Asyiknya Naikin Traffic Blog bareng Blogwalking Asik

Kamis, 02 Desember 2021
Setahun yang lalu, salah seorang teman bloger menawarkan saya untuk mengikuti blogwalking. Di zaman itu, istilah remeh temeh seperti itu tidak akrab di telinga sehingga membutuhkan cukup banyak waktu mencerna.

Grup WhatsApp Blogwalking Asik yang selanjutnya akan saya tuliskan dengan BWA adalah sebuah komunitas bloger yang dibangun oleh duo bloger kece, yaitu Mba Rini dan Mba Hani.

Komunitas yang eksis sejak 20 November 2019 ini merupakan tempat belajar yang menyeramkan menurut saya. Eits, bukan seram karena berhubungan dengan mistis, ya. Namun dari pembahasan yang sederhana bisa menjadi serius, maupun sebaliknya. 

Dalam pembahasan para bloger asik tersebut, apakah saya termasuk sering nimbrung?

Sama sekali tidak! Bahkan saya kerap merasa minder dan berkali-kali berniat left group! 

Grup ini sama sekali nggak asik! Masa isinya hanya list nama peserta yang ingin ikutan blogwalking!

Itulah pikiran dengan ilmu cetek saya yang entah berapa persen mengandung niat baik. Tapi itu dulu, lo, ya! Sebelum diserang negara api bloger yang bikin gerah!


Api Bloger yang Bikin Gerah


Hampir tiap pekan ada bloger yang mendapatkan ucapan selamat di BWA. Malah kadang 'bloger-nya itu-itu saja' sehingga bilang ke diri sendiri. Nggak kaget kok kalo Mba/Mas bloger itu yang menang! 

Akhirnya pada masa menggerahkan itu saya hanya menjadi penerus. Ya, tukang teruskan pesan dari BWA ke pesan pribadi pemenang. Ah, saya kapan diselamatin?

Nah, setelah penyerangan api bloger, saya mulai berani unjuk diri. 

Kemenangan dan kegagalan ibarat dua sisi mata uang. Berdampingan. Ada waktu terlihat belakang dan depan. 

Alhamdulillah, pada 01 Desember kemarin saya memenangkan juara 3 lomba blog carisinyal. Duh, dapat mention pas buka hape, diberi ucapan selamat, ternyata rasanya semelayang ini. 😆

Nah, jadi dibalik penulisan artikel kali ini, terselip harapan agar nyala api bloger BWA terus berkobar dalam diri. Bisa nggak, ya? Harus optimis, dong. 

blogwalking asik adalah

Saya Dapatkan Ini dari Blogwalking Asik 


Saya tergabung dalam banyak komunitas yang masing-masing punya ciri khas. Berikut adalah keunikan BWA yang membuat saya berkali-kali mengurungkan niat untuk meninggalkannya.

Insiprasi Tiada Henti


Setiap hari ada saja pembahasan yang memenuhi chat room. Ada saja seseorang yang berhasil menjadi pemantik dari percakapan itu. Sebagai seseorang yang tak familier dengan apa yang dijadikan topik pembahasan, hal ini membuat saya mendapatkan banyak pengetahuan baru. Berguna sebagai bekal dan menambah pandangan terhadap satu hal. 

Pungut Ilmu Nggak Tabu


Saat list blogwalking diturunkan, setiap Senin, Kamis dan Sabtu, para bloger asik akan mengisi list dengan url terbaru blogpost, entah artikel organik, job maupun lomba. 

Saya yang dulu nggak ambil pusing dengan url-url itu lambat laun mulai bisa membaca makna dibaliknya, apakah bernilai cuan atau kompetisi. 

Lalu saya pun mencari informasi hingga akhirnya menemukan info detail dan memutuskan untuk ikutan mencari peruntungan.

Saking lugunya, saya pernah mikir, tanpa bertanya via wapri. "Bloger asik ini kok konten blogpost-nya hampir sama, ya?" 

Ternyata di belakang hari baru saya ketahui kalau itu adalah artikel job atau lomba. 😂

Solidaritas Tanpa Batas


Ketika salah seorang bloger asik mendapatkan job yang membutuhkan view, di luar jadwal BW-pun, bloger asik diperkenankan meminta bantuan di grup. Sedekah view istilahnya. 

Kabarnya, BWA pernah mengadakan penggalangan dana untuk misi kemanusiaan. Mungkin saya belum bergabung saat acar itu berlangsung. 

Bahkan untuk WEBINAR BW ASIK + FIRST CHALLENGE ini saja, para bloger asik seolah berlomba untuk turut memberikan apresiasi bagi pemenang challenge. 

Panitia sampai mewanti-wanti, jangan sampai lebih banyak hadiah daripada jumlah peserta yang ikut challenge! 😂


Cara Meningkatkan Traffic Blog


Pada 19 November 2021 kemarin, BWA mengadakan sharing session bersama Bang Doel, seorang bloger teknologi sebagai pembicara dan Mas Arigetas sebagai moderator.

Dalam sesi berbagi yang berlangsung selama satu setengah jam ini, saya mendapatkan insight tentang cara meningkatkan traffic blog.

Seperti halnya saat saya berkeinginan belajar per-SEO-an. Ternyata materi tentang traffic blog ini tak jauh berbeda, yakni bagaimana tulisan dalam blog sampai kepada pembaca. Menebarkan lebih banyak manfaat.

Menurut Bang Doel, persiapan untuk meningkatkan traffic blog itu harus dilakukan sebelum, saat dan setelah blogpost dibuat.

Persiapan-persiapan yang menggunakan sejumlah tools ini diperlukan agar performa blog meningkat dan membuat blogpost yang dihasilkan cepat ditemukan pembaca.

Satu yang menjadi ilmu baru bagi saya adalah bahwa format foto yang sebaiknya digunakan dalam ngeblog adalah webp. Jika diunggah, foto akan berada dalam ukuran mini tetapi tetap dengan kualitas maksi, alias tidak blur.

Di akhir, Bang Doel juga menyinggung tentang pentingnya SEO off page yang salah satu caranya adalah dengan melakukan link building.

Saya jadi teringat bahwa tempo hari, tepatnya saat Rekam Jejak Sang Pemimpi berada dalam asuhan ODOP Batch 8, saya tidak menyimpan ilmu yang diberikan mentor ODOP Blogger Squad dengan cermat.

Hal ini mengakibatkan saya menghadapi beberapa kebimbangan saat berencana membangun blog baru.

Harusnya waktu itu saya dokumentasikan dengan baik semua ilmu agar dapat dimanfaatkan di waktu mendatang
Pengalaman adalah guru terbaik kehidupan. Belajarlah agar kesalahan yang sama tak terulang sampai kapan-kapan.

Hingga jelang sesi berbagi ini selesai, beragam pertanyaan peserta masih masuk dan Bang Doel memberikan penjelasan yang cukup sederhana dan mampu saya cerna.

Semoga akan ada sesi berbagi berikutnya dengan ilmu yang lebih luar biasa. Bersama, kita nantikan gebrakan-gebrakan terbaru dari duo admin BWA.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Mba Avizena Zen yang menceburkan diri saya ke kolam sejuk, tetapi bikin gerah ini.
BWA ...
llmu yang bertaburan laksana oase di gurun gersang dan ucapan selamat buat jawara lomba bikin panas membara. Namun, kedua poin ini membuat saya pribadi menjadi bertumbuh!
Harapan saya, semoga BWA akan mempertahankan keasikannya dan terus mempercantik diri menemani perjalanan para bloger.

3 komentar on "Asyiknya Naikin Traffic Blog bareng Blogwalking Asik"
  1. Wah ternyata ada semangat membara dari api persaingan, nah, meningkatkan traffic blog memang diperlukan untuk blog.

    BalasHapus
  2. Waaah kereeen ini masyaAllah ... Kalo ingin gabung gimana caranya mba ... Biar aku juga kecipratan hawa sejuk yg bikin geraah ... 🤭

    BalasHapus
  3. waaa, keren ini mbak, cara gabung grupnya bagaimana mbak? supaya kecipratan gerahnya hehehe

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9