Cara Kirim Puisi ke Koran Kedaulatan Rakyat

Jumat, 24 September 2021
Cara Kirim Puisi ke Koran Kedaulatan RakyatMenulis puisi adalah hal yang menyenangkan, bukan? Lewat untaian kata seseorang bisa menyampaikan rasa. Entah senang, sedih, suka, duka, dan lainnya. Melalui bait demi bait puisi yang digoreskan entah pada buku catatan ataupun pada papan ketikan. Menulis puisi telah berhasil mengubah air mata menjadi bahagia. Rasa lega akan menyeruak karena telah berhasil dituangkan dalam rangkaian sungai rasa bernama puisi.

Nah, Sahabat Khansa, meskipun saya banyak menulis cerita anak, tetapi menulis puisi dan mengirimkan naskah tersebut ke media adalah hal perdana yang saya lakukan saat terjun ke dunia literasi, lo. Alhamdulillah, naskah-naskah puisi tersebut dimuat di koran Waspada, salah satu koran yang terbit di Sumatra Utara. Dengan alasan saya belum mengetahui pentingnya dokumentasi apalagi pencairan fee, melihat karya beserta nama terpampang di media saja sudah cukup membuat perasaan menjadi senang. Entah di mana saya menyimpan koran pemuatan itu.

cara menulis puisi mendapatkan cuan

Saya sempat vakum beberapa waktu di dunia literasi karena fokus pada ujian seleksi CASN. Ketika memutuskan kembali ke dunia literasi, saya mengikuti lomba menulis puisi. Alhamdulillah, dari lomba tersebut saya mendapatkan hadiah berupa plakat, piagam penghargaan dan uang tunai. Saya sendiri tidak menyangka meski berharap menang tentunya, hehe. 

Beberapa waktu yang lalu, saya kembali menulis puisi dan mengirimkan naskah tersebut ke salah satu koran yang terbit di Yogyakarta. Alhamdulillah, Rezeki naskah tersebut untuk dimuat. Sahabat Khansa tertarik mengeluarkan buncahan rasa lewat puisi plus mendapatkan cuan? Yuk, kirim puisi ke koran Kedaulatan Rakyat! 

Bagaimana cara mengirim puisi ke koran Kedaulatan Rakyat?


  1. Tulis naskah puisi terbaik! Jumlah puisi yang dikirim 2-5 puisi per satu kali pengiriman. 
  2. Sertakan profil singkat di bawah puisi. Bisa terdiri dari nama, tanggal lahir, karya yang telah dipublikasi. Maksimal 50 kata saja. Jangan lupa sertakan juga foto terketjeh ala Sahabat, ya.
  3. Di bawah profil singkat, sertakan juga biodata yang berisi nama, alamat, nomor kontak, nomor rekening dan NPWP. Jika belum punya NPWP, boleh tidak disertakan. 
  4. Yeay! Saatnya kirim naskah puisi tersebut ke alamat surel budaya.kaer@gmail.com dengan subjek: BUDAYA_OASE_PUISI_NAMA PENULIS

email puisi kedaulatan rakyat

Masa antrean naskah adalah masa yang buat deg-degan ya. Jadi, Sahabat bisa pantau terus perkembangan pemuatan naskah puisi setiap minggunya. Bisa di website KR, bisa juga di grup facebook Sastra Minggu.

Begitu ya, Sahabat. Cara kirim puisi ke koran Kedaulatan Rakyat sesuai pengalaman pribadi.

Saya sertakan puisi tersebut di postingan ini, ya. Semoga bisa menjadi gambaran bagi Sahabat pejuang literasi media!

contoh puisi tentang Covid-19

Sebagai tambahan informasi, naskah puisi ini saya kirimkan pada 24 Agustus 2021 dan dimuat pada 10 September 2021. 
5 komentar on "Cara Kirim Puisi ke Koran Kedaulatan Rakyat"
  1. Ini nih yang dicari-cari, banyak orang yang ingin karyanya magang di koran, apalagi kalau baca-baca koran ada puisinya. Jadi tergugah ingin mengirimkan puisi, hanya saja kurang tahu soal pengirimannya dan kadang malah ribet.

    BalasHapus
  2. Setuju sama Mbak Nisa kadang sudah kirim eh belum diapprove mungkin approvenya yang lama, jadi tahu sih setelah baca ini. Terima kasih, Mbak.

    BalasHapus
  3. Nah sip ini tipsnya, terima kasih mbak infonya. Jadi ingin mencoba mengirim puisi ke koran.

    BalasHapus
  4. Kadang aku ragu mau kirim puisi ke koran, kirain ada beberapa persyaratan kayak puisinya harus gini-gini. Padahal belum dicoba, hehe.

    BalasHapus
  5. Kurang tahu kalau soal puisi, tapi bagus sih kalau sampai puisi dimuat di koran, keren. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9