anak-anak Balita yang suka dikenalkan dengan buku buku bergambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Dalam beberapa webinar yang saya ikuti bersama penerbit, buku anak masih memegang urutan teratas karena segmen pasarnya tak hanya anak tetapi juga orang tua, ya.

      Hapus
    2. Iya...akupun baru notice akhir-akhir ini memang perlu sih buku anak. Buat pergi ke toko buku khusus kan ribet lagi. Kalau online, tokonya ramah dan jelas produknya sih mending beli online aja. Apalagi banyak pilihan buku work activity gitu buat PAUD/TK

      Hapus
  2. Maasya allah tipsnya bermanfaat banget. Untuk daftar di lazada ada proses sortir gitu ngga ya mak? Btw, usaha buku anaknya dimana kah? Pengen mampir ke toko onlinenya 🙏

    BalasHapus
  3. aku juga jualan buku anak mba, tema buku islami. tapi ya gitu, cmn pelanggan tetap yang selalu repeat order wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, pelanggan aktif ini yang bisa banget ngelarisi jualan kita, ya, Mba. Apalagi kalau mereka juga termasuk reseller aktif.

      Hapus
  4. Aku baru jualan via WhatsApp dan akun medsos aja Mbak, memang belum semasif harapan, tapi pengalamannya yang didapat memang bisa jadi bahan belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, Mba. Nggak apa-apa dari langkah kecil, ya. Insyaallah ada jalannya untuk terus memperbesar bisnis kita.

      Hapus
  5. Menarik ide bisnisnya. Sepertinya belum banyak ya yang berjualan buku anak di marketplace. Jadi market segmennya lebih terarah, fokus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba, sependek yang saya ketahui di marketplace masih nyampur buku anak dan dewasa. Jadi bisa banget lebih terbuka peluang bagi teman kita yang berbisnis online di ranah buku anak.

      Hapus
  6. Aku punya toko di Lazada tahun 2016, awalnya buat craft² DIY. Tapi karena jarang update skg tutup. Dan memang kalau jualan memang lebih baik spesifik. Meski awal² tak rame tapi kalau spesifik biasanya pembelinya lebih fokus dan yang jualan juga fokus. Lazada juga ada platform buat updgrade ilmu selling kalo g salah, jadi membantu banget ❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Blog juga, ya, kan. Semakin spesifik semakin besar pula traffic. Btw, Lazada emang membantu sekali buat yang ingin terjun di bisnis online, ya, Kak.

      Hapus
  7. Impianku banget punya toko buku online, tapi seiring kesibukan semua itu seolah terlupakan, setelah baca artikel ini jadi ingat lagi dan mulai kepikiran buat prepare supaya tahun depan bisa mewujudkan mimpi ini. Apalagi sekarang sudah ada lazada ya, jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  8. Betul sekali saya melihat bisnis online buku anak itu peluangnya sangat besar untuk menjadi ide bisnis, mengingat sekarang semuanya dilakukan secara online termasuk membeli buku juga sering kali dilakukan melalui online. Namun sebelum memulainya tips di atas wajib diperhatikan dan pastinya bakal ngebantu banget, apalagi ada Lazada yang bakal bantu bisnis buku anak makin mudah

    BalasHapus
  9. Jualan buku anak bisa tahan lama ya, gak kaya jualan makanan waktunya sangat terbatas. Bisa jadi ide juga nih jualannya di e commerce terbaik seperti Lazada

    BalasHapus
  10. Dulu pas anak-anak masih kecil, saya sering beli buku online atau beli dari kenalan yang jual buku anak (balita).
    Gal kepikiran buat jadi penjual. Sekarang jadi pengen juga jadi penjual. Seru keknya.

    BalasHapus
  11. Saya banget ini. Memang sedang berencana berjualan buku anak secara online. Makasih tipsnya.

    BalasHapus
  12. Bisnis jualan buku anak memang menarik sih.apalagi pasti ada ibu-ibu yang berusaha agar anaknya punya aktivitas free screening. Wah keren Mbaknya bisa jualan cerpen dengan tulisan tangan, ck ck jaman sekarang mah langka yang begini

    BalasHapus
  13. Buku anak tuh sekarang bagus-bagus, konten maupun ilustrasinya. Ide bagus nih jualan online buku anak. Asalkan foto dan informasinya lengkap, why not. Ide apalagi ya buat jualan online? Cus ah belajar bareng Lazada...

    BalasHapus
  14. MasyaAllah kalo lazada emang selalu care bukan hanya sama customer tapi juga kita para seller. Berbagai kemudahan diberikan kepada kita yang punya toko online.

    BalasHapus
  15. Buku anak semakin lama semakin inovatif baik dari segin jenis maupun ceritanya, sehingga lebih menarik untuk dibaca anak-anak. Orangtua juga pasti ingin memberikan buku yang baik untuk anaknya. Hal ini menjadi peluang untuk seller maupun penulis buku anak

    BalasHapus
  16. Salah satu jalan menuju cuan ya dengan berbisnis online di Lazada ya Mbak. Setuju banget nih kalau usaha buku-buku anak itu peminatnya selalu ada. Apalagi orang tua zaman sekarang yang udah melek literasi, ingin anak-anaknya tuh lebih suka buku ketimbang gadget.

    BalasHapus
  17. Akan menyenangkan jika kita melakukan pekerjaan yaang disukai
    Termasuk berjualan buku anak yang sudah jadi hobi ya mbak

    BalasHapus
  18. Suka sekali baca buku seperti masuk.dunia menyenangkan

    BalasHapus
  19. Asyik beudss klo kita menekuni dagang atau bisnis di bidang yang kita gemari yahh

    pastinya dilakukan sepenuh hati alias passionate bgt.

    makasiii sharing nya yah

    BalasHapus
  20. Terimakasih mba ilmunya. Kayaknya menarik ya bisnis buku anak. Aku sering beliin buku anak buat anakku. Dan harganya lumayan mahal, hehe..

    Seru juga nih kalau cuan hasil jualan buku anak dibeliin buku lagi.

    BalasHapus
  21. Kalo hobi dijadikan bisnis sekaligus membuat menjalaninya jadi nyaman ya mbak. Apalagi sekarang buku toko online mudah sekali juga cari ilmu untuk bisnis online juga banyak bertebaran di internet.
    Yg terpenting serius dan nyaman menjalaninya

    BalasHapus
  22. Jualan buku ini paling happy yaa..
    Aku juga suka sama buku dan jadi bersemangat merekomendasikan buku-buku bagus kepada buyer. Selain mengedukasi diri sendiri juga mengajak membaca buyer.

    BalasHapus
  23. Buku anak ini sepertinya jadi lahan yang cukup menarik ya untuk diolah. Permintaannya cukup tinggi biasanya. Dengan strategi yang baik dan bergabung dengan komunitas seperti Lazada dan Yuk Jualan Online-nya, sepertinya berjualan buku online bisa jadi sumber cuan yang bagus.

    BalasHapus
  24. Wah iya nih Mbak saya Sekarang juga Mulai merambah ke bisnis buku anak dan juga ingin membuat buku anak sendiri. Lazada ini bisa jadi marketplace tempat kita berjualan secara online ya

    BalasHapus
  25. Jadi peluang juga ya buat perempuan yang ingin bisa bekerja dari rumah. Adanya marketplace seperti Lazada bisa dimanfaatkan untuk jadi ladang penghasilan.

    BalasHapus
  26. Duh dari dulu aku pingin banget punya toko buku online, mudah-mudahan tahun depan terlaksana apalagi sudah ada Lazada yang support banget ibu rumah tangga seperti aku yang ingin memulai bisnis dari rumah.

    BalasHapus
  27. Wah keren...aku hanya penikmat buku anak. Dan sejak punya anak. Anakku yg sekarang jadi customer tetap buku anak hehehe..

    Bagus ya Lazada cocok buat pemula

    BalasHapus
  28. Banyak banget keuntungan jadi seller di Lazada ya mbak. jualan di Lazada emang bisa jadi solusi bagi IRT yang pengen cari cuan dari rumah salah satunya dengan jualan buku anak.

    BalasHapus
  29. Yuk Jualan Online ini membantu banget buat yang ingin mengembangkan bisnisnya terutama yang online. Aku sempat baca-baca sih beberapa waktu lalu..

    BalasHapus
  30. Terimakasih idenya kak, di tempatku memang sulit nemui buku anak yang berkualitas, wah kenapa gak kepikiran aku yang jualan buku ya

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.