Serahkan Urusan Kepada Ahlinya

Sabtu, 26 September 2020

Assalamu'alaikum, Sahabat Khansa

Rasulullah SAW bersabda: “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; ‘bagaimana maksud amanat disia-siakan? Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (BUKHARI – 6015)

Nah, Sahabat Khansa. Hari ini saya mendapat ilmu baru lagi. Rasanya sayang sekali bila ilmu yang saya dapatkan ini hanya menjadi konsumsi pribadi. Oleh sebab itu, saya merasa perlu untuk membawakannya pada Sahabat.

Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu


Beberapa minggu terakhir, teman saya merasakan (maaf) gatal di dalam anusnya. Jika Sahabat mendengar pernyataan ini, pasti akan langsung berasumsi bahwa teman saya tersebut menderita kremian (infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi). Begitupula yang teman saya ini simpulkan. Ia pun membeli obat cacing di apotek. Sebagai seorang yang mengkhawatirkan apa yang terjadi setelah minum obat cacing, maka ia mencari informasi dari media internet dan juga temannya yang berprofesi sebagai apoteker.

Setelah informasi yang ia dapatkan cukup lengkap, ia membeli obat cacing sesuai rekomendasi. Apa yang terjadi? Obat itu tidak ampuh. Ia tetap merasakan gatal di dalam anus. Setelah itu ia mencari cara kedua, yaitu berkonsultasi dengan teman lain, ia diminta untuk minum obat cacing dua minggu kemudian. Bisa saja pada ‘tembakan pertama’ hanya membunuh induk cacing, belum telurnya.

Akhirnya, tibalah minggu kedua. Apa yang terjadi? Masih gatal. Selanjutnya ia mencoba obat tradisional. Tiga hari konsumsi belum juga.

Ia memutuskan untuk mendatangi dokter spesialis. Sebenarnya, sudah sejak lama ingin konsultasi, namun niat tersebut urung karena pandemi. Setelah cara-cara ditempuh dan belum berhasil baru langkah ini diambil.

Benar saja. dokter bilang ada infeksi jamur di dalam dubur. Ini setelah beliau memeriksa. Alhamdulillah, dua papan obat yang ia berikan langsung berdampak. Mengurangi 50% rasa gatal. Malam setelah minum obat itu, teman saya bisa tidur nyenyak.

Sebagai tambahan, penyakit tersebut diderita karena PHBS yang kurang terjaga. Mungkin pernah menggunakan air kurang bersih.

Itu adalah cerita sederhana, Sahabat. Masih ada kisah lainnya yang akan saya bagikan terkait dengan tema ini. Semoga bermanfaat, ya. (*)

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9