Olahraga dan Kesehatan, Karib Tak Terpisah Sungguh Berharga

“Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya.” Jonathan Swift
lomba blog uny 2024


“Kak, ada tempat tidur kosong?” tanya salah seorang rekan saya dari ruang sebelah.

Saya dan beberapa teman yang sedang berjaga saling lirik, lalu tersenyum, “ada, Kak. Ada pasien, ya?” tanya saya meski sudah lebih dari 50% yakin apa jawaban yang akan saya terima.

“Ada pasien kami butuh ruang rawat ICU, Kak. Kami antar sekitar 15 menit lagi, ya,” sambungnya sambil berlalu.

Sepertinya ruangan ini baru saja kosong beberapa menit. Tepatnya setelah seorang pasien pindah ruangan karena dinyatakan membaik, seorang pasien yang dirujuk karena harus mendapatkan tindakan lebih lanjut, dan seorang pasien yang meninggal dunia.

Begitulah warna ruangan ICU (Intensive Care Unit) tempat saya mengabdi lima tahun belakangan ini. Saya yang tak pernah menyangka akan berhadapan dengan rupa-rupa pasien di ruangan yang butuh perawatan total ini.

Kehadiran Mereka Membawa Makna

apa saja jenis tempat tidur rumah sakit


Rata-rata penyakit yang diderita pasien yang masuk ke ruangan ini berhubungan dengan gaya hidup. Pola makan, durasi istirahat hingga olahraga akan membawa perubahan positif terhadap kondisi kesehatan. Memang gaya hidup mampu menentukan kualitas kesehatan seseorang.

Sebut saja penyakit kritis seperti jantung yang disebabkan oleh gaya hidup kurang sehat. Oleh sebab itu, setiap orang disarankan untuk menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya dengan menjaga pola makan ditambah olahraga rutin.

Manfaat Olahraga yang Bisa Jadi Terlupa


bagaimana olahraga di rumah

Salah satu pilar utama gaya hidup sehat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah olahraga, termasuk sebagai usaha mencegah berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat olahraga untuk mencegah penyakit.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Olahraga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan penting dalam melawan infeksi sehingga membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit, seperti flu, batuk, dan pilek.

Apalagi jika musim sedang kurang baik, ya. Daya tahan tubuh yang terjaga akan membuat virus tidak gampang berpindah inang, dari tubuh orang lain ke tubuh kita.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

penyakit jantung adalah


Olahraga dapat membantu memperkuat jantung dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi. For your information, tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Aliran darah tanpa sumbatan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, seperti stroke dan serangan jantung. Duo penyakit ini memang sudah seperti langganan di ruangan kami.

3. Menjaga Berat Badan Ideal


Olahraga dapat membantu membakar kalori dan lemak berlebih. Bagi sahabat yang ingin menurunkan berat badan dengan berbagai alasan, olahraga adalah kunci membantu menjaga berat badan ideal.

Berat badan yang tidak terkontrol dapat mendatangkan risiko penyakit kronis seperti penyakit diabetes tipe 2, kanker, dan ginjal.

4. Menurunkan Risiko Kanker


Bukan perihal menduga-duga, beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa olahraga dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, misalnya kanker payudara dan kanker usus besar.
Olahraga Ringan Bisa Dilakukan di Rumah

Jika sahabat beranggapan bahwa untuk melakukan olahraga tersebut kita harus keluar rumah, nyatanya tidak demikian, ya.

Beberapa olahraga yang bisa kita lakukan di rumah adalah:

  • Senam Aerobik
  • Senam Yoga atau Peregangan
  • Latihan Kekuatan Tubuh
  • Bersepeda Statis
  • Berjalan Kaki Mengelilingi Rumah

Rutinitas padat kita sehari-hari sering kali menjadi alasan bahwa sulit mencari waktu yang tepat untuk pergi ke pusat kebugaran. Namun jika disadari kita tidak bisa takluk pada alasan tersebut karena olahraga tetap penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Dengan melakukan olahraga secara teratur di rumah, kita dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah.

Lelahnya tubuh meminta kita untuk segera pulang ke rumah. Olahraga di luar rumah menjadi mahal, tetapi kesehatan jauh lebih mahal sehingga kita harus bisa mencari cara bijak agar tetap bisa berolahraga tanpa perlu meninggalkan rumah, kan?

Olahraga dan kesehatan akan selalu menjadi karib yang tak terpisahkan. Jika kita benar ingin menjaga kesehatan fisik dan mental, jangan pernah lupa untuk menyandingkan keduanya.

Semangat jaga kesehatan, ya. Yuk, kita berikan jeda sejenak kepada tempat tidur rumah sakit itu. (*)

“Dalam pikiran yang berantakan, seperti dalam tubuh yang berantakan pula, kesehatan adalah hal mustahil.”
Cicero

Referensi:
  • https://solotrust.com/read/53779/5-Olahraga-Ringan-Bisa-Dilakukan-di-Rumah-Membangun-Kesehatan-dan-Kesejahteraan-Mental
  • https://www.gramedia.com/best-seller/kumpulan-kata-kata-tentang-kesehatan-yang-penuh-motivasi/
  • https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1712631-jangan-malas-olahraga-bisa-jaga-kesehatan-jantung-hingga-turunkan-risiko-kanker-lho
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Ahmad Dzikrullah
    Ahmad Dzikrullah 16 Mei 2024 pukul 21.16

    Saya biasanya suka jogging di akhir pekan, tp ya mnurut saya itu kurang cukup. Tp setelah berolahraga, beneran badan rasanya enteng dan seger banget

Add Comment
comment url