Rekomendasi 6 Tempat Wisata Religi di Indonesia yang Menarik Dikunjungi

Daftar Isi
Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki sangat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk tempat wisata religi.

Di bulan Ramadan, menghabiskan waktu dengan mengunjungi tempat wisata religi akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Pasalnya tak sedikit tempat wisata religi di Indonesia yang memiliki desain, bentuk, serta arsitektur menawan.

Jadi sahabat yang berkunjung pun dapat menikmati keindahan tempat wisata religi sekaligus beribadah di dalamnya.

tempat-wisata-religi-di-indonesia

Untuk itulah, bagi sahabat yang bingung menentukan destinasi wisata religi, berikut kami sajikan rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

1. Masjid Jami Aulia Pekalongan


Pertama, ada Masjid Jami Aulia di Pekalongan yang merupakan masjid tertua se-Karesidenan Pekalongan. Sebagai masjid bersejarah, tempat wisata religi ini memiliki bangunan indah yang terus dijaga hingga sekarang.

Selain itu, salah satu daya tarik dari Masjid Jami Aulia Pekalongan adalah terdapat Al-Qur’an Raksasa berukuran 2 x 2,3 meter. Biasanya, saat Ramadan tiba, masjid ini menjadi salah satu tempat ibadah paling sering dikunjungi di Pekalongan.


2. Masjid Cheng Ho Surabaya


Sahabat di sini mungkin sadar bahwa ada cukup banyak masjid Cheng Ho yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia mulai dari Purbalingga, Kutai Kartanegara, Surabaya, Palembang, dan Pasuruan.

Namun Masjid Cheng Ho Surabaya punya daya tarik tersendiri sebagai tempat wisata religi karena disebut sebagai bangunan masjid Cheng Ho pertama yang masih orisinal.

Mengenai bentuknya, Masjid Cheng Ho Surabaya mirip dengan masjid yang mengangkat nama Laksamana Cheng Ho lainnya, yakni kental akan nuansa arsitektur khas Tiongkok dengan dominasi warna merah.

3. Masjid Agung Jawa Tengah Semarang


Rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia yang selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang. Masjid ini berlokasi di pusat kota Semarang yang mengusung kombinasi desain bangungan bernuansa Islam, Romawi, dan Jawa.

Salah satu daya tarik dari MAJT Semarang adalah Al Husna Tower yang memiliki tinggi 99 meter dengan payung hidrolik layaknya Masjid Nabawi di Mekkah. Selain itu, MAJT Semarang pun menjadi salah satu tempat pusat pendidikan dan syiar agama Islam di Jawa Tengah.

4. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi Tuban


Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi di Tuban jadi salah satu tempat wisata religi yang cukup unik. Alasannya, bangunan masjid berdiri di gua bawah tanah.

Pilar dan dinding masjid ini terbuat dari batuan marmer dengan hiasan ornamen kaligrafi Arab dan Jawa. Ornamen-ornamen pada masjid akan terlihat sangat indah terutama saat tersorot oleh lampu hias warna-warni di area masjid. Saat mengunjungi tempat wisata religi ini, sahabat dijamin akan benar-benar kagum terhadap keindahan bangunan masjid.

5. Masjid 99 Kubah Makassar Sulawesi Selatan


Masjid 99 Kubah menjadi salah satu tempat wisata religi di Indonesia yang pastinya harus dikunjungi selama liburan. Masjid ini terletak di kawasan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan.

Alasan mengapa bangunan masjid ini disebut sebagai Masjid 99 Kubah adalah karena terdapat banyak sekali kubah di area masjid. Kubah-kubah masjid tersebut memiliki kombinasi warna yang sangat indah, baik saat dilihat dari jauh maupun dekat.

Hal unik lain yang dapat sahabat temukan saat mengunjungi Masjid 99 Kubah adalah atraksi air mancur yang biasanya muncul di antara sholat Maghrib dan Isya.

6. Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal


Beralih dari masjid, rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia yang juga harus sahabat kunjungi adalah Bayt Al-Qur'an dan Museum Istiqlal. Lokasi tempat wisata religi ini berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Saat mengunjungi Bayt Al-Qur’an, sahabat dapat menyaksikan berbagai koleksi yang berkaitan dengan Al-Qur’an mulai dari warisan mushaf serta manuskrip Al-Qur’an. Sementara itu, saat berwisata ke Museum Istiqlal, sahabat dapat melihat berbagai koleksi seni dan budaya Islam yang ada di Indonesia.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata religi di Indonesia yang harus dikunjungi selama liburan atau mencari hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Semoga bermanfaat, ya!
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com Selain di sini, saya juga menulis di Rekam Jejak Sang Pemimpi, Ketika Jejakku Menginspirasimu, Berlayar & Menambatkan Impian, Meniti Jembatan Impian, Jejak Inspirasi Sylviany, Cakrawala Baca Sylvia

Posting Komentar