Blog seorang tenaga kesehatan yang suka menulis tema kesehatan dan teknologi

Mengantisipasi Biaya Pendidikan Anak yang Tinggi dengan Reksadana Saham

Minggu, 17 Juli 2022
Biaya pendidikan anak merupakan salah satu prioritas wajib dalam setiap rumah tangga. Sebab, setiap orang tua pasti menginginkan agar sang anak mendapatkan pendidikan terbaik. Oleh karena itu, hal ini menjadi salah satu perhatian yang sangat dipertimbangkan oleh tiap orang tua. Terlebih biaya pendidikan terus mengalami kenaikan signifikan setiap tahunnya.

biaya pendidikan anak
sumber: https://www.freepik.com/free-photo/asian-boy-library-room-school_1285568.htm#query=asian%20student%20kid&position=24&from_view=search

Hal tersebut memaksa pihak orang tua untuk terus dan mampu memutar keuangan sedemikian rupa. Hingga bisa digunakan untuk memenuhi banyak tanggungan. Salah satu cara yang bisa sahabat pilih untuk menyiapkan dana pendidikan anak yaitu dengan menyimpannya dalam bentuk investasi misalnya di Reksadana Saham.

Bagi sebagian orang awam mungkin tidak paham dengan konsep investasi ini. Pada dasarnya investasi saham Reksadana merupakan jenis tabungan dalam bentuk pengelolaan yang bisa memberikan return kepada pemberi modal, meskipun tak terlepas dari risiko yang bisa terjadi. Meski begitu, sahabat tetap tidak boleh asal dalam memilih jenis Reksadana dan melakukan investasi Reksadana Saham tanpa ilmu yang mendasarinya.

Berikut Cara Investasi Reksadana untuk Persiapan Biaya Pendidikan Anak


investasi reksadana adalah
sumber: https://www.freepik.com/free-photo/fresh-graduate-with-diploma-posing-white-background_13820483.htm#query=asian%20graduate&position=29&from_view=search

Jika sahabat masih pemula dalam dunia investasi. Tidak perlu khawatir, sebab saat ini terdapat banyak panduan mengenai cara untuk memulai investasi saham Reksadana. Beberapa diantaranya sebagai berikut ini :

1. Menentukan Tujuan Investasi Sejak Dini


Cara pertama untuk terjun dalam Reksadana Saham, sahabat wajib menentukan tujuan investasi terlebih dahulu. Pada kasus ini, sahabat ingin mempersiapkan tabungan untuk antisipasi terhadap biaya pendidikan anak kedepannya.

Konsep ini bisa sahabat atur lebih matang dengan memasukkan beberapa rincian pada catatan tujuan berinvestasi. Seperti perkiraan biaya ke depan berdasarkan jurusan yang diinginkan oleh anak. Sahabat juga bisa menambahkan beberapa faktor lain, seperti lokasi pendidikan dan gaya hidup di lingkungan tersebut.

Meskipun sederhana, penentuan tujuan berinvestasi ini akan membangun semangat kepada sahabat untuk terus menaikkan tabungan. Sehingga, jika nantinya dibutuhkan sahabat dapat menarik dana investasi Reksadana Saham dalam bentuk tunai.

2. Atur Dana Investasi Harian


Setelah sahabat mengetahui tujuan investasi dalam pendidikan anak secara detail. Baik mulai dari perencanaan jurusan, pilihan kota yang diambil, dan berapa lama waktu yang kira-kira harus ditempuh. Sahabat bisa mengatur perkiraan dana untuk mulai berinvestasi.

Reksadana Saham merupakan sebuah media berinvestasi yang fleksibel dan mudah digunakan. Sahabat dapat memulai berinvestasi mulai dari dana berapapun. Namun, tetap pastikan sahabat memiliki target harian untuk memasukkan dana ke dalam Reksadana.

3. Terapkan Konsistensi


Cara untuk mulai berinvestasi Reksadana Saham adalah kepemilikan rasa konsisten pada saham yang ditanamnya. Sebab, semakin banyak dana yang masuk pada sebuah investasi. Akan memberikan kemudahan untuk sahabat ketika akan mencairkan dana.

Tidak perlu melakukan investasi dalam jumlah besar tetapi hanya sekali dua kali. Sahabat harus membiasakan diri untuk menyisihkan keuangan untuk mencapai tujuan kebebasan finansial pada saat mengurus biaya pendidikan anak nantinya. Sehingga, tidak apa-apa jika sahabat harus sedikit lebih lemat sejak sekarang untuk tujuan berinvestasi.

4. Tentukan Waktu Berinvestasi


Berbanding lurus dengan perkiraan waktu pendidikan anak. Sahabat bisa menentukan waktu yang dibutuhkan untuk berinvestasi. Meskipun investasi Reksadana Saham merupakan salah satu jenis investasi yang luas dan bebas untuk memasukkan serta mengambil dana kapan saja.

Tetapi untuk menentukan hasil terbaik dari proses investasi yang berlangsung. Sahabat bisa menentukan waktu yang dibutuhkan untuk berinvestasi. Terlebih jika keseluruhan bahan pangan sekarang ini cukup mahal. Oleh karena itu, pastikan untuk menentukan perkiraan waktu hingga telah mencapai tujuan bebas finansial dalam menangani biaya pendidikan anak.

5. Kalkulasikan Imbal Hasil yang Didapat


Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat memberikan imbal hasil lebih tinggi dibandingkan dengan jenis Reksadana lainnya. Mengapa perlu melakukan kalkulasi terhadap imbal hasil? Sebab, hal ini dapat memberikan sahabat gambaran terkait kebutuhan biaya pendidikan. Jika telah mencapai nilai pemenuhan biaya pendidikan anak, sahabat bisa mengambil jangka waktu tersebut. Sehingga, kerugian yang bisa terjadi dapat diminimalisir.

Hingga saat ini, Reksadana menawarkan imbal hasil yang beragam termasuk Reksadana Saham. Meskipun nilainya tidak mesti mutlak seperti itu, tetapi sahabat masih tetap mendapat keuntungan dengan cara berinvestasi. Sehingga, biaya yang didapat bisa sahabat gunakan untuk mencukupi seluruh kebutuhan pendidikan anak.

Mulai Investasi Reksadana Saham Bersama digibank by DBS


Untuk dapat melakukan investasi dan mendapat kebebasan finansial ketika sampai pada pendidikan anak. Sahabat membutuhkan sebuah media sebagai pengelola investasi yang biasanya terdapat jasa untuk menjalankan sistem pengelolaan investasi.

Salah satu rekomendasi utama adalah dari digibank by DBS. Perusahaan ini memiliki 5 kelebihan bagi sahabat yang ingin berinvestasi di Reksadana Saham atau jenis Reksadana lainnya. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

Memiliki 3 Pilihan Kategori Reksadana. Sahabat dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari kinerja terbaik, terpopuler, serta kepemilikan scoring terbaik.

Sahabat juga bisa melakukan pembelian secara fleksibel. Sehingga, proses transaksi berkala dapat berlangsung dengan cepat dan aman.

Investasi mulai dari Rp100 ribu. Sehingga siapa saja yang terkendala biaya untuk investasi tidak perlu lagi khawatir.

Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi. Di Aplikasi digibank by DBS sahabat bisa melakukan berbagai transaksi mulai dari registrasi SID (Single Investor Identification), jual, beli, serta switching.

Reksadana pada digibank by DBS ini juga memilih banyak pilihan. Lebih dari 50 produk dan berhasil dipasarkan dengan sangat baik serta memiliki peminat tinggi.

digibank by DBS merupakan sebuah digital banking yang memberikan jaminan kemudahan kepada setiap penggunanya. Oleh karena itu, Aplikasi digibank by DBS menjadi salah satu platform investasi Reksadana Saham yang patut dipilih.
1 komentar on "Mengantisipasi Biaya Pendidikan Anak yang Tinggi dengan Reksadana Saham"
  1. Investasi sekarang jadi andalan untuk manajemen uang jangka panjang mengingat pendidikan dan masa depan lainnya membutuhkan biaya banyak. Apalagi sekarang investasi mudah banget. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih buat kunjungannya. Semoga menginspirasi.
Silakan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9