Rekomendasi Aksesoris Kamera yang Wajib Dimiliki Fotografer Profesional

Daftar Isi
Bagi seorang fotografer profesional, orientasi pada hasil adalah sebuah kewajiban. Kamu wajib memuaskan klien dengan memberikan hasil foto yang bagus dan memukau. 

Namun untuk mencapai hasil tersebut kamu harus menyiapkan aksesoris kamera untuk memaksimalkan hasil jepretan kamera kamu. Ada banyak sekali aksesoris yang harus kamu miliki, untuk menghasilkan foto terbaik.

rekomendasi-aksesoris-kamera

https://www.freepik.com/free-photo/top-view-photography-accesories-with-copy-space_6193767.htm#page=2&query=camera&position=24&from_view=search&track=sph&uuid=8a4f5453-63bf-4bff-8ce6-bd535579fb91

Harga aksesoris kamera pun sangat beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Kamu bisa memilikinya dengan mudah karena saat ini membeli aksesoris kamera juga bisa dibayar dengan menggunakan QRIS. Saat ini pembayaran lewat QRIS sudah menjadi kebiasaan sehari-hari karena memudahkan segala transaksi pembelian aksesoris kamera yang kamu inginkan.

10 Aksesoris Kamera yang Wajib Dimiliki Fotografer Profesional


Sebagai fotografer profesional memangs udah seharusnya melengkapi kamera dengan aksesoris pendukung karena memang sangat dibutuhkan. Keberadaan aksesoris ini sangat penting untuk membantu kamu mengeksplorasi objek dan mendapatkan hasil pemotretan yang terbaik. 

Apa saja aksesoris kamera yang wajib dimiliki? Ini rekomendasinya:

Lensa Tambahan


Aksesoris yang satu ini sangat penting untuk untuk dimiliki, karena dapat meningkatkan kemampuan kamera sehingga dapat menghasilkan gambar lebih baik. Ada banyak jenis lensa tambahan yang bisa kamu pilih yaitu lensa wide-angle untuk landscape, lensa zoom untuk foto jarak jauh atau lensa prime untuk kualitas foto lebih tinggi. Harga lensa tambahan berkisar Rp 1,9 juta - 12,1 juta, tergantung merek dan jenisnya.

Tripod


Tripod atau kaki tambahan memiliki fungsi utama untuk menjaga kamera agar tetap stabil, sehingga foto yang dihasilkan tidak buram. Penggunaan tripod juga sangat penting ketika kamu memotret objek dalam waktu yang lama sehingga tidak membuat tangan menjadi capek. Kamu juga membutuhkan tripod jika ingin memotret diri sendiri dengan menggunakan timer. Harga tripod berkisar antara Rp 165 ribu - Rp 825 ribu sesuai dengan mereknya.

Flash Eksternal


Flash asli yang dibawa oleh kamera seringkali kurang untuk menghasilkan foto yang memiliki kualitas tinggi jika dalam keadaan cahaya yang kurang baik. Oleh sebab itu kamu membutuhkan tambahan aksesoris flash eksternal untuk meningkatkan kualitas foto. Kamu bisa mengatur intensitas cahaya flash yang diinginkan sesuai kebutuhan agar hasil fotonya lebih detail.

FIlter Kamera


Filter untuk lensa sebenarnya ada banyak sekali jenisnya, kamu bisa memilih yang memiliki fungsi paling penting. Misalnya saja filter untuk proteksi UV yang berfungsi melindungi lensa dari sentuhan langsung. Ada juga filter polarisasi, filter ND (Neutral Density), filter Grad-ND yang mampu menyaring cahaya yang masuk dan memberikan efek tingkat kegelapan tertentu.

Tas Kamera


Aksesoris ini wajib dimiliki oleh siapa pun yang memiliki kamera fotografi profesional. Tidak hanya aksesoris biasa, tas juga memiliki fungsi melindungi kamera dari hantaman. Tas kamera hadir dengan berbagai model yang bisa kamu pilih sesuai selera dan budget. Menggunakan tas kamera saat bepergian akan memudahkan kamu menyimpan kamera dan lensa secara aman. Kamera akan terhindar dari benturan ataupun percikan cairan.

Penutup Lensa Kamera


penutup-lensa-kamera

https://www.freepik.com/free-photo/young-female-product-photographer-studio_14278643.htm#page=3&query=camera&position=39&from_view=search&track=sph&uuid=8a4f5453-63bf-4bff-8ce6-bd535579fb91

Lensa adalah bagian terpenting pada sebuah kamera, untuk itu kamu harus melindunginya dengan benar. Penutup lensa akan membuat kamera terhindar dari debu, kotoran dan jamur juga benturan yang tidak bisa tertawa.

Kit Pembersih


Menjaga kebersihan eksterior kamera adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu kamu juga harus memiliki kit pembersih kamera di rumah agar bisa setiap saat dapat membersihkan kamera. Kamu harus berhati-hati dalam membersihkan eksterior maupun interior kamera, tidak ada salahnya meminta bantuan pada ahli jika dibutuhkan.

Shutter Release


Aksesoris kamera bagi fotografer profesional berikutnya adalah Shutter Release. Aksesoris ini memiliki fungsi seperti remote control, yang bisa mengontrol kamera dari jarak jauh tanpa harus menyentuh tombol kamera itu sendiri. Modelnya tersedia dalam 2 jenis yaitu kabel dan wireless.

Vertical Grip


Peralatan pendukung atau aksesoris lainnya adalah vertical grip atau pegangan vertikal. Aksesoris ini dibutuhkan ketika kamu sedang melakukan pemotretan dengan orientasi portrait. Kamu akan lebih mudah memegang kamera dalam posisi tidur dengan menggunakan aksesoris ini. Selain itu, vertical grip bisa juga digunakan sebagai cadangan baterai kamera.

Lens Hood


Di posisi terakhir aksesoris kamera adalahh lens hood, yang biasa dipasang di depan kamera. Fungsi dari aksesoris ini adalah untuk menghalangi cahaya yang masuk , sehingga cahaya yang masuk ke lensa tidak semua diteruskan ke lensa mata.Selain itu kamera yang memiliki lens hood, dapat tampil lebih maksimal.

Bukan tanpa alasan jika seorang fotografer profesional membeli aksesoris pendukung untuk kameranya. Aksesoris kamera memiliki berbagai fungsi terutama untuk menghasilkan foto yang terbaik. Aksesoris di atas bisa kamu temukan di pasaran dengan berbagai jenis dan merek, kamu bisa memilih sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Ingat! Tidak harus memiliki semua aksesoris di atas sekaligus dalam satu waktu, akan tetapi kamu bisa membelinya satu per satu sesuai prioritas. Hal ini karena pembayaran lewat QRIS memiliki limit 10 juta per transaksi per hari, jadi kamu harus tentukan prioritas belanjamu.

Nikmati juga promo dan cashback menarik di berbagai merchant jika kamu melakukan pembayaran menggunakan digibank QRIS. Menarik sekali bukan promo yang ditawarkan? Ingin informasi lebih banyak tentang sistem pembayaran ini, cek infonya di sini. (*)
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar